4000-an Mahasiswa Baru UNIB Ikuti PKK Virtual

SEBANYAK 4191 mahasiswa baru UNIB jenjang S1 (Sarjana) maupun vokasi/Diploma (D3) yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN-Barat, mulai mengikuti proses belajar mengajar yang diawali dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Rabu (11/8/2021).

Kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc dan direncanakan berlangsung selama empat hari yang dibagi dua tahap, yaitu tanggal 11-12 Agustus PKKMB tingkat universitas dan tanggal 13-14 Agustus PKKMB tingkat fakultas.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan PKK dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan langsung via YouTube channel Universitas Bengkulu. Kegiatan ini terpusat di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB yang dihadiri terbatas hanya panitia dan beberapa orang perwakilan mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Peresmian PKKMB UNIB 2021 ditandai dengan pemakaian jaket almamater mahasiswa UNIB secara simbolis kepada dua perwakilan mahasiswa yang dilakukan oleh Rektor UNIB Prof. Ridwan Nurazi didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial, M.Phil dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, dan Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, MMA yang menyampaikan sambutan dengan siaran video yang disebarluaskan ke seluruh peserta dan ditayangkan via channel YouTube Universitas Bengkulu.

Ketua Panitia Pelaksana PKKMB UNIB 2021, Ramya Rachmawati, S.Si, M.Si, Ph.D melaporkan, peserta kegiatan ini sebanyak 4191 mahasiswa baru yang mengikuti secara daring dari kediaman masing-masing. Dari delapan fakultas selingkung UNIB, tiga fakultas terbanyak pesertanya yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berjumlah 890 orang, kemudian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 816 orang dan Fakultas Pertanian 604 orang.

Tema kegiatan ini adalah “Mengoptimalkan Potensi Menjadi Mahasiswa yang Memiliki Kedalaman Ilmu, Keluhuran Akhlak, Cinta Tanah Air, dan Berdaya Saing Global.”

Pada kegiatan ini, para mahasiswa baru akan diberikan sejumlah materi seperti motivasi belajar, e-learning, sistem layanan akademik, mengenal lembaga dan unit kerja selingkung UNIB, serta mengenal wadah prestasi dan organisasi mahasiswa. Kemudian, para mahasiswa baru juga diberikan materi tentang bela negara, tentang Pandemi Covid-19 dan pencegahannya, tentang bahaya paham radikalisme, tentang pencegahan tindak pidana korupsi, tentang bahaya narkoba dan lain sebagainya.

“Materinya cukup banyak yang dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tentang kehidupan di dunia kampus. Namun tidak usah khawatir, meskipun materinya banyak namun panitia telah menyiapkan quiz dan doorprize sehingga kegiatan ini dapat diikuti dengan suasana rilex,” papar Ramya Rachmawati seraya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar UNIB.

Pantauan Tim Humas, meskipun dilaksanakan secara daring dan berlangsung hingga sore hari pukul 15.10 WIB, para mahasiswa baru sangat antusias mengikuti PKKMB ini. Hal ini terlihat dari jumlah kehadiran di ruang zoom mencapai 90 persen lebih dari total peserta.

Di hari pertama ini, penyampaian materi sesi I diawali dengan materi motivasi yang disampaikan dua motivator nasional yaitu Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian dan Trie Setiatmoko (Mas Tiko).

Materi berikutnya yaitu sosialisasi dan pengisian biodata mahasiswa di SIAKAD serta sosialisasi terkait PDDIKTI yang disampaikan Yulius Alfani, dan tentang Protokol Kesehatan (Pencegahan Penyebaran Covid-19) yang disampaikan Tim Satgas Pencegahan Covid-19 UNIB dr. Ahmad Azmi Nasution, M.Bio.Med.

Penyampaian materi Sesi II dilakukan setelah jam istirahat siang dengan materi tentang Radikalisme yang disampaikan Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si, dilanjutkan penyampaian materi tentang Bela Negara oleh Kasiter Kasrem 041/Gamas, Kolonel Infantri M. Herry Subagyo, lalu penyampaian materi tentang Bahaya Narkoba yang disampaikan Koordinator Humas BNN Provinsi Bengkulu, Ariyanto, S.Sos dan penyampaian materi tentang Mahasiswa Sebagai Kader Anti Korupsi yang disampaikan Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum UNIB Prof. Dr. Herlambang, SH, MH.

Jelang sore hari, para peserta juga disuguhi materi tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Kampus di Era Pandemi yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik UNIB Prof. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D. Dan sebelum PKKMB hari pertama ditutup, para mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan BEM KBM UNIB. [Hms1].