Wisuda Ke-98, UNIB Tambah 687 Lulusan

SEIRING berakhirnya Pandemi Covid-19, acara wisuda periode ke-98 Universitas Bengkulu di Gedung Serbaga Guna (GSG) UNIB, Rabu (15/6/2022), diselenggarakan secara full ofline, seluruh wisudawan hadir langsung di lokasi acara dengan tetap mematuhi kebijakan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan (terbatas).

Tampak para wisudawan sedang menyimak pidato Rektor UNIB. (foto:holdan)

Acara wisuda dibuka oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc, dihadiri Ketua, Sekretaris serta para Anggota Senat Universitas, para Wakil Rektor, para Guru Besar, seluruh wisudawan serta para pendamping dan orang tua wisudawan yang menempati tempat duduk yang telah disediakan panitia. Tampak hadir juga ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan UNIB, serta tamu undangan lainnya.

Berdasarkan laporan Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.Si, jumlah wisudawan periode ke-98 UNIB sebanyak 687 wisudawan yang terdiri dari lulusan program Pascasarjana (S3/Doktor dan S2/Magister), program Profesi, Sarjana, dan Vokasi/Diploma, dari delapan fakultas selingkup UNIB.

Wakil Rektor I UNIB Prof. Mochamad Lutfi Firdaus sedang menyampaikan laporan. (foto:holdan)

Rincian jumlah wisudawan per fakultas sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 142 wisudawan, Fakultas Hukum (FH) 80 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 91 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 118 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 127 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 51 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 60 wisudawan, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 18 wisudawan.

Berdasarkan jenjang studi, ke 687 wisudawan terdiri dari Pascasarjana S3 (Doktor) sebanyak 5 wisudawan, program Pascasarjana S2 (Magister) sebanyak 115 wisudawan, program Profesi sebanyak 9 wisudawan, Sarjana Reguler (S1) sebanyak 525 wisudawan, Sarjana Non Reguler (S1) sebanyak 15 wisudawan, dan Vokasi/Diploma sebanyak 18 wisudawan.

Total lulusan UNIB hingga Wisuda periode ke-98 bulan Juni 2022, Program Pascasarjana S3 sebanyak 112 orang, Program Pascasarjana S2 sebanyak 9.336 orang, Program Sarjana 45.215 orang, Program Profesi 274 orang dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 10.774 orang.

“Selamat berbahagia kepada para wisudawan, semoga ilmu yang didapat selama menjalani studi di Universitas Bengkulu dapat bermanfaat untuk pencapaian cita-cita yang lebih tinggi,” ujar Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Wisudawan Terbaik, Termuda dan Menginspirasi berfoto bersama dengan Rektor UNIB. (foto:holdan)

Pada kesempatan ini, Prof. Mochmad Lutfi Firdaus juga mengumumkan wisudawan terbaik per jenjang pendidikan, wisudawan termuda dan wisudawan menginspirasi pada wisuda periode ke-98 UNIB. Untuk jenjang Sarjana (S1), Wisudawan  Terbaik diraih oleh Airin Aulia Rahmi dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94. Dia adalah perempuan kelahiran Bengkulu, 26 Juni 2000, putri pasangan Bapak Indra Joni dan Ibu Rosmawati.

Kemudian untuk jenjang Pascasarjana S3 (Doktor), Wisudawan Terbaik diraih oleh Syalendra Putra dari Program Doktor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dengan IPK 3,96. Dia adalah pria kelahiran Bengkulu, 17 Desember 1984, putra dari pasangan Bapak Umar Usman, SE dan Ibu Nuraini. Dan untuk jenjang Pascasarjana S2 (Magister), Wisudawan Terbaik diraih oleh Rimayanti. Z dari Program Magister (S2) Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dengan IPK 4.00. Rimayanti. Z adalah perempuan kelahiran Toboh Palabah, 22 Mei 1972, putri pasangan Bapak Zairi HS dan Ibu Rosma CH.

