Rektor Beri Penghargaan Ketercapaian IKU dan Mahasiswa Berprestsi 2021

SEBAGAI penutup kegiatan tahun 2021, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc bersama para Wakil Rektor, memberikan Penghargaan Ketercapaian 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemendikbudristek kepada 8 fakultas selingkung UNIB, di ruang rapat utama gedung Rektorat UNIB, Jumat (31/12/2021).

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan FKIP.

Pada acara yang sama, Rektor juga memberikan Penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi Tingkat Regional, Nasional dan Internasional tahun 2021, serta memberikan hibah komputer kepada Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Tentang 8 IKU dalam kebijakan Merdeka Belajar, sesuai dengan buku panduan yang diterbitkan Kemendikbudristek, indikator pencapaian pertama adalah Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak. IKU kedua, Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus. IKU ketiga, Dosen Berkegiatan di Luar Kampus. Dan IKU keempat, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus.

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan Fakultas Hukum.

Berikutnya, IKU kelima, Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat. IKU keenam, Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia. IKU ketujuh, Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif. Dan IKU kedelapan, Program Studi Berstandar Internasional.

Melalui perhitungan dengan IKU inilah maka pemerintah dan pihak PTN sendiri bisa lebih mudah melihat perkembangan dari instansi pendidikan. Sehingga lebih mudah untuk mengejar target sekaligus lebih mudah untuk mendapatkan dana insentif yang disediakan oleh Kemendikbudristek.

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan FEB.

Kedelapan IKU Kemendikburistek tersebut kemudian diturunkan ke dalam Rencana Strategis Universitas Bengkulu tahun 2020 dan telah dilaksanakan tahun 2021 oleh semua fakultas selingkung UNIB. Setelah dilakukan penilaian, dari ketercapaian IKU Kemendikbudristek, Universitas Bengkulu mendapat reward pengadaan 128 unit komputer.

Selanjutnya, ke 128 unit komputer tersebut dibagikan ke seluruh fakultas sesuai dengan nilai pencapaian IKU oleh masing-masing fakultas, dengan kategori AA (Sangat Memuaskan) mendapat 17 komputer, A (Memuaskan) mendapat 14 komputer dan kategori BB (Sangat Baik) mendapat 12 komputer.

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan FISIP.

Berdasarkan hasil penilaian, fakultas yang mencapai kategori AA yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Sedangkan kategori A yaitu Fakutas Hukum (FH) dan Kategori BB yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan Fakultas Pertanian.

Ke 128 unit komputer yang dibagikan sesuai kategori nilai ketercapaian IKU tersebut diprioritaskan untuk menunjang fasilitas pengembangan laboratorium di masing-masing fakultas. Penyerahan reward berupa komputer dilakukan secara simbolis oleh Rektor kepada Dekan masing-masing fakultas.

Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan FMIPA.
Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan Fakultas Teknik.
Rektor menyerahkan reward komputer kepada Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
Rektor dan para Wakil Rektor Foto bersama dengan para Dekan usai penyerahan reward komputer.

Tentang pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, hal ini merupakan bentuk apresiasi dari institusi kepada para mahasiswa UNIB yang telah mengukir prestasi pada event-event tingkat internasional, nasional dan regional, baik secara perorangan maupun kelompok.

Jumlah mahasiswa penerima bantuan prestasi UNIB tahun 2021 sebanyak 80 orang, yang terdiri dari Prestasi Tingkat Internasional sebanyak 23 orang, Tingkat Nasional 40 orang, dan Tingkat Regional 17 orang. Penyerahan secara simbolis bantuan prestasi mahasiswa kepada beberapa perwakilan mahasiswa berprestasi juga telah dilakukan oleh Rektor didampingi para Wakil Rektor.

Rektor menyerahkan bantuan prestasi kepada Mahasiswa Berprestasi tahun 2021.
Rektor menyerahkan bantuan kepada perwakilan mahasiswa berprestasi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyerahkan secara simbolis hibah komputer kepada Ormawa dan UKM yang diwakili oleh Ketua MPM/DPM BEM KBM UNIB, Hendi Setiawan. Hibah komputer ini bertujuan untuk menunjang kegiatan-kegiatan Ormawa dan UKM.

Rektor menyerahkan bantuan hibah komputer kepada Ketua MPM/DPM BEM KBM UNIB.

Dalam sambutannya, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri mengajak semua pihak, sivitas akademika UNIB untuk senantiasa meningkatkan optimisme. Sebab, optimisme adalah sebuah kunci untuk meraih prestasi dan kesuksesan. “Kita harus optimis, sebab di dalam optimisme ada hal-hal positif, hal-hal yang akan terus membuat kita menjadi lebih baik,” ucapnya.

Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc ketika menyampaikan sambutan.

Rektor mengucapkan selamat kepada fakultas-fakultas yang sudah mendapat reward komputer dan mahasiswa-mahasiswa yang menerima bantuan prestasi. Diharapkan ke depan, apresiasi dari institusi ini dapat dijadikan motivasi untuk berkinerja dan berprestasi lebih baik lagi.

Rektor juga mengimbau seluruh Dekan dan jajaran serta seluruh Ormawa dan UKM untuk mengajak serta mendorong seluruh mahasiswa melakukan vaksinasi dua dosis sebagai upaya menangkal Pandemi Covid-19, sehubungan dengan segera diberlakukan kebijakan perkuliahan tatap muka, secara luring (luar jaringan) pada semester depan. [Hms1].