Penjajakan Kerjasama Delegasi Austria dan UNIB

DELEGASI Pemerintah Austria, Ryzard Drdowsky, bersama Tim dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Senin (13/6/2022), berkunjung ke UNIB untuk penjajakan inisiasi kerjasama bidang peningkatan sarana dan prasarana guna mendorong terwujudnya UNIB Unggul yang mampu menghasilkan SDM berkompetensi internasional.

Diskusi Delegasi Austria dengan pimpinan UNIB di ruang rapat pimpinan UNIB. (foto:hms1)

Kunjungan Delegasi Pemerintah Austria tersebut disambut hangat oleh pimpinan UNIB, antara lain Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T, Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, SH, M.Hum, dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si.

Diskusi penjajakan inisiasi kerjasama itu dimoderatori Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya Yefriza, Ph.D yang membahas tentang sejumlah potensi dan kemungkinan kerjasama bidang peningkatan infrastruktur dan sarana persarana di UNIB, khususnya peningkatan sarana dan prasarana UPT Bahasa dan UPT Perpustkaaan, serta pada unit kerja dan fakultas yang relevan.

Diskusi dipandu Wakil Rektor II UNIB, Yefriza, Ph.D dan presentasi disampaikan Kepala UPT Bahasa dan Kepala UPT Perpustakaan UNIB. (foto:hms1).

Delegasi Pemerintah Austria Ryzard Drdowsky menanggapi dengan serius presentasi yang disampaikan UPT Bahasa dan UPT Perpustakaan UNIB serta menyarankan agar segera diimplementasikan secara detail dalam bentuk proposal kerjasama yang disampaikan kepada Kemendikbudristek dan Kementerian PPN/Bappenas untuk kemudian dapat ditindaklanjuti dengan perancangan program kerjasama skema soft loan antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Austria.

Wakil Rektor II UNIB Bidang Sumberdaya, Yefriza, Ph.D menyambut baik penjajakan kerjasama dengan Delegasi Austria ini dan berharap ke depan program kerjasama dapat tarwujud untuk mendorong pencapaian visi UNIB Unggul serta menjadi universitas berkelas internasional.

“Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi berkelas internasional, tentu harus didukung dengan peralatan, sarana dan prasarana yang berstandar internasional. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terus kita dorong dan diharapkan ke depan dapat direalisasikan sehingga mampu menjadikan UNIB Unggul,” ujarnya.

Foto bersama Delegasi Austria, Tim Bappenas dan Pimpinan UNIB. (foto:hms1)

Usai mendengarkan presentasi yang disampaikan Kepala UPT Bahasa UNIB Dr. Wisma Yunita, S.Pd, M.Pd dan Kepala UPT Perpustakaan UNIB Dr. Alfarabi, S.Sos, MA, delegasi Pemerintah Austria Ryzard Drdowsky beserta Tim dari Kementerian PPN/Bappenas melakukan kunjungan dan meninjau langsung kondisi gedung serta unit-unit pelayanan di Gedung Perpustakaan UNIB dan sejumlah fakultas/unit kerja yang relevan dengan rencana kerjasama yang akan dilaksanakan.

Delegasi Austria dan Tim Bappenas ketika mengunjungi Perpustakaan UNIB. (foto:ist-fb)

Kepala UPT Perpustakaan UNIB, Dr. Alfarabi mengatakan, point penting yang dibahas Delegasi Pemerintah Austria Ryzard Drdowsky ketika berkunjung ke Gedung Perpustakaan UNIB, antara lain pentingnya dilakukan revitalisasi perpustakaan keseluruhan, pengembangan perpustakaan berbasis human resources, serta peningkatan kualitas pelayanan dalam perpustakaan digital untuk mendukung World Class University.[Hms1].