Wisuda Luring (Offline) Pertama Sejak Pandemi Covid-19, UNIB Tambah 1209 Lulusan

UNIB kembali menggelar wisuda program pascasarjana (S-2 dan S-3), Profesi, Sarjana, dan Vokasi/Diploma periode ke-96 dengan meluluskan 1209 wisudawan. Acara wisuda digelar dua hari, Rabu dan Kamis tanggal 15 dan 16 Desember 2021, dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG). Wisuda kali ini, merupakan wisuda yang pertama kali dilaksanakan secara offline sejak Pandemi Global Covid-19.

Wisuda offline di GSG UNIB diikuti oleh para wisudawan yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dua dosis dan masing-masing tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti lolos tahap pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menggunakan penyanitasi tangan atau handsanitizer, serta menjaga jarak. Bagi wisudawan yang belum melaksanakan vaksinasi, tetap mengikuti wisuda secara  daring menggunakan aplikasi Zoom meeting dari kediaman masing-masing dan dapat mengikuti jalannya acara wisuda melalui live streaming pada Channel YouTube Universitas Bengkulu.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochmad Lutfi Firdaus, S.Si., M.Si. dari 1209 wisudawan periode ke-96 ini, pada hari pertama Rabu (15/12/2021) diikuti 668 wisudawan yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 376 wisudawan, Fakultas Hukum 92 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 182 wisudawan dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 18 wisudawan.

Pada hari kedua, Kamis (16/12/2021), diikuti 541 wisudawan, dengan rincian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 129 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 240 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 112 wisudawan, dan Fakultas Teknik (FT) sebanyak 60 wisudawan.

Rincian wisudawan periode ke-96 per jenjang pendidikan, terdiri dari  11 wisudawan dari Program Pascasarjana S-3, 157 wisudawan jenjang Pascasarjana S-2,  dan  11 wisudawan jenjang Profesi, 984 wisudawan jenjang Sarjana Reguler, 19 wisudawan Sarjana Non Reguler, dan sebanyak 27 wisudawan jenjang Vokasi/Diploma.

Total lulusan UNIB hingga periode ke-96 ini sebanyak 64.133, dengan rincian Lulusan Pascasarjana S-3 sebanyak 91 orang, Porgram Pascasarjana S2 sebanyak 9.033 orang, Program Sarjana 44.017 orang, Program Profesi 244 orang dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 10.748 orang.

“Jadi, untuk hari ini diikuti 668 wisudawan dan besok 541 wisudawan. Sebagian besar wisudawan mengikuti secara luring (offline) di GSG UNIB dan sebagian lagi tetap mengikuti dari kediaman masing-masing melalui Zoom dan dapat menyaksikan siaran langsung pada kanal YouTube Universitas Bengkulu,” ujar Prof. Mochmad Lutfi seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

Acara wisuda periode ke-96 yang dihadiri ketua dan sekretaris senat universitas, para wakil rektor, para guru besar dan dewan pengawas UNIB ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc.

Wisuda ini merupakan kali pertama sejak Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc. menjabat sebagai Rektor UNIB periode 2021–2024. Wisuda ini juga merupakan wisuda pertama yang dilakukan secara offline setelah dua tahun terjadi pandemi global Covid-19. Dan wisuda ini juga merupakan wisuda pertama setelah Gedung Serba Guna (GSG) UNIB  direhap, diperbaiki dan ditata lebih baik seperti sekarang ini.

“Mewakili seluruh jajaran pimpinan universitas, pimpinan fakultas, guru besar, dosen dan tenaga kependidikan, Saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Semoga para lulusan UNIB dapat berkontribusi besar untuk kemajuan Bangsa khususnya Provinsi Bengkulu,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri, ketika menyampaikan sambutan.

Dijelaskan Rektor, sejalan dengan tema wisuda periode ke-96 yaitu Bersinergi, Berinovasi dan UNIB Unggul, maka diharapkan seluruh alumni UNIB terus mengedepankan prinsip berkolaborasi dalam mengoptimalkan energi untuk terciptanya sinergi yang kuat dalam menghasilkan inovasi yang hebat sehingga terwujudlah UNIB Unggul secara nasional dan internasional.

“Alumni memiliki peran sangat kuat untuk kemajuan suatu perguruan tinggi. Kita tahu, saat ini kita tengah berada di era disrupsi yang penuh ketidakpastian. Kita harus siap menghadapinya. Peran kita semua sangat diharapkan untuk ikut membangun Bangsa Indonesia yang kuat dan unggul,” ucapnya.

UNIB kata Dr. Retno, telah menyiapkan para lulusan secara baik untuk memasuki babak kehidupan berikutnya. Apakah untuk memasuki dunia kerja, bersiap melanjutkan pendidikan pascasarjana atau merencanakan sesuatu yang lain.

“Saat memasuki dunia kerja, Anda akan menemukan UNIB di mana-mana. Saya mendorong Anda untuk menggunakan jaringan berharga tersebut dan tetap terhubung dengan kampus UNIB. Sekarang adalah waktunya untuk membayangkan dan menjalankan apa yang mungkin dan untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan membuat dampak dan berkontribusi pada kebaikan publik, masyarakat secara luas,” ujarnya.

Seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan ucapan terima kasih kepada para orang tua dan masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada UNIB sebagai tempat pendidikan anaknya, Dr. Retno Agustina Ekaputri menutup sambutannya dengan sebuah pantun “Tutup tudung rapat-rapat, gulai ikan lalap daun pepaya. Anak-anak kami, ilmu sudah Anda dapat, saatnya kalian untuk berkarya.”

Ucapan selamat kepada para wisudawan UNIB juga disampaikan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA. Ucapan tersebut disampaikan secara virtual dan ditayangkan pada  kanal YouTube UNIB.

“Selamat kepada lulusan UNIB yang diwisuda hari ini. Semoga moment bersejarah ini dapat menambah kebahagiaan bagi para wisudawan dan keluarga dan semoga ilmu yang diperoleh dapat menambah keberkahan. Kemudian, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Bengkulu, Saya mengucapkan terima kasih kepada UNIB sebagai universitas terbesar di Bengkulu yang senantiasa menghasilkan sumber daya manusia unggul, menghasilkan riset-riset terbaik dan selalu berkontribusi besar bagi kemajuan Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tim Humas UNIB, seluruh rangkaian acara wisuda periode ke-96 pada hari pertama berjalan tertib dan lancar, tanpa kendala berarti. Sedikit berbeda dengan periode sebelumnya dimana pemindahan kuncir toga wisudawan dilakukan hanya simbolis terhadap perwakilan wisudawan, namun pada wisuda kali ini Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri bersedia memindahkan kuncir toga para wisudawan satu per satu, sebagai tanda peresmian kelulusan.

Lalu pada sesi akhir acara, Rektor beserta para Wakil Rektor dan Ketua Senat Universitas beserta Sekretaris Senat memberikan kesempatan kepada seluruh wisudawan untuk berfoto bersama yang dibagi dalam beberapa sesi pemotretan. Momen ini disambut antusias oleh para wisudawan karena dapat memberikan kebahagiaan tersendiri ketika bisa berswafoto langsung dengan pimpinan universitas.[Hms1].

Para wisudawan swafoto bersama dengan Rektor dan para Wakil Rektor serta Ketua Senat UNIB.