Rektor Halal bi halal dan Dialog dengan Ormawa

SETELAH menggelar Halal bi halal Idul Fitri 1443 H dengan dosen dan tenaga kependidikan pada Kamis pagi, berikutnya di tempat yang sama, Gedung Serba Guna (GSG) UNIB, Rektor bersama para Wakil Rektor melaksanakan Halal bi halal serta dialog dengan ratusan pengurus organisasi kemahasiswaan (Ormawa) selingkup UNIB, Jumat (13/5/2022).

Rektor menyambut baik dilaksanakannya Halal bi halal dan dialog dengan mahasiswa. (foto:hms1)

Acara ini selain sebagai wadah silahturahmi, saling bermaaf-maafan antara pimpinan UNIB dengan pengurus Ormawa maupun antar pengurus Ormawa yang satu dengan lainnya, juga sebagai wadah untuk berdiskusi, saling membuka komunikasi, serta berbagi informasi tentang berbagai hal terkait potensi dan pengembangan prestasi mahasiswa.

“Kita semua menyadari bahwa mahasiswa sebagai salah satu pilar utama dalam sebuah perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mewujudkan visi misi institusi. Karena itu, diskusi serta komunukasi dua arah seperti ini sangat strategis untuk menyamakan persepsi tentang berbagai kebijakan, sehingga cita-cita mewujudkan UNIB Unggul dapat tercapai dengan baik,” ujar Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc.

Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh Ormawa selingkup UNIB. “Mungkin pada perayaan Idul Fitri 1443 H kemarin kita belum sempat bertemu dan bermaaf-maafan karena kesibukan masing-masing, maka pada kesempatan ini saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada adik-adik semua,” ujarnya.

Dipandu Wakil Rektor III, mahasiswa berdialog dengan pimpinan UNIB. (foto :hms1)

Pada sesi diskusi, Rektor mengajak seluruh Ormawa termasuk seluruh mahasiswa UNIB pada umumnya untuk bersemangat, termotivasi dan memiliki keinginan kuat untuk mengukir prestasi sesuai bidang masing-masing. Prestasi-prestasi yang dicapai mahasiswa tentu akan berpengaruh pada citra positif dan capaian kinerja universitas. Oleh sebab itu, setiap potensi dan peluang prestasi bidang kemahasiswaan pasti akan didorong dan disupport oleh universitas.

Jadi, persepsinya harus disamakan. Narasinya juga harus sama, jangan dibolak-balik, bahwa keinginan untuk meraih prestasi itu harus datangnya dari mahasiswa, adik-adik itu sendiri. Pihak pimpinan universitas, Saya dan para Wakil Rektor serta pimpinan fakultas, sifatnya memberikan dorongan dan support atas keinginan mahasiswa untuk meraih prestasi,” ujar Rektor seraya mengajak semua pihak untuk optimistis UNIB akan menjadi universitas unggul.

Rektor dan para Wakil Rektor menanggapi dengan baik setiap aspirasi mahassiwa. (foto:hms1)

Dialog berdurasi kurang lebih dua jam ini dipandu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum. Pada dialog ini berbagai hal dibahas, mulai dari persiapan menghadapi perkuliahan ofline seiring berakhirnya pandemi Covid-19, masalah kelengkapan fasilitas di gedung pusat kegiatan mahasiswa, masalah pendanaan kegiatan kemahasiswaan, dan lain sebagainya.

Berbagai isu yang mengemuka pada dialog ini ditanggapi secara bergantian oleh Rektor maupun para Wakil Rektor sesuai bidang dan kapasitas masing-masing. Hal-hal menyangkut akademik ditanggapi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, MT, masalah sarana dan prasarana serta hal-hal menyangkut pendanaan ditanggapi oleh Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Yefriza, SE, MPPM, Ph.D dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si.

Para pimpinan UNIB saling bermaaf-maafan dan swafoto bersama dengan Ormawa. (foto:hms1).

Acara diakhiri dengan doa bersama, saling bermaaf-maafan serta swafoto bersama antara Rektor dan para Wakil Rektor, para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan selingkup UNIB serta para ketua dan pengurus Ormawa selingkup UNIB. Minal aidzin walfaidzin, Mohon maaf lahir dan batin ! [Hms1].