UNIB dan KONI Teken MoU untuk Memfasilitasi Atlet Berprestasi

REKTOR UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Bengkulu H. Dedy Ermansyah, SE menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU), di ruang rapat pimpinan gedung rektorat UNIB, Rabu (27/4/2022).

Rektor dan para Wakil Rektor foto bersama dengan Ketua dan Pengurus KONI Bengkulu. (foto:hms1)

Pada acara ini, Rektor didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. M. Lutfi Firdaus, S.Si, MT, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Yefriza, Ph.D, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, SH, M.Hum, dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si, serta Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB Ade Sri Wajyuni, ST, M.Eng, Ph.D.

Sedangkan Ketua KONI Bengkulu yang akrab disapa Dedi Black, didampingi Ketua Harian KONI Dadang Mishal, Wakil Ketua Bidang Antar Lembaga Jhoni Ardi, SH, MH, Sekretaris Umum Densi Purna, S.Ikom, dan Wakil Sekretaris Bigy Restu Ilahi, M.Pd.

Rektor UNIB dan Ketua KONI Bengkulu menandatangani MoU dan menyerahkan Cindera Mata. (foto:hms1)

Dokumen MoU yang diteken kedua belah pihak merupakan payung hukum kerjasama yang saling memberikan manfaat bagi masing-masing institusi, terutama menyangkut peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberian fasilitas kepada atlet-atlet berprestasi di Bengkulu.

Lingkup kerjasama UNIB – KONI ini direncanakan berupa pemberian skala prioritas bagi atlet-altet tamatan SMA sederajat yang berprestasi pada cabang olah raga yang digelutinya untuk melanjutkan kuliah di UNIB dengan penerimaan sistem jalur khusus. Kemudian, para atlet berprestasi tersebut diupayakan mendapat beasiswa melalui skema pemberian beasiswa yang disediakan UNIB maupun beasiswa dari instansi mitra kerjasama UNIB.

Berikutnya, melalui nota kesepahaman ini kedua belah pihak sepakat memanfaatkan sarana dan prasarana olah raga yang tersedia di UNIB dengan kondisi cukup mumpuni, untuk keperluan para atlet berprestasi dalam melaksanakan training center (TC).

Pimpinan UNIB dan Pengurus KONI berdiskusi tentang upaya peningkatan prestasi olah raga di Bengkulu. (foto:hms1)

“Kita juga bisa melaksanakan kegiatan yang bernuansa akademik, seperti seminar, kuliah umum motivasi dan prestasi, workshop bidang keolahragaan, dan lain sebagainya untuk memberikan pengkayaan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa, serta mengimplementasikan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas,” ujar Rektor UNIB yang menyambut baik terselenggaranya penandatanganan MoU ini.

Sementara Ketua KONI Bengkulu Dedi Black dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada UNIB yang telah membuka pintu kerjasama dengan KONI, khususnya menyangkut pembinaan atlet dan peningkatan prestasi olah raga di Provinsi Bengkulu. “Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik sehingga mampu berkontribusi pada peningkatan prestasi olah raga di Provinsi Bengkulu,” ujarnya.[Hms1].