Lima Dosen UNIB Dikukuhkan Jadi Profesor

SEBANYAK Lima dosen Universitas Bengkulu pada akhir tahun 2021 ini kembali meraih penghargaan tertinggi bidang akademik yaitu menjadi Guru Besar dengan gelar Profesor. Pengukuhan Lima Guru Besar ini dilakukan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc pada Sidang Terbuka Senat Univeristas Bengkulu, di Gedung Serba Guna UNIB, Selasa (21/12/2021).

Rapat Terbuka Senat Universitas Bengkulu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Rapat Terbuka Dalam Rangka Pengukuhan Guru Besar dibuka oleh Ketua Senat UNIB Prof. Safnil, Ph.D.

Kelima dosen yang dikukuhkan jadi Guru Besar adalah Prof. Dr. Drs. Afrizal Mayub, M.Kom sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, MS sebagai Guru Besar Bidang Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian (FP), dan Prof. Dr. Husaini, SE, M.Si, Ak.Ca, CRP sebagai Guru Besar Bidang Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Prof. Dr. Drs. Afrizal Mayub, M.Kom menyampaikan Orasi Ilmiah.
Rektor UNIB memasangkan Samir Guru Besar kepada Prof. Afrizal Mayub.
Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, MS ketika menyampaikan Orasi Ilmiah di hadapan Rapat Senat Terbuka.
Rektor memasangkan Samir Guru Besar kepada Prof. Dwi Wahyuni Ganefianti.
Prof. Dr. Husaini, SE, M.Si, Ak. CA, CRP sedang menyampaikan Orasi Ilmiah.
Rektor memasangkan Samir Guru Besar kepada Prof. Husaini.

Kemudian, Prof. Dr. Arono, M.Pd sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastara Indonesia Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Prof. Dr. Sal Prima Yudha S, S.Si, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Prof. Dr. Arono, M.Pd ketika menyampaikan Orasi Ilmiah di hadapan Rapat Senat Terbuka.
Rektor UNIB memasangkan Samir Guru Besar kepada Prof. Arono.
Prof. Dr. Sal Prima Yudha, S.Si, M.Si ketika menyampaikan Orasi Ilmiah.
Rektor UNIB usai memasangkan Samir Guru Besar kepada Prof. Sal Prima Yudha.

Dengan dikukuhkannya lima guru besar ini, maka jumlah Guru Besar di UNIB bertambah menjadi 53 orang yang tersebar di berbagai fakultas.

Sidang Terbuka Senat Universitas Bengkulu Dalam Rangka Pengukuhan Guru Besar ini dibuka oleh Ketua Senat Prof. Safnil, MA, Ph.D dan dihadiri Sekretaris dan Anggota senat, para Guru Besar, para Wakil Rektor, pada Dekan, Ketua-ketua Lembaga dan Unit kerja selingkung UNIB, unsur Muspida Provinsi Bengkulu dan tamu undangan dari kalangan keluarga serta kolega dari Guru Besar yang dikukuhkan.

Pada acara ini, kelima Guru Besar menyampaikan orasi ilmiah sesuai bidang keilmuan masing-masing. Prof. Afrizal Mayub menyampaikan orasi dengan judul “Peran E-Learning dan Robotika Dalam Pembelajaran.” Kemudian, Prof. Dwi Wahyuni Ganefianti menyampaikan orasi dengan judul “Varietas Tahan Untuk Pengendalian Penyakit Daun Keriting Kuning Pada Cabai.”

Berikutnya, Prof. Husaini pada kesempatan ini menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Enterprise Risk Management (ERM) : Wujud Implementasi Tata Kelola dan Pengendalian Dalam Penciptaan Nilai Organisasi.” Dan Prof. Arono berpidato dengan judul “Model Pembelajaran Aktif Integratif Dalam Keterampilan Berbahasa dan Bersastra di Era Digital.” Serta terakhir, Prof. Sal Prima Yudha berorasi dengan judul “Menggali Potensi Sumber Daya Alam Di Bengkulu Untuk Mendukung Preparasi Logam Dan/Atau Logam Oksida Beserta Aplikasinya.”

Rektor UNIB didampingi Ketua Senat UNIB melakukan pengukuhan Lima Guru Besar.

Setelah menyampaikan orasi ilmiah, kelima Guru Besar dikukuhkan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc didampingi Ketua Senat Universitas Bengkulu Prof. Safnil. Pengukuhan ditandai dengan pengalungan samir kebesaran terhadap kelima professor.

Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat kepada keempat profesor yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar UNIB. Dengan penambahan empat Guru Besar ini diharapkan berkontribusi bagi peningkatan institusi, jurusan dan program studi terutama dalam peningkatan atmosfer akademik dan peningkatan akreditasi.

Rektor UNIB Dr. Reto Agustina Ekaputri, SE, M.Sc ketika menyampaikan kata sambutan.

Rektor berharap keberhasilan empat Guru Besar ini menjadi motivasi bagi dosen-dosen UNIB lainnya untuk meningkatkan semangat berjuang mengejar kepangkatan fungsional tertinggi, sehingga ke depan UNIB memiliki semakin banyak profesor di berbagai bidang keilmuan. Kepada para Guru Besar yang dikukuhkan Rektor juga menekankan agar senantiasi fokus aktif dalam bidang akademik.

“Saya ucapkan selamat, semoga dengan penambahan empat guru besar ini UNIB semakin maju dan unggul dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Dr. Retno.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada kelima Guru Besar UNIB yang dikukuhkan dan ditutup dengan sesi foto bersama. [Hms1].

Foto bersama Lima Guru Besar UNIB yang baru dikukuhkan.
Foto bersama Rektor dan Senat UNIB bersama Lima Guru Besar yang baru dikukuhkan.
Foto bersama Lima Guru Besar yang baru dikukuhkan dengan Rektor, Ketua Senat dan Unsur Muspida Provinsi Bengkulu serta Tamu VIP lainnya.