13.573 siswa bersaing masuk UNIB melalui SNMPTN

SETELAH penutupan pendaftaran SNMPTN 2013 tanggal 8 Maret 2013, tercatat sebanyak 13.573 siswa yang yang menjadi peserta SNMPTN yang memilih UNIB. Peserta seleksi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, SNMPTN ada dua jalur, yaitu ujian tulis dan undangan. SNMPTN tahun ini pada dasarnya adalah jalur undangan, sehingga bila dibandingkan dengan jalur undangan maka terdapat peningkatan yang cukup nyata, yaitu mencapai hampir 5 kali lipatnya.

Peserta seleksi tersebut akan memperebutkan 1.583 kursi yang tersebar di 34 program studi S-1 reguler melalui SNMPTN. Tahun ini total daya tampung UNIB adalah 3.156 yang terbagi ke dalam jalur SNMPTN sebanyak 1.583, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 1.004, dan Seleksