UNIB Sukses Melaksanakan Peksema Tingkat Nasional 2022

PEKAN Seni Mahasiswa (Peksema) Tingkat Nasional tahun 2022 di Universitas Bengkulu telah terlaksana dengan sukses dan ditutup secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum, di ruang rapat utama rektorat UNIB, Selasa (21/6/2022).

Wakil Rektor III UNIB Dr. Candra Irawan mengakpresiasi suksesnya Peksema 2022. (foto:hms1).

“Selamat kepada para pemenang lomba dan bagi yang belum menang jangan berkecil hati. Terus tingkatkan kreativitas dan inovasi, serta teruslah berkompetisi untuk meraih prestasi pada event-event yang akan datang baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan semakin banyak prestasi yang ditorehkan mahasiswa, tentu akan mendorong terwujudnya UNIB Ungul untuk Indonesia Hebat,” ujar Dr. Candra Irawan.

Hari ini tambah Dr. Candra Irawan, Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022 telah di penghujung acara. “Dengan mengucapkan Alhamdulillah, rangkaian Peksema Tingkat Nasional Tahun 2022 secara resmi Saya tutup. Terimakasih kepada panitia yang telah mensukseskan kegiatan ini dan terimakasih juga kepada universitas-universitas yang telah berpartisipasi,” ucapnya.

Wakil Rektor III UNIB Menutup Rangkaian Peksema Tingkat Nasional 2022. (foto:hms1)

Sebelumnya, Ketua Panitia Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022, Rio Kurniawan, M.Pd menjelaskan, rangkaian Peksema ini dimulai sejak dibukanya pendaftaran pada 18 Maret 2022 lalu. Masa pendaftaran hingga 4 April 2022 yang dilanjutkan teknikal meeting tanggal 6 April 2022, kemudian pengumpulan karya yang dilombakan tanggal 27 Mei 2022 dan Pengumuman Pemenang Lomba tanggal 3 Juni 2022.

Total pendaftar lomba sebanyak 461 orang berasal dari universitas yang ada di Provinsi Bengkulu maupun luar Bengkulu, antara lain IAIN Curup, Institut Teknologi Kalimantan, Institut Teknologi Sumatera, Politeknik Negeri Pontianak, UIN FAS Bengkulu, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Andalas, Universitas Bina Nusantara, Universitas Brawijaya, Universitas DEHASEN Bengkulu, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jogyakarta, Universitas Palangkaraya, Universitas Pat Petulai Rejang Lebong, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau, Universitas Sumatera Barat, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Tidar.

Ketua Panitia Peksema Tingkat Nasional 2022 ketika menyampaikan laporan. (foto:yt-unib)

Ke 461 peserta berlomba pada 10 tangkai perlombaan yaitu, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Baca Puisi, Monolog, Solo Song Dangdut, Solo Song Pop, Tari Kreasi, Vocal Grup, Desain Poster, Video Kreatif, dan Fotografi.

“Berkat bantuan dan dukungan pimpinan UNIB, staf dan Karyawan bagian Kemahasiswaan UNIB, Tim Juri dan pihak-pihak lainnya, Alhamdulillah, Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022 dengan tema Jadikan Prestasi Bagian Dari Tradisi dapat terlaksana dengan sukses. Namun, bila ada kesalahan dan kekurangan, kami panitia memohon maaf,” ujar Rio Kurniawan.

Penutupan Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022 dipandu MC (Master Ceremony) Duta Kampus UNIB, Vergita Fitri Adana dan Mikro Madyautama. Acara ini dimeriahkan penampilan tari kreasi “Payung Lenggang” oleh UKM Tari UNIB dan atraksi musik dol oleh mahasiswa-masiswa dari Sangar Seni Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB. Juga dimeriahkan lantunan lagu dangdut “Pecah Seribu” oleh Aldy yang merupakan salah satu pemenang Solo Song Dangdut, serta lantunan lagu “Fatwa Pujangga” dinyanyikan Wakil Rektor III UNIB Dr. Candra Irawan.

Duta Kampus UNIB yang menjadi MC pada Penutupan Peksema 2022. (foto:yt-unib)
Penampilan tari kreasi dan antraksi dol memeriahkan penutupan Peksema 2022. (foto:yt-unib)

Acara penutupan Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022 ini diselenggarakan secara luring di ruang rapat utama rektorat UNIB dan disiarkan secara live streaming via Channel YouTube Universitas Bengkulu.

Para pemenang lomba Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022, selain mendapatkan piagam penghargaan, juga mendapatkan hadiah uang pembinaan yang totalnya mencapai ratusan juta rupiah.

Adapun para pemenang lomba, sebagai berikut :  Lomba Penulisan Cerpen, Juara I diraih Arif Kurniawan dari Universitas Bengkulu dengan judul “Kronik yang Hilang,” Juara II Wahid Kurniawan dari Universitas Teknokrat Indonesia dengan  judul “Senja yang Melindap dalam Bait-Bait Hahiwang,” dan Juara III Abduramansyah dari Universitas Andalas dengan judul “Surat Pendek tentang Penciptaan Lema dari Masa Depan.”

Pemenang Lomba Baca Puisi Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022. (foto:yt-unib)

Pemenang Lomba Penulisan Puisi, yaitu Juara I Ayu Sugiarti dari Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau dengan judul “Pandemi Merajam Durja Euforia Anak Bangsa,” Juara II diraih Oktaviani dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dengan judul “Jangan Sakit Negeri Ini,” dan Juara III Neng Erlin Marlindha dari Universitas Bengkulu dengan judul “Sang Greek dan Empat Sekawan.”

Berikutnya, Lomba Fotografi, Juara I diraih Holdan Parlaungan dari Universitas Bengkulu dengan judul “Tanam Pohon Tanam Kebaikan,” dan Juara II diraih Michael Rahadian W dari Universitas Brawijaya dengan judul “Learn Anywhere At Anytime,” serta Juara III Asep Sunarya dari Universitas Politeknik Negeri Pontianak dengan judul “Semangat Berkarya Seni di Masa Pandemi.”

Para pemenang Lomba Fotografi, Solo Song Dangdut dan Solo Song Pop. (foto:yt-unib)

Untuk Lomba Desain Poster, pemenangnya adalah Syahrul Febriansyah dari Politeknik Negeri Pontianak sebagai Juara I dengan judul “Positif di Masa Pandemi,” Juara II diraih oleh Janna Alvina dari Universitas Bengkulu dengan judul “Lestarikan Budaya Nusantara,” dan Juara III Nur Hanif Anggraeni dari Universitas Negeri Jakarta dengan judul “Budaya Berkembang Pandemimu Hilang.”

Selanjutnya, untuk Lomba Baca Puisi, dimenangkan oleh Tri Vidya dari Universitas Negeri Padang sebagai Juara I, dan Firdha Amelia dari Universitas Negeri Jakarta sebagai Juara II, serta Irma Wati dari Politeknik Negeri Pontianak sebagai Juara III.

Untuk Lomba Solo Song Dangdut, pemenangnya adalah Aldy Purwansyah dari Universitas Bengkulu sebagai Juara I, Nurul Alfadila dari Universitas Negeri Padang sebagai Juara II, dan Irma Andriyani dari Politeknik Negeri Pontianak sebagai Juara III. Sedangkan pemenang Lomba Solo Pop, yaitu Kirana Qonita dari Universitas Lampung sebagai Juara I, Adela Elionora dari Politeknik Negeri Pontianak raih Juara II dan Nabilah Saniyah dari Universitas Negeri Malang sebagai Juara III.

Para pemenang Lomba Tari Kreasi pada Peksema Tingkat Nasional UNIB 2022. (foto:yt-unib)

Kemudian, untuk Lomba Monolog, Juara I diraih Fadia Velinda dari Universitas Negeri Jakarta, Juara II diraih Salsabila Tri R dari Universitas Negeri Jakarta, dan Juara III diraih Bayu Pamungkas dari Universitas Bengkulu. Lalu untuk Lomba Tari Kreasi, dimenangkan Tim Penari “Nyeleung Bungow Titegh” dari Universitas Teknokrat Indonesia sebagai Juara I, dan Juara II diraih Tim Penari “Bagel” dari Universitas Negeri Jakarta, serta Juara III diraih Tim Penari “Sorak Sorai Benyoan” dari Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau.

Dan untuk pemenang Lomba Video Kreatif, yaitu Universitas Brawijaya sebagai Juara I dengan judul “Pandemic Dosen’t Limit You,” Juara II Universitas Teknokrat Indonesia dengan judul “Kamu Pasti Bisa,” dan Juara III diraih Universitas Bengkulu dengan judul “Bangkit.” [Hms1].