Lalu untuk jenjang pendidikan Profesi, Wisudawan Terbaik diraih oleh Dwickey Nurfitriani Mardhotillah dari Program Profesi Pendidikan Dokter Fakulas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dengan IPK 3,55. Dia adalah perempuan kelahiran Bengkulu, 8 Desember 1995, putri Bapak Sumardi dan Ibu Nora Vitaria. Dan Wisudawan Terbaik jenjang Vokasi/Diploma, diraih Vinna Yuliana Putri dari Program Studi D3 Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dengan IPK 3,89. Vinna adalah perempuan kelahiran Air Kemang, 16 Mei 2001, putri Bapak Dian dan Ibu Yuhaina.

Wisudawan terbaik sedang menyampaikan Sambutan Mewakili Wisudawan. (foto:holdan)

Wisudawan dengan usia termuda pada wisuda periode ke-98 UNIB adalah Noval Kurnia Wati dari Program Studi S1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dengan IPK 2,87. Dia adalah perempuan kelahiran Bungin Tambun, 17 September 2001, putri Bapak Marsudi dan Ibu Suyatmitun. Usianya per 15 Juni 2022 adalah 20 tahun 8 bulan 29 hari.

Untuk Wisudawan Menginspirasi pada wisuda periode ke-98 UNIB ini, dinobatkan kepada dua orang yaitu Chorlance Adriana Demetou dan Muhamad Arby Hariawan. Chorlance Adriana Demetou merupakan salah satu mahasiswa asal Papua yang mengikuti program Afirmasi di UNIB, lulus dengan menyandang gelar dr. (Dokter) setelah menamatkan studi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dengan IPK 3,37. Dia adalah perempuan kelahiran Arso PIR IV – Papua, putri Bapak Yosias Demetou dan Ibu Ester Waicang. Sedangkan Muhamad Arby Hariawan adalah pria kelahiran Bengkulu, 12 April 2000, putra Bapak Sahra Setiawan dan Ibu Nurjannah, meraih gelar S.A.P (Sarjana Administrasi Publik) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan IPK 3,88.

Pelantikan Wisudawan oleh Rektor dan penyerahan Ijazah oleh Dekan. (foto:holdan)

Pelantikan para wisudawan dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Si  didampingi Dekan masing-masing fakultas. Pelantikan ditandai dengan pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan disertai penyerahan ijazah dan transkrip nilai kepada masing-masing wisudawan.

Momen bahagia ini diabadikan melalui foto bersama pimpinan UNIB dengan seluruh wisudawan diakhir acara, kemudian disiarkan juga secara live streaming melalui channel YouTube Universitas Bengkulu sehingga siapapun, kapan pun dan di mana pun dapat menyaksikan proses wisuda ini secara elektronik.

UNIB Unggul untuk Indonesia Hebat

Dalam sambutannya, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan diiringi ucapan terimakasih kepada seluruh orang tua dan masyarakat yang telah mempercayakan UNIB sebagai tempat melanjutkan pendidikan bagi putria-putrinya.

“Semoga para wisudawan UNIB selalu berkontribusi besar untuk kemajuan bangsa dan negara, Indonesia umumnya dan Provinsi Bengkulu khususnya. Selamat kepada para wisudawan dan jaga terus nama baik almamater tercinta ini,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc ketika menyampaikan sambutan. (foto:holdan)

Rektor menjelaskan, sejak awal mula dibentuk, UNIB senantiasa berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kebutuhan pendidikan di Indonesia, khususnya Provinsi Bengkulu. Saat ini, UNIB telah mulai mensejajarkan posisi di tengah universitas lainnya yang telah lebih dulu lahir di Indonesia.

Beberapa prestasi yang telah dicapai UNIB, diantaranya, menempati rangking 48 di Indonesia dalam pemeringkatan Webometrics. Kemudian, UNIB menempati peringkat 22 dan masuk kategori Q2 dalam pemeringkatan Scimago Institution Rangking, dan dalam hal Ketebukaan Informasi Publik, UNIB meraih predikat Menuju Informatif serta menerima penghargaan dari Komisi Informasi Pusat.

Rektor dan para Waki Rektor, Ketua Senat, serta para Dekan selingkup UNIB swafoto bersama dengan para wisudawan. (foto:holdan)

Tidak itu saja, saat ini dan akan datang UNIB terus berproses ke arah yang semakin baik demi mewujudkan Indonesia Hebat. Perkembangan yang telah dicapai UNIB dalam bidang pembangunan untuk menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, antara lain : (1) Telah me-launching pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UNIB di kawasan Padang Harapan Kota Bengkulu yang pembangunannya akan dilaksanakan tahun 2023 dan siap beroperasi pada awal 2024; (2) Persetujuan Izin Operasi Klinik Pratama UNIB; (3) MoU dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang Marine Research Centre di Pulau Enggano; (4) Persetujuan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Diklat UNIB di Bengkulu Utara seluas 217,2 Ha; dan (5) Inisiasi perencanaan dan pembangunan Masjid Kampus UNIB sebagai fasilitas pendukung kegiatan kampus.

Kemudian, untuk merealisasikan visi berdaya saing internasional, UNIB juga telah memulai proses akreditasi internasional bagi seluruh program studi, dengan harapan seluruh program studi selingkung UNIB dapat memperoleh konversi predikat baik sekali ataupun unggul dalam waktu dekat ini. UNIB juga telah menyusun dan menyelenggarakan mata kuliah berbasis pengembangan softskill dan hardskill untuk merekognisi kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan terbuka akan setiap perkembangan pendidikan sesuai pergerakan zaman. UNIB telah merancang integrasi sistem informasi dan revitalisasi teknologi informasi dalam aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi, internet, metaverse, dan big data menjadi tulang punggung pembangunan pendidikan di UNIB dan diharapkan sukses dalam melahirkan generasi muda pilihan bagi Indonesia.

Rektor dan para Wakil Rektor, Ketua Senat dan Direktur Pendidikan Tinggi Bappenas swafoto bersama di hadapan para wisudawan UNIB periode ke-98. (foto:holdan).

“Menjadi unggul adalah tentang menjadi manusia yang dapat dibanggakan. Dari konsep ini terkandung sinergi dari kemampuan berlebih dengan kualitas yang istimewa yang dapat diuji dan dirasakan manfaatnya. Para wisudawan, saudara semua telah membuktikan diri secara unggul dengan menyelesaikan pendidikan dengan sangat baik. Harapan saya, menjadi unggul bukan hanya selama duduk sebagai mahasiswa, tetapi juga setelah Saudara melangkahkan kaki ke dunia nyata di luar kampus. Apapun pekerjaan Saudara nantinya, untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Acara wisuda periode ke-98 ini terasa semakin istimewa karena diwarnai Orasi Ilmiah yang disampaikan Direktur Pendidikan Tinggi dan IPTEK Kementerian Perencanaan, Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Tatang Muttaqin, Ph.D.

Tatang Muttaqin, Ph.D ketika menyampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda ke-98 UNIB. (foto:holdan)

Selain mengapresiasi berbagai keberhasilan dan kemajuan UNIB, dalam orasinya, Tatang Muttaqin juga berpesan kepada para wisudawan agar tidak menjadikan wisuda sebagai terminal akhir, namun justru menjadi awal memasuki dunia nyata yang tentu lebih kompleks.

“Untuk dapat bersaing di dunia nyata, semangat belajar sepanjang hayat menjadi kunci. Orang yang mampu bertahan, bukan yang pintar, atau yang kuat namun yang mampu terus beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan. Pembelajaran sepanjang hayat akan membuka cakrawala sekaligus memutakhirkan pengetahuan dan keterampilan. Saat ini beragam literasi harus dipahami, setidaknya ada tiga yang sangat penting untuk dikuasai yaitu Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia/Softskill,” ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang diwisuda hari ini dan mengucapkan selamat kepada UNIB yang berulang tahun dan merayakan dies natalis ke-40 pada bulan April 2022.[Hms1/Tim].