Do’a Bersama Sambut Ramadhan dan Panen Melon di Kebun Percontohan

REKTOR UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc bersama para Wakil Rektor, para Dekan dan pimpinan unit kerja selingkung UNIB, menghadiri acara doa bersama menyambut Ramadhan 1443 H dan Dies Natalis Ke-40 UNIB, serta melakukan panen melon bersama di kebun percontohan greenhouse Fakultas Pertanian UNIB, Jumat (1/4/2022).

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri menyampaikan sambutan. (foto : hms1).

Setelah mendengarkan arahan rektor, acara doa bersama diisi tausiyah yang disampaikan Ustadz Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd. Mengawali tausiyahnya, Ustadz Dani Hamdani memberikan apresiasi kepada segenap sivitas akademika UNIB yang telah menyelenggarakan kegiatan doa bersama ini, sebab kegiatan ini merupakan wujud syukur atas datangnya bulan suci Ramadhan.

Ustadz Dani Hamdani ketika menyampaikan tausiyah. (foto :hms1).

Dalam ceramahnya kurang lebih satu sajam, Ustadz Dani Hamdani yang juga merupakan tokoh pendidikan di Provinsi Bengkulu, memaparkan tentang keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Tausiyah ditutup dengan doa bersama dan pemberian bingkisan “Ikona Melon” kepada Ustadz Dani Hamdani oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Rektor UNIB memberikan bingkisan berupa buah melon premium kepada Ustadz Dani Hamdani. (foto :hms1).

Usai acara doa bersama, rektor dan rombongan melakukan panen melon premium di kebun percontohan greenhouse Fakultas Pertanian UNIB yang terletak di samping gedung T. Melon yang dipetik merupakan hasil budidaya kolaborasi antara mahasiswa dan alumni yang tergabung dalam  Toboponik Farmer.

Melon dengan brand “Ikona Melon” memiliki cita rasa dan aroma yang khas dengan tingkat kemanisan minimal 15 brix, sedangkan di pasaran biasanya hanya berkisar kurang dari 11 brix. Penanaman dilakukan secara terkontrol di rumah kasa sehingga kebutuhan tanaman dapat dipenuhi secara baik.

Rektor UNIB memetik buah melon hasil budidaya di kebun percontohan Fakultas Pertanian UNIB. (foto :hms1).

Koordinator Petani Milineal Toboponik Fakultas Pertanian UNIB, Yusuf Kurniawan menjelaskan, produk yang mereka hasilkan bukan buah melon seperti biasanya, tetapi berciri khas melon parsel. Ada empat varietas melon yang dikembangkan yaitu Honey White, Rock Orange, Rock White  dan Autumn.

“Ikona Melon ini tidak hanya unggul dalam cita rasa tapi juga diharapkan dapat menghadirkan kebahagian bagi konsumen karena langsung berupa melon parsel. Sangat cocok sebagai hadiah ulang tahun misalnya, atau bingkisan saat membesuk orang sakit,” ucapnya.

Budi daya yang dikembangkan juga menggabungkan konsep rekreasi, di mana para konsumen dapat memilih dan memetik langsung buah melon premium yang siap panen seraya berswafoto bersama di dalam rumah kasa FP UNIB.[Hms1].