Bersinergi dengan KADIN untuk Wadah Kampus Merdeka, Merdeka Belajar

UNIB terus berupaya meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi program dengan berbagai institusi pemerintah maupun swasta. Kali ini sinergisitas dan kerjasama dijalin dengan pelaku-pelaku usaha yang dipayungi nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UNIB dengan Organisasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Bengkulu yang telah ditandatangani kedua belah pihak, Rabu (27/4/2022).

Rektor UNIB dan Ketua KADIN Bengkulu menandatangani MoU. (foto:hms1)

Acara penandatanganan MoU antara UNIB dan KADIN Bengkulu berlangsung di ruang rapat pimpinan UNIB, dihadiri para Wakil Rektor dan para Pengurus KADIN Bengkulu. Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc dan Ketua KADIN Bengkulu Ir. H. Marwan S. Ramis.

Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan bahwa peningkatan sinergisitas dan kerjasama dengan pelaku usaha yang dalam hal ini organisasi KADIN sebagaimana tertuang dalam MoU, memiliki makna strategis sebagai upaya mewujudkan dan mengimplementasikan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang tengah digencarkan pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia termasuk UNIB.

“Lingkup kerjasama ini bisa diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pemagangan mahasiswa pada sektor dunia usaha baik pada organisasinya maupun pada badan-badan usaha terkait yang relevan dengan bidang keilmuannya. Kemudian, bisa juga dalam bentuk kajian ekonomi dan kajian investasi daerah melalui berbagai forum yang dilaksanakan bersama-sama seperti seminar, workshop, pelatihan skill dan lain sebagainya,” ujar Dr. Retno.

Diskusi tentang implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar pada sektor dunia usaha. (foto:hms1)

Dengan banyaknya kerjasama program yang dilakukan UNIB dengan pelaku-pelaku usaha, diharapkan dapat memberikan wadah bagi mahasiswa maupun dosen untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman. Polanya bisa timbal balik, seperti dosen memberikan pelatihan peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha, atau bisa juga pelaku usaha yang membagi ilmu dan pengalamannya kepada mahasiswa melalui kuliah umum atau kursus-kursus singkat.

“Semua ini adalah untuk mewujudkan dan mengimplementasikan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan pada akhirnya diharapkan dapat mendorong capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UNIB ke depan,” ucap Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Ketua KADIN Bengkulu Ir. Marwan Ramis mengaku sangat senang dan bangga bisa bersinergi dengan UNIB dalam upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya pada sektor dunia usaha. MoU ini juga sejalan dengan program KADIN Bengkulu yang membentuk Forum Bisnis Bengkulu sebagai salah satu wadah mengoptimalkan potensi daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan jiwa entrepreneur.

Forum Bisnis Bengkulu diharapkan mampu menghimpun semua pihak baik dari kalangan pelaku usaha, lembaga Pemerintah, Perguruan Tinggi untuk bersinergi dalam upaya akselerasi pembangunan daerah bersamaan dengan inventarisasi potensi sumber daya yang ada di setiap daerah dengan tujuan agar bertumbuhnya pelaku usaha baru yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat.

Pemberian Cindera Mata oleh Rektor kepada Ketua KADIN dan foto bersama. (foto:hms1)

Jadi, penandatanganan MoU dengan UNIB ini tentu kami sambut baik sekali karena sejalan dengan bekerjanya salah satu dari tiga aspek kerja Forum Bisnis Bengkulu yang telah kami gagas,” ujar Ir. Marwan.

Dijelaskan, ketiga aspek kerja forum bisnis itu adalah peningkatan knowledge, informatif dan attitude atau sikap enterprenuership serta practis untuk optimalisasi sumber daya yang terkoordinasi dalam wadah KADIN. Peningkatan knowledge misalnya, bisa melalui seminar dan dialog bisnis, pelatihan kewirausahaan dan lain sebagainya.

“Ketiga aspek kerja forum bisnis ini juga sangat relevan untuk mengimplementasikan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang disampaikan Ibu Retno selaku Rektor UNIB,” ucap Ir. Marwan, seraya berharap kerjasama KADIN-UNIB dapat lebih ditingkatkan.[Hms1].