Kerjasama dengan Bank Bengkulu untuk Pembayaran Uang Kuliah Mahasiswa

UNIVERSITAS Bengkulu dan Bank Bengkulu melakukan kerjasama tentang sistem pembayaran uang kuliah mahasiswa melalui Bank Bengkulu secara host to host, Kamis (28/4/2022).

Disaksikan Rektor, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Plt. Direktur Utama Bank Bengkulu menandatangani nota kesepakatan kerjasama. (foto:hms1)

Acara penandatanganan nota kerjasama ini berlangsung di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB, ditandatangani Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Yefriza, SE, MPPM, Ph.D dan Plt. Direktur Utama Bank Bengkulu Ikhwanul Okti, disaksikan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc.

Dalam sambutannya, Plt. Direktur Utama Bank Bengkulu Ikhwanul Okti mengucapkan terimakasih atas kepercayaan diberikan UNIB kepada Bank Bengkulu untuk mengelola sistem pembayaran uang kuliah mahasiswa, baik uang semester maupun akhir semester secara host to host.

Pelayanan pembayaran uang kuliah dimaksud untuk mahasiswa Program Studi D3 Farmasi, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan dan Seluruh Mahasiswa Program Studi Doktoral (S3) yang berada pada Universitas Bengkulu.

Plt. Dirut Bank Bengkulu menjelaskan manfaat kerjasama dan disambut baik oleh Rektor (foto:hms1).

“Semoga kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua lembaga dan memberikan kemudahan pelayanan pembayaran uang kuliah mahasiswa. Selama ini sistem pembayaran secara point to host menjadi sistem host to host, dimana server UNIB dan Bank Bengkulu akan terhubung satu sama lain secara langsung pada saat mahasiswa membayar uang kuliah,” ujarnya.

Dijelaskan, manfaat lain dari penggunaan sistem host to host pada Universitas Bengkulu yaitu ; Pembayaran kuliah dapat dilakukan kapan saja melalui semua jenis mesin ATM, teller dan mobile banking. Kemudian, pembayaran bersifat realtime, begitu proses transfer berhasil maka akan langsung terdata  pada sistem informasi akademik kampus. Berikutnya, dengan sistem ini maka mahasiswa tidak perlu lagi mengantri di bagian keuangan kampus dan bagian keuangan kampus tidak perlu lagi menginput pembayaran mahasiswa.

“Bank Bengkulu terus berupaya dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan perbankan kepada seluruh nasabah Bank Bengkulu dan khususnya Universitas Bengkulu. Kami mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah memberikan Support dan Kepercayaan kepada Bank Bengkulu sehingga dapat terus tumbuh memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Plt. Dirut Bank Bengkulu dan Rektor UNIB saling memberi cindera mata berupa plakat institusi, dilanjutkan foto bersama jajaran pimpinan Bank Bengkulu dan pimpinan UNIB. (foto:hms1)

Saat ini tambah Ikhwanul Okti, secara konsolidasi dapat disampaikan bahwa Laba Bersih Bank Bengkulu Posisi 31 Maret 2022 adalah sebesar Rp.49.220 Miliar. Pencapaian kredit per 31 Maret 2022 adalah sebesar Rp 6.291Triliun. DPK per 31 Maret 2022 adalah sebesar Rp.7,308 Triliun dan Asset Posisi 31 Maret 2022 adalah sebesar Rp.8,57 Triliun.

“Dapat kami informasikan juga bahwa saat ini Bank Bengkulu terus berupaya meningkatkan digitalisasi seluruh unsur pengelolaan keuangan baik di Pemerintah Daerah maupun di masyarakat. Bank Bengkulu telah merelease upgrade Mobile Banking berbasis internet dan penggunaan kartu debit bank Bengkulu pada EDC bank lain, QRIS, CMS sedang berproses izin dari Bank Indonesia,” paparnya.

Rektor UNIB Dr. Retno Agutina Ekaputri menyambut baik kerjasama dengan Bank Bengkulu ini dalam rangka untuk memberikan kemudahan pelayanan pembayaran uang kuliah kepada para mahasiswa. “Kerjasama ini kita maknai sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya mahasiswa. Diharapkan kerjasama ini dapat berjalan baik dan berkesinambungan sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak,” ujarnya. [Hms1].