Pembentukan Karakter Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Melalui Kegiatan Outbound

BAGIAN Kemahasiswan Universitas Bengkulu menggelar kegiatan Outbound yang diikuti ratusan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah dan Porgram AdiK 3T angkatan tahun 2021, Sabtu dan Minggu, 18 – 19 Desember 2021, di arena Outbound Nusantara Farm, kawasan Timur Indah Kota Bengkulu.

Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan SDM Corien Centre ini mengangkat tema “Melalui KIP Kuliah Siap Menjadi Mahasiswa Unggul Berprestasi” dan dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Perencanaan, Pendidikan dan Kemahasiswaan (PPK) UNIB, Ir. Titin Rahmawati, M.Si.

“Alhamdulillah, setelah kurang lebih dua tahun kita melaksanakan kegiatan akademik melalui virtual karena adanya Pandemi Global Covid-19, sekarang ini kita mulai melaksanakan kegiatan tatap muka langsung dan bisa berkumpul bersama, saling bersilahturahmi, mengenal satu sama lain dan dapat meningkatkan persaudaraan antar mahasiswa,” ujarnya.

Melalui kegiatan outbound ini kata Titin Rahmawati, diharapkan mahasiswa dapat mengasah keterampilan, meningkatkan sosialisasi, mengasah kreativitas, saling bekerjasama dan membangun kekompakan, sehingga terbentuk mahasiswa-mahasiswa berkarakter, berprestasi dan menjadi SDM unggul di masa akan datang.

“Adik-adik ini merupakan generasi penerus Bangsa yang beruntung karena difasilitasi oleh Pemerintah untuk melanjutkan pendidikan dengan memberikan beasiswa dalam program KIP Kuliah dan AdiK 3T. Manfaatkan kesempatan baik ini untuk belajar, menempah diri sebaik-baiknya sehingga menjadi pemimpin-pemimpin di masa akan datang baik pemimpin formal maupun sektor formal,” ungkap Titin seraya memberikan semangat kepada para mahasiswa.

Pimpinan Lembaga Pengembangan SDM Corien Centre, Dr. (Hc). Miswari dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah memberikan kepercayaan kepada lembaganya untuk bekerjasama melaksanakan Outbound ini. “Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi pembentukan karakter mahasiswa, sehingga ke depan dapat menjadi generasi unggul,” ujarnya.

Peserta Outbound merupakan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah dan Program AdiK 3T angkatan 2021, berjumlah 500 orang lebih. Mereka tersebar di 8 fakultas selingkung UNIB. Karena banyaknya peserta, maka kegiatan dibagi dua tahap dan dilasanakan dua hari, Sabtu dan Minggu.

Para peserta diberikan permainan-permainan yang mengedukasi dan relevan dengan pembentukan karakter, seperti bagaimana meningkatkan kreativitas, inovasi dan bekerja keras, saling membantu dan meningkatkan solidaritas, membangun persaudaraan dan kekompakan, meningkatkan kepercayaan diri, disiplin dan ulet serta menanamkan sikap juang yang tangguh untuk menggapai keberhasilan yang diimpikan.

Pantauan Tim Humas UNIB, kegiatan ini disambut antusias oleh ratusan mahasiswa. Selain meningkatkan silahturahmi antar mahasiswa, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar mahasiswa dengan pengelola program beasiswa KIP dari Bagian Kemahasiswaan, antara lain hadir Kepala Bagian Kemahasiswaan Drs. M. Mirhasudin, M.Si, Kassubbag Kesmawa Febrianti Prihatin, SE, dan Kasubbag Minat Penalaran dan Informasi Mahasiswa Soffiyeti Ernaini, SH.[Hms1].