Pojok Statistik Akan Didirikan di Perpustakaan UNIB

UNIVERSITAS Bengkulu (UNIB) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu sepakat mendirikan Pojok Statistik di lingkungan kampus UNIB, sebagai media layanan statistik yang bertujuan meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan mahasiswa dan akademisi, sekaligus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Wakil Rektor IV UNIB dan Kepala BPS Provinsi Bengkulu menunjukkan Nota PKS Pojok Statistik. (foto : hms1].

Kesepakatan pembentukan Pojok Statistik tertuang dalam Surat Perjanjian Kerjasama (PKS) yang ditandatangani Kepala BPS Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal, M.E. dan Rektor UNIB yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si, Kamis (17/2/2022).

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) pendirian Pojok Statistik di UNIB. (foto : hms1).

Acara penandatanganan PKS Pojok Statistik berlangsung di Aula Rafflesia Kantor BPS Provinsi Bengkulu. Tampak hadir para pejabat BPS Provinsi Bengkulu antara lain Kepala Bagian Umum Antoni Pestaria, S.E, M.Si, Koordinator Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik Edwin Erifiandi, S.ST., M.Si, Koordinator Fungsi Statistik Sosial Budi Kurniawan, SST., M.Si, Koordinator Fungsi Statistik Produksi Moh. Fatichuddin, S.Si, M.Eng, dan  Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Budi Hardiyono S.Si, ME.

Suasana acara penandatanganan PKS Pojok Statistik di Aula Rafflesia Kantor BPS Provinsi Bengkulu. (foto : hms1).

Dari pihak UNIB, hadir beberapa dosen pengelola Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), seperti Dr. Fanani Haryo Widodo, M.Sc, dan Pengawas pada Sub Bagian Tata Usaha UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB Agus Suyanto, S.Sos, M.IP.

Wakil Rektor IV UNIB Prof. Irfan Agustian menyambut baik program pendirian Pojok Statistik di lingkungan kampus UNIB. Program ini merupakan salah satu tindaklanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) antara UNIB dan BPS yang dilakukan tahun 2020 lalu.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Irfan ketika menyampaikan sambutan. (foto : hms1)

Selain Pojok Statistik, kerjasama antara UNIB dan BPS telah berjalan baik, seperti pada kegiatan pemagangan mahasiswa di kantor BPS dan pelayanan pemenuhan data statistik kepada mahasiswa dan dosen. “Kami berterimakasih kepada BPS atas kerjasama yang baik selama ini. Untuk Pojok Statistik, kita sudah menyiapkan tempat di gedung Perpustakaan UNIB,” ujar Prof. Irfan.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal dalam sambutannya menjelaskan, Pojok Statistik merupakan media layanan kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi. Program ini merupakan salah satu Quick Wins BPS Tahun 2022, sebab sebagaimana diketahui kebutuhan data statistik di perguruan tinggi cukup tinggi.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Ir. Win Rizal ketika menyampaikan sambutan. (foto:hms1).

Dengan didirikannya Pojok Statistik di lingkungan kampus maka dapat mendekatan pelayanan BPS ke mahasiswa dan dosen sebagai sekmen terbesar pengguna data BPS. Selain itu, program ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik bagi sivitas akademika UNIB, sekaligus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Pada Pojok Statistik nanti, pengunjung apakah itu mahasiswa dan dosen dari program studi Statistika maupun dari program studi lainnya dapat melakukan konsultasi statistik dan layanan edukasi bersifat tematik. Pojok Statistik juga dilengkapi data-data statistik dalam bentuk infografis dan videografis,” papar Ir. Win, seraya berharap program ini nanti dapat memberikan kemanfaatan serta mendorong kemajuan masing-masing institusi serta kemajuan Provinsi Bengkulu pada umumnya. [Hms1, eve, rt].

Penyerahan cindera mata berupa plakat UNIB kepada Kepala BPS Provinsi Bengkulu. (foto : hms1).
Foto bersama Wakil Rektor IV UNIB dengan para pejabat BPS Provinsi Bengkulu. (foto : hms1).