Wisuda Periode Ke-97, UNIB Tambah 891 Lulusan

UNIVERSITAS Bengkulu menggelar wisuda program pascasarjana (S-2 dan S-3), Profesi, Sarjana, dan Vokasi/Diploma periode ke-97 secara hybrid, gabungan daring dan luring, dengan meluluskan 891 wisudawan/wisudawati, di gedung serba guna (GSG) UNIB, Selasa (22/3/2022).

Suasan wisuda di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB. (foto : hms1).

Berdasarkan laporan yang disampaikan Wakil Rektor UNIB I Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochmad Lutfi Firdaus, S.Si, M.Si, jumlah wisudawan per fakultas dengan rincian sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 253 wisudawan, Fakultas Hukum (FH) 78 wisudawan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 86 wisudawan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik menyampaikan laporan jumlah wisudawan. (foto : hms1).

Kemudian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 169 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 140 wisudawan, Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 51 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 77 wisudawan, serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 37 wisudawan.

Berdasarkan jenjang studi, para wisudawan UNIB periode ke-97 ini terdiri dari : Pascasarjana S-3 sebanyak 16 wisudawan, Pascasarjana S-2 sebanyak 188 wisudawan, Profesi 21 wisudawan, Sarjana Reguler 647 wisudawan, Sarjana Non Reguler 11 wisudawan, dan Vokasi/Diploma sebanyak 8 wisudawan.

Perwakilan wisudawan yang mengikuti wisuda secara offline di GSG UNIB. (foto:hms1).

“Total lulusan UNIB pada wisuda periode ke-97 ini adalah sebanyak 891 orang. Dengan demikian hingga bulan Maret 2022 ini, total lulusan UNIB sebanyak 65.024 orang, terdiri dari Program Pascasarjana S-3 sebanyak 107 orang, Pascasarjana S-2 sebanyak 9.221 orang, Program Sarjana 44.675 orang, Program Profesi 265 orang, dan Program Vokasi/Diploma 10.756 orang,” ujar Prof. Mochmad Lutfi Firdaus seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati.

Pada kesempatan ini, Prof. Mochmad Lutfi Firdaus juga mengumumkan wisudawan terbaik per jenjang pendidikan, wisudawan termuda dan wisudawan menginspirasi. Wisudawan terbaik jenjang Sarjana (S1) adalah Suri Aisyah dengan IPK 3,98 dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, putri Bapak Amril Zanrhas dan Ibu Andriwati.

Wisudawan terbaik jenjang Profesi adalah Devi Nindya Oktara dengan IPK 3,61 dari Program Pendidikan Profesi Dokter, putri Bapak Demsi, SH dan Ibu Minak Upi, serta wisudawan terbaik jenjang Vokasi/D3 adalah Alfia Dwi Kartika dengan IPK 3,65 dari Program Studi Administrasi Perkantoran FISIP, putri Bapak Khamim dan Ibu Tutik Sri Handayani.

Rektor memberikan piagam penghargaan dan berfoto bersama dengan para wisudawan terbaik. (foto :hms1).

Kemudian, wisudawan terbaik jenjang Pascasarjana S-2 adalah Indra Sutama dengan IPK 3,97 dari Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP, putra Bapak Hasan Basri dan Ibu Radiah. Wisudawan terbaik jenjang Pascasarjana S-3 yaitu Reni Kusmiarti dengan IPK 3,86 dari Program Doktor Pendidikan FKIP, putri Bapak Abdul Rachman dan Ibu Rahmaniah.

Berikutnya, wisudawan termuda pada wisuda periode ini adalah Muhammad Hafiz Alfarizi dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dengan IPK 3,47, putra Bapak Erka Budi Sutoto dan Ibu Sismi Hartati. Dia lahir di Lagan Bungin tanggal 28 Juli 2021 dan per 16 Maret 2022, umurnya 20 tahun, 7 bulan, 16 hari. Sedangkan wisudawan menginspirasi pada wisuda kali ini adalah Rita Rahayu dari Program Studi Akuntansi FEB, dengan IPK 3,86, putri dari Bapak Pardi dan Ibu Miyanti.

Acara wisuda periode ke-97 yang dihadiri ketua dan sekretaris senat universitas, para wakil rektor dan para guru besar UNIB ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc.

Pemindahan kunci toga oleh Rektor dan pemberian Ijazah oleh Dekan. (foto :hms1).

Pelantikan dan pemindahan kuncir toga bagi perwakilan wisudawan yang mengikuti acara di GSG UNIB sekaligus sebagai wisudawan dengan predikat cumlude, dilakukan langsung oleh Rektor dan penyerahan piagam dilakukan dekan masing-masing fakultas. Sedangkan bagi para wisudawan yang mengikuti wisuda online via aplikasi Zoom Meeting dari kediaman masing-masing, pemindahan kuncir toga dikuasakan rektor kepada orang tua masing-masing wisudawan.

Selain menggunakan aplikasi Zoom Meeting, acara wisuda ini juga disiarkan secara live streaming dan dapat disaksikan pada Channel YouTube Universitas Bengkulu.

Dalam sambutannya, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri mengucapkan selamat kepada para wisudawan. “Semoga para lulusan UNIB dapat berkontribusi besar untuk kemajuan Bangsa khususnya Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, ketika menyampaikan sambutan. (foto :hms1).

Kemudian, sejalan dengan tema wisuda UNIB periode ke-97 ini yaitu “Wujudkan UNIB Unggul untuk Indonesia Hebat,” maka diharapkan seluruh alumni UNIB terus berkolaborasi dalam mengoptimalkan energi untuk terwujudnya sinergi yang kuat dalam menghasilkan inovasi yang hebat.

“Alumni memiliki peran sangat kuat untuk kemajuan suatu perguruan tinggi. Peran kita semua sangat diharapkan untuk ikut membangun Bangsa Indonesia yang kuat dan unggul,” ucapnya.

UNIB kata Dr. Retno, telah menyiapkan para lulusan secara baik untuk memasuki babak kehidupan berikutnya. Apakah untuk memasuki dunia kerja, bersiap melanjutkan pendidikan pascasarjana atau merencanakan sesuatu yang lain.

“Saat memasuki dunia kerja, Anda akan menemukan UNIB di mana-mana. Saya mendorong Anda untuk menggunakan jaringan berharga tersebut dan tetap terhubung dengan kampus UNIB. Sekarang waktunya untuk menjalankan apa yang mungkin dan untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan membuat dampak dan berkontribusi pada kebaikan publik,” ujarnya.

Wakil Wisudawan, Suri Aisyah (FKIP), ketika menyampaikan sambutan. (foto : hms1).

Usai mendengarkan sambutan Rektor, sambutan wakil wisudawan yang disampaikan Suri Aisyah (Wisudawan Terbaik Program Sarjana FKIP), acara dilanjutkan dengan penyampaian kata-kata ucapan selamat dari delapan dekan selingkung UNIB, pembacaan nama-nama wisudawan masing-masing fakultas, dan pengucapan janji wisudawan yang dipimpin Kendi Pranata (Wisudawan dari BEM/Gubernur BEM Fakultas Pertanian 2019-2020). Lalu acara wisuda diakhiri dengan sesi foto bersama ketua senat, rektor dan para wakil rektor dengan para perwakilan wisudawan.[Hms1].

Foto bersama Ketua Senat, Rektor dan para Dekan dengan para wisudawan predikat terbaik. (foto :hms1).