UNIB Terima Penghargaan Terbaik II Pengelolaan PIP – KIP Kuliah

UNIVERSITAS BENGKULU (UNIB) dinobatkan sebagai Terbaik II Tingkat Nasional Kategori Perguruan Tinggi Akademik dalam Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP-KIP Kuliah) Tahun 2021. Piagam Penghargaan diterima Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc, pada Malam Apresiasi Pengelolaan Indonesia Pintar, di Jakarta, Jumat malam (17/6/2022).

Foto bersama usai penyerahan Pengharagaan Pengelola PIP Terbaik Tahun 2021. (foto:ist)

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ir. Suharti, M.A, Ph.D, disaksikan para pejabat selingkup Kemendikbudristek, para pimpinan PTN, PTS, dan Kepala LLDIKTI se Indoensia, serta para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari sejumlah provinsi, kabupaten dan kota, dan undangan lainnya.

Informasi dihimpun Tim Humas UNIB, untuk kategori Perguruan Tinggi Akademik, yang menerima Penghargaan Terbaik I sampai III yaitu Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Bengkulu (UNIB), dan Universitas Negeri Lampung (UNILA).

Rektor UNIMED, Rektor UNIB dan Rektor UNILA sebagai penerima pengharagaan Pengelolaan PIP Terbaik I, II dan III tahun 2021. (foto:ist)

Program Indonesia Pintar adalah bantuan uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi untuk membiayai pendidikan.

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek sebagai Pengelola PIP selalu berusaha meningkatkan layanan sehingga program ini dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran, tempat jumlah dana yang diterima dan tepat waktu dalam penyalurannya.

“Pada tahun ini, pertama kalinya Puslapdik Kemendikbudristek menyelenggarakan Apresiasi Pengelola Program Indonesia Pintar Tahun 2021 sebagai bentuk penghargaan atas layanan mitra utama Program Indonesia Pintar,” ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Dr. Abdul Kahar, M.Pd, ketika menyampaikan laporan.

Pemberian penghargaaan dibagi beberapa kategori, yaitu Kategori Pendidikan Dasar dan Menengah, Kategori Perguruan Tinggi Akademik, Kategori Pendidikan Tinggi Vokasi dan Kategori LLDIKTI.

Untuk kategori Pendidikan Menengah, Penerima Penghargaan Terbaik III Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Terbaik II Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, dan Terbaik I Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Sedangkan untuk kategori Pendidikan Dasar dan Pertama, penerima pengharagaan Terbaik III Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara, Terbaik II Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, dan Terbaik I adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya, Kategori Perguruan Tinggi Akademik, Terbaik III Universitas Lampung, Terbaik II Universitas Bengkulu, Terbaik I Universitas Negeri Medan. Untuk kategori Perguruan Tinggi Vokasi, Terbaik III diraih Politeknik Negeri Bengkalis, Terbaik II Politeknik Negeri Ketepang, dan Terbaik I Politeknik Negeri Sambas. Dan kategori Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Terbaik III diraih LLDIKTI Wilayah VIII, Terbaik II LLDIKTI Wilayah IX, dan Terbaik I diraih LLDIKTI Wilayah VI.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek ketika menyampaikan arahan. (foto:ist channel YouTube Pakmunz)

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengucapkan selamat kepada perguruan tinggi dan dinas pendidikan yang menerima penghargaan, seraya mengajak semua pihak untuk sama-sama meningkatkan layanan Program Indonesia Pintar sehingga program ini benar-benar tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya bagi peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.

(ist Channel YouTube Pakmunz).

Bagi UNIB sendiri, penghargaan yang diterima ini merupakan suatu bentuk apresiasi dari Kemendikbudristek karena telah mengelola KIP-Kuliah secara baik dan benar, tepat sasaran dan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak dan Juknis) yang ditetapkan. Penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang.[Hms1/Tim].