Dorong Produktivitas Publikasi dan HaKI, LPPM Gelar “Workshop Marathon”

GUNA mendorong produktivitas penulisan artikel ilmiah, proposal penelitian dan dokumen HaKI (Paten) yang berkualitas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu menyelenggarakan workshop daring via aplikasi Zoom secara marathon, medio November hingga Desember 2021 lalu.

Kegiatan ini menyasar seluruh dosen di delapan fakultas selingkung UNIB, baik dosen muda maupun dosen senior yang ingin mengembangkan potensi dan kemampuan dalam merancang proposal penelitian kompetitif membuat artikel ilmiah berkualitas, serta membuat dokumen Paten.

Meskipun dilakukan secara daring, workshop dikemas secara apik dan menarik dengan menghadirkan para pemateri yang expert di bidang masing-masing dan berpengalaman dalam bidang penulisan artikel publikasi pada jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional terakreditasi serta berpengalaman memperoleh Paten.

Workshop daring yang telah diselenggarakan LPPM UNIB sebanyak tiga kali, yaitu Workhop Penulisan Artikel Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi, Workshop Daring Penulisan Proposal Penelitian Kompetitif Nasional dan Internasional, serta Workshop Pendampingan Pembuatan Dokumen HaKI (PATEN).

Workhop Daring Penulisan Artikel Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditas diselenggarakan tanggal 1 November 2021, dimoderatori dosen muda UNIB dari Jurusan Biologi FMIPA, Dr. Risky Hadi Wibowo, S.Si, M.Si dan dibuka oleh Wakil Rektor UNIB Bidang Akademik Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, MT.

Dalam sambutannya, Prof. Lutfi mengatakan, kegiatan workshop seperti ini sangat diperlukan untuk mendongkrak publikasi dosen-dosen Universitas Bengkulu pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Jurnal Nasional Terakreditasi.

Setelah mendapatkan bekal dan pengkayaan pengetahuan melalui workshop ini, Prof. Lutfi mengarahkan kepada para dosen yang ingin mengembangkan potensinya agar memperluas mitra kerjasama penelitian untuk berkolaborasi menghasilkan artikel ilmiah publikasi, baik dengan kolaborator dalam maupun luar negeri.

Untuk menambah pengkayaan pengetahuan peserta workshop, LPPM UNIB menghadirkan seorang narasumber hebat ke dalam ruang virtual zoom, yaitu Ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Pusat, Dr. Mohamad Rafi, S.Si, M.Si. Dia merupakan peneliti berpengalaman yang pada tahun 2021 saja berhasil mempublikasikan hasil penelitian lebih dari 20 artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Jurnal Nasional Terakreditasi (S1 dan S2).

Pada workshop yang diikuti 125 dosen UNIB ini, Dr. Rafi memaparkan materi tentang bagaimana mencari ide penelitian, teknik mengumpulkan data, analisis data, sampai bagaimana mengemas hasll penelitian untuk dapat dipublikasikan pada Jurnal Nasional Terakreditasi (Sinta 1 dan sinta 2), Jurnal Internasional Bereputasi, atau diseminarkan pada seminar-seminar internasional, serta tentang Etika Publikasi.

Berikutnya, guna menyikapi trend nasional prihal menurunnya jumlah dana penelitian dari Dikti terhadap sejumlah universitas sebagai dampak pademi global Covid-19, yang mana hal itu ikut mempengaruhi mengendornya semangat para dosen melakukan penelitian. Maka LPPM UNIB pada 5 November 2021 menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian Kompetitif Nasional dan Internasional.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber handal, Prof. Dr. Saryono selaku Wakil Ketua PBBMI Cabang Riau yang sekaligus reviewer proposal penelitian Nasional. Dan seperti kegiatan sebelumnya, workshop ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari dosen selingkung UNIB.

Beberapa info serta poin penting dalam menulis proposal kompetitif nasional disampaikan secara lugas, tuntas dan jelas oleh Prof, Dr, Saryono. Kehadiran Prof. Dr. Sal Primayudha S, S.Si, M.Si selaku moderator telah dapat mengarahkan kegiatan dengan baik. Output yang diharapkan setelah kegiatan ini adalah dihasilkannya proposal penelitian berkualitas dari dosen baru maupun dosen senior UNIB yang akan ikut bersaing di level nasional maupun internasional.

Kegiatan di penghujung tahun ditutup dengan Workshop Pendampingan Pembuatan Dokumen HaKI (PATEN). LPPM UNIB menghadirkan dua narasumber hebat, pertama Dr. Tjahja Muhandri, STP, MT selaku Manajer Program Diversifikasi Pangan SEAFAST Center IPB sekaligus Pendiri dan Pengelola Forum Coaching Clinic IKM Pangan Indonesia. Narasumber kedua, Stefano Thomy Asri Darmadi, S.TP, MH, selaku Pemeriksa Paten Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual, Direktorat Paten, Rahasia Dagang dan DTLST KEMKUMHAM RI.

Pada workshop ini, Dr.Tjahja Muhandri sebagai pemegang beberapa Hak Paten yang sangat potensial di IPB, berhasil memotivasi peserta untuk menganggap bahwa mendapatkan sertifikat Paten bukanlah sesuatu yang sulit. “Mendapatkan Paten tidaklah sulit jika produk yang akan didaftarkan Hak Patennya betul-betul akan dimanfaatkan oleh industri, kalau tidak maka akan menjadi beban universitas saja serta kita harus sabar mengikuti proses pengajuannya,” ujarnya.

Sementara Stefano Thomy menjelaskan tentang bagaimana teknik drafting dokumen Paten. Pemaparan Thomy disambut antusias oleh peserta karena meskipun banyak yang sudah berpengalaman melakukan penelitian, namun masih memerlukan pengetahuan teknis tentang penyiapan dokumen Paten.

Kegiatan workshop yang berlangsung pada 7 Desember 2021 ini dipandu Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc sebagai moderator dan dibuka oleh Ketua LPPM UNIB Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc. Banyak pengalaman didapatkan peserta, karena moderator sendiri merupakan dosen peneliti UNIB sebagai pemegang Hak Paten pertama di Universitas Bengkulu.

Suksesnya penyelenggaraan ketiga workshop tersebut berkat persiapan matang dari Bidang Penelitian LPPM yang dikomandoi oleh Sekretaris LPPM UNIB Prof. Dr. Morina Adfa, S.SI, M.Si. Selain untuk mendongkrak produktivitas artikel publikasi, penelitian kompetitif dan pencapaian Paten oleh dosen selingkung UNIB, kegiatan workshop ini juga bertujuan memenuhi target capaian kinerja LPPM UNIB 2021.[Hms1].