Halal bi halal Dosen dan Tendik UNIB

REKTOR UNIB bersama para Wakil Rektor, para Dekan dan pimpinan unit-unit kerja lainnya selingkung UNIB beserta ratusan dosen dan tenaga kependidikan (Tendik) menghadiri halal bi halal Idul Fitri 1443 H dan ceramah agama di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB, Kamis (12/5/2022).

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, ketika menyampaikan sambutan. (foto:hms1).

Selain mempererat silahturahmi antar keluarga besar sivitas akademika UNIB dan memberikan wadah untuk saling bermaaf-maafan, acara yang mengangkat tema “Sucikan hati, genggam silahturahmi menuju insan yang madani” ini juga sebagai sarana untu memperkuat keimanan melalui siraman rohani yang disampaikan Ustadz H. Ahmad Farhan, S.Si, M.Si.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, kebiasaan baik seperti halal bi halal ini memang penting untuk diadakan sebagai wadah memperkuat silahturahmi, saling memaafkan satu sama lain sehingga kita kembali suci, menambah keimanan dan semangat untuk kembali bekerja dalam upaya mendorong terwujudnya cita-cita UNIB Unggul.

Ratusan dosen dan Tendik UNIB antusias mengikuti halal bi halal di GSG UNIB. (foto:hms1)

“Dengan kesibukan masing-masing bersama sekluarga, mungkin antara kita banyak yang belum sempat ketemu dan saling bermaaf-maafan saat hari Raya Idul Fitri 1443 H kemarin, maka sebelum kita kembali bekerja dan memulai rutintitas di tempat masing-masing, kita berkumpul untuk bersilahturahmi dan saling memaafkan. Dimulai dari diri sendiri, saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, bila selama ini terdapat kesalahan dan kekhilafan,” ucap Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Rektor mengingatkan serta mengajak seluruh pihak, dosen dan tenaga kependidikan selingkup UNIB agar senantiasa bersemangat dan meningkatkan kinerja untuk mendorong tercapainya cita-cita mewujudkan UNIB Unggul. “Tanpa semangat dan kerja keras secara kolektif akan sangat sulit mewujudkan tujuan dan cita-cita menjadikan UNIB Unggul,” ujarnya.

Ustadz Ahmad Farhan ketika tausiyah di hadapan para pimpinan, dosen dan Tendik UNIB. (foto:hms1)

Sementara itu, Ustadz Muda H. Ahmad Farhan, S.Si, M.Si pada kesempatan ini memberikan tausiyah tentang makna dan pentingnya acara halal bi halal sebagai kebudayaan asli Indonesia yang bertujuan untuk memberikan wadah silahturahmi dan ajang saling memaafkan.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu ini juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT untuk menciptakan masyarakat madani di tengah semakin canggihnya teknologi informasi dan arus modernisasi sekarang ini.

Para pimpinan UNIB, Dosen dan Tendik saling bermaaf-maafan. (foto:hms1)

Ceramah agama ditutup dengan doa bersama dipimpin Ustadz Ahmad Farhan, serta acara saling berjabat tangan untuk saling maaf-memaafkan antara Rektor dan para Wakil Rektor diikuti oleh ratusan dosen dan Tendik UNIB yang hadir. Meskipun dilaksanakan secara offline, namun semua peserta halal bi halal tidak abai protokol kesehatan Covid-19, seperti dengan tetap mengenakan masker untuk melindungi diri.[Hms1].