4000-an Mahasiswa Baru Mengikuti Pengenalan Kampus

SEBANYAK 4079 Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 mulai mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) yang diselenggarakan Bagian Kemahasiswaan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Mahasiswa tingkat universitas, di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB, Senin (6/8/2018).

PKK tingkat universitas ini berlangsung dua hari, Senin hingga Selasa, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain perkenalan dengan pimpinan universitas, perkenalan dengan organisasi mahasiswa (Ormawa), serta pembekalan oleh para motivator dalam rangka menumbuhkan semangat kepada para mahasiswa baru agar siap menghadapi kehidupan kampus, giat menimba ilmu, mengembangkan kreativitas dan inovasi menuju gerbang kesuksesan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNIB, Dr. Syahrial, M.Phil dalam laporannya menjelaskan, PKK tahun ini diikuti 4079 mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri Wilayah Barat (SMMPTN) serta seleksi jalur vokasi.

Berdasarkan jumlah fakultas, peserta PKK terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 930 orang, Fakultas Hukum (FH) 406 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 510 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) 559 orang, Fakultas Pertanian (FP) 680 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 496 orang, Fakultas Teknik (FT) 445 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 53 orang.

Para mahasiswa baru ini berasal dari berbagai daerah se Provinsi Bengkulu, provinsi di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, bahkan ada yang berasal dari daerah bagian Timur Indonesia yaitu dari Papua yang mengikuti Program Afirmasi. Tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan asal daerah, hari ini para mahasiswa berkumpul bersama dalam satu almamater dengan peralihan status dari pelajar menjadi mahasiswa.

“Selamat datang di Universitas Bengkulu, semoga dengan menimba ilmu di UNIB menjadi pintu gerbang yang menghantarkan Anda menuju kesuksesan. Jadilah mahasiswa yang trampil, kreatif, inovatif serta berkarakter,” ujar Dr. Syahrial.

Pembukaan kegiatan PKK ini dilakukan oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc yang ditandai dengan pemakaian almamater secara simbolis oleh seluruh Dekan selingkung UNIB kepada perwakilan mahasiswa dari delapan fakultas dan serentak diikuti oleh seluruh peserta PKK.

Dalam sambutannya Rektor berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar memanfaatkan momentum ini untuk bersosialisasi antar mahasiswa, mengenal sistem kehidupan kampus, mengenal pimpinan fakultas dan  memahami sistem perkuliahan serta mengetahui organisasi mahasiswa (Ormawa) yang dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan kemampuan organisasi dan kepemimpinan, peningkatan skill dan keterampilan selama menjalani perkualiahan.

Kepada para panitia PKK baik Ormawa lingkup universitas maupun fakultas Rektor menekankan agar masa orientasi mahasiswa baru ini tidak diwarnai dengan aksi perpeloncoan, kekerasan fisik maupun mental kepada adik-adik mahasiswa baru. “Berikan pemahaman dan motivasi agar para mahasiswa baru ini nantinya mampu berprestasi yang dapat mengharumkan almamater kita,” ujar Rektor.

Selain memperkenalkan pimpinan universitas, pimpinan fakultas, Ormawa dan UKM selingkup UNIB, kegiatan PKK juga diisi Kuliah Umum tentang NKRI dan Bela Negara, Bahaya Radikalisme dan Narkoba yang disampaikan oleh KOREM dan POLDA Bengkulu, juga Kuliah Umum Membangun Motivasi dan Karakter Mahasiswa yang disampaikan oleh Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd.

Disela-sela acara, para peserta PKK yang terbagi dalam 17 gugus mempertunjukkan kreatifitas dengan meneriakan yel-yel secara kompak dan melakukan konfigurasi kertas karton warna warni yang membentuk peta Indonesia serta logo dan tulisan UNIB. Kemudian untuk menambah semaraknya acara, para mahasiswa yang tergabung dalam UKM seni dan tari juga ikut menampilkan atraksi dol, dan tari tarian yang disambut antusias oleh ribuan mahasiswa baru.[Hms1/Foto: Ngamarudin]