Humas UNIB Berkunjung ke Redaksi Rakyat Bengkulu

STAF Hubungan Masyarakat (HUMAS) bersama puluhan personil Media Agent dari berbagai fakultas selingkung Universitas Bengkulu (UNIB), Selasa pagi (12/4/2016), berkunjung ke kantor redaksi harian Rakyat Bengkulu (RB) di kawasan Kilometer 6,5 Kota Bengkulu.

IMG_4961

Selain bersilahturahmi dan mempererat kerjasama, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk menambah pengalaman bagi staf HUMAS dan Media Agent dalam pembuatan berita dan press realise, sehingga produktifitas penyebarluasan informasi dalam rangka menciptakan citra positif institusi UNIB ke depan dapat ditingkatkan.

Rombongan Staf Humas dan Media Agent yang dipimpin langsung oleh Kepala Biro Umum dan Sumber Daya (USD) UNIB Ir. Ahmad Nezar diterima oleh Manajer Keuangan RB Media Group Hj. Nurbaiti dan jajaran Redaksi Harian RB seperti Redaktur Pelaksana, Patris Muwardi, Redaktur Tarmandi Alba, wartawan Tusda, dan staf redaksi lainnya.

IMG_4965

Dalam sambutannya, Ir. Ahmad Nezar mengatakan, mewakili pimpinan UNIB dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan kepada RB Media Gorup dirinya mengucapkan terimakasih karena telah menerima kunjungan ini dengan baik dan bersedia berbagi ilmu pengetahuan tentang penulisan berita dan pembuatan press realise kepada staf Humas dan Media Agent UNIB.

Dijelaskan Ahmad Nezar, pasca perubahan statuta UNIB tahun 2013 lalu, unit kerja kehumasan ikut berubah, dulunya dipimpin tenaga pendidik (dosen) menjadi unit kerja struktural sebagai sub bagian dari bagian umum dan hubungan masyarakat yang dipimpin tenaga kependidikan.

Dalam rangka mendorong percepatan terwujudnya visi dan misi UNIB sebagai Universitas Berkelas Dunia (World Class University) pada 2025, seluruh unit kerja dituntut untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan produktivitas kerja, tak terkecuali Sub Bagian Humas.

Sehubungan dengan hal itu, untuk mengatasi keterbatasan jumlah staf HUMAS, saat ini Sub Bagian Humas terus berinovasi dan berupaya meningkatkan kinerja, salah satunya membentuk jaringan Humas yang disebut Media Agent di seluruh fakultas dan unit kerja yang ada di UNIB.

“Para Media Agent ini terus kita bekali dengan pelatihan kehumasan dan peningkatkan keterampilan lainnya, sehingga bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam peningkatan penyebarluasan informasi positif tentang UNIB kepada masyarakat luas baik melalui media internal maupun eksternal. Ini penting, mengingat keterbukaan informasi publik dan banyaknya penyebarluasan informasi sangat berpengaruh terhadap pencapaian visi dan misi institusi,” papar Ahmad Nezar.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Harian RB, Patris Muwardi, menyambut baik kunjungan Humas UNIB ini dan memberikan apresiasi terhadap upaya dan inovasi yang dilakukan Sub Bagian Humas UNIB dalam rangka peningkatan produktivitas penyebarluasan informasi publik di UNIB.

IMG_4997

“Kegiatan ini sangat bagus dan kami memberikan apresiasi kepada Sub Bagian Humas UNIB. Saya sendiri alumni Fakultas Pertanian UNIB, jadi saya juga sangat bangga bisa berbagi pengalaman dengan kawan-kawan dalam rangka memajukan almamater saya ini,” ujarnya.

Seyogyanya kata Patris, yang menerima kunjungan ini adalah Pemimpin Redaksi RB Zacky Antoni, namun karena tuntutan jabatan rangkapnya sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni sedang menghadiri undangan gubernur.

“Dia kemudian menunjuk saya untuk menerima kunjungan ini sekaligus berbagi pengalaman tentang teknik penulisan berita dan pembuatan press realise guna menambah pengetahuan bagi staf dan media agent Humas UNIB ini,” ujar Patris.

Siaran Pers atau Press Realise menurut Patris adalah informasi berupa naskah berita yang dibuat oleh Humas di institusi pemerintah maupun swasta yang disampaikan kepada media masa untuk dipublikasikan.

Teknik penulisan siaran pers sama dengan teknik penulisa berita secara umum yang didalamnya harus memenuhi unsur 5 W + 1 H (What, Where, When, Why, Who dan How). Kemudian, informasi yang disampaikan bersifat aktual dan faktual, serta memiliki nilai berita (value news).

“Rumusan umumnya sama dengan penulisan berita. Tapi akan lebih bagus kalau press realise itu menyesuaikan dengan gaya bahasa media massa bersangkutan, dan dilengkapi dengan foto. Kemudian jangan lupa, melampirkan contac person pembuat realise atau narasumber yang bisa dihubungi, sehingga bila media masih membutuhkan informasi tambahan, bisa langsung menghubungi nomor telpon bersangkutan,” paparnya.[humas1]