Ratusan Mahasiswa Ikut ON MIPA

SEKITAR 600 mahasiswa Universitas Bengkulu, Sabtu (9/3), mengasah kemampuan dengan mengikuti Olimpiade Nasional Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Dikti tahun 2013. Mereka berjibaku menjawab soal-soal guna meraih prestasi pada ajang yang merupakan agenda rutin Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) tersebut.

Data Tim Humas Unib, ratusan mahasiswa tersebut terbagi pada empat bidang ilmu yaitu Matematika 179 orang, Fisika 98 orang, Kimia 171 orang, dan Biologi 141 orang. Mereka berasal dari empat fakultas selingkung Unib yaitu Fakultas MIPA, Fakultas KIP, Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Pelaksanaan olimpiade dipusatkan di Gedung Bersama (GB) II Unib, dan diawasi 40 orang dosen.

Ketua Panitia Pelaksana ON MIPA tingkat lokal, Drs. Bambang Trihadi, M.Sc menjelaskan, teknis pelaksanaan ON MIPA tahun ini tidak jauh beda dengan sebelumnya. Para peserta tes wajib mengerjakan soal berbentuk uraian dan uraian singkat yang telah dibuat panitia sesuai dengan kisi-kisi yang dikeluarkan Dikti. Masing-masing bidang, jumlah dan bentuk soal tidak sama dan disesuaikan dengan tingkat kesulitannya.

Peserta yang berhasil meraih nilai tertinggi masing-masing bidang akan dibina oleh dosen pembimbing kemudian dikirim mengikuti ON MIPA tingkat regional yang akan dilaksanakan di Palembang, Sumsel bulan April mendatang. “Kita akan melakukan perangkingan. Peserta nilai tertinggi I dan II masing-masing bidang akan diikutsertakan pada ON MIPA Regional. Bila sukses tingkat regional, mereka akan dikirim ke tingkat nasional yang akan dihelat Mei mendatang,” papar Bambang.

Bambang menjelaskan, di bidang ON MIPA, Unib sudah sejajar dengan Perguruan Tinggi terkenal lainnya di Indonesia. Pada 2011 lalu, Unib menjadi juara umum di tingkat regional Sumbagsel; Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu. Bahkan untuk tingkat nasional, mahasiswa Unib atas nama Grasianto berdasarkan passing grade berhasil menempati peringkat 11 nasional bidang Kimia dari 12 regional se Indonesia. “Harapan kita, tahun ini Unib bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Pantauan Tim Humas Unib, pelaksanaan ON MIPA di Gedung Kuliah Bersama Unib itu diawasi dan ditinjau langsung oleh Pembantu Rektor I Unib Bidang Akademik sekaligus Plt. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. H. Fahrurrozi, M.Sc, Kabag Kemahasiswaan Dra. Umda Tussabat, para Kasubbag Drs. Wuryanto dan Dartoni, SH, serta para dosen dan staf karyawan lainnya yang terlibat langsung sebagai pengawas serta panitia pelaksana. Secara umum kegiatan tersebut berjalan tertib dan lancar, tanpa kendala berarti. [hms1