UPT Perpustakaan UNIB Sukses Menggelar Pemilihan Duta Baca 2020

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Bengkulu sukses menggelar event Pemilihan Duta Baca 2020, di lantai 3 Gedung Perpustakaan, Selasa – Rabu, 25-26 Februari 2020. Event ini kali kedua dan disambut antusias oleh para mahasiswa.

“Ini merupakan kali kedua kita menggelar event Pemilihan Duta Baca. Secara kualitas sudah ada peningkatan. Pesertanya tangguh-tangguh, sehingga para juri sempat kesulitan menentukan para pemenang. Namun karena ini merupakan suatu kompetisi, akhirnya ditetapkan empat orang pemenang yang sekaligus dinobatkan sebagai Duta Baca UNIB 2020,” ujar Kepala UPT Perpustkaan UNIB, Dr. Drs. Alex Abdu Chalik, M.Si.

Dijelaskan Dr. Alex, tujuan pemilihan Duta Baca adalah sebagai motivator dalam meningkatkan minat baca pada perguruan tinggi dan juga pada masyarakat luas. Para Duta Baca akan menjadi panutan dalam menumbuhkembangkan minat baca dan merupakan symbol dalam membangkitkan kesadaran minat membaca.

Kegiatan ini diapresiasi oleh pimpinan UNIB yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan minat baca, sekaligus menjadi ajang kompetisi mahasiswa untuk meraih prestasi.

“Event ini sangat positif dalam upaya menumbuhkan minat baca mahasiswa dan masyarakat. Banyak membaca adalah salah satu cara meningkatkan intelegensi. Oleh sebab itu, para pemenang event ini akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan kampus sehingga dapat menyebarluaskan dan mengkampanyekan budaya membaca kepada seluruh mahasiswa,” ujar Dr. Syahrial ketika membuka acara.

Pantauan Tim Humas, event ini diikuti 51 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi selingkung UNIB. Proses seleksi pemilihan Duta Baca dilaksanakan tanggal 25 Februari dengan melalui 3 tahapan tes yaitu tes administrasi, tes tertulis dan tes wawancara.

Setelah dilakukan penilaian secara komprehensif, ada 4 peserta yang dinyatakan sebagai pemenang sekaligus dinobatkan sebagai Duta Baca UNIB 2020. Ke 4 mahasiswa tersebut adalah Alin Febrianti (F1F018019) dari Fakultas MIPA Program Studi Statistika, Elvira Afifah (A1B018054) dari Fakultas KIP Program Studi Bahasa Inggris, Dani Fazli (G1D018050) dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro dan Wanda Yutiono (D1C018042) dari Fakultas ISIPOl Program Studi Jurnalistik.

Usai diumumkan sebagai pemenang, keempat mahasiswa tersebut menerima selempang Duta Baca yang dikenakan secara simbolis oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Syahrial, dan Kepala UPT Perpustakaan Dr. Alex Abdu Chalik. Kepada 4 pemenang juga diberikan piagam dan uang pembinaan. [Hms1/Reza].