KIP Provinsi Bengkulu Visitasi dan Monev ke UNIB

KOMISI Informasi Publik (KIP) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap keterbukaan informasi yang diterapkan di Badan Publik Universitas Bengkulu, Kamis (14/11/2019).

Selain melakukan monev, KIP Provinsi Bengkulu juga melakukan penilaian dalam rangka pemeringkatan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di seluruh badan publik yang pada tahun 2019 ini juga mengikutsertakan lembaga perguruan tinggi sebagai salah satu kategori pemeringkatan.

Keterbukaan informasi publik sendiri merupakan keharusan bagi setiap badan publik sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Visitasi ke UNIB dilakukan oleh dua komisioner KIP Provinsi Bengkulu, Tri Susanti dan Albert Satua Jaya didampingi staf ahli KIP Handiro Epriawan dan beberapa orang staf. Rombongan diterima oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc didampingi Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB, Alimansyah, M.Si dan Dr. Yarjohan, serta Kabag Umum dan Humas UNIB Andris, ST, Kasubbag Humas Herlina Utami, SE serta beberapa staf pelayanan informasi UNIB.

Setelah beraudiensi dengan Rektor UNIB, rombongan KIP melakukan wawancara dan pendalaman tentang pelaksanaan keterbukaan informasi publik di UNIB. Wawancara dan pendalaman dilakukan terhadap PPID UNIB yang dilakukan di ruang rapat pimpinan UNIB.

Selanjutnya, rombongan melakukan peninjauan fisik terhadap ruang dan sistem pelayanan informasi di Unit Layanan Terpadu (ULT) UNIB, serta meninjau sejumlah berkas dan dokumen informasi publik yang tersedia berbagai unit kerja selingkung UNIB.

Kepada Komisioner KIP Provinsi, Rektor menjelaskan bahwa UNIB terus berupaya maksimal melaksankan keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanah UU No. 14 tahun 2008.

“Kalau kami mengibaratkan keterbukaan informasi publik ini seperti ‘tidak ada dusta di antara kita’. Kami sangat berkomitemen untuk keterbukaan dan selalu berupaya maksimal agar informasi publik terpenuhi dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengkasesnya melalui pemanfaatan berbagai teknologi informasi,” papar Rektor.[Hms1/Tim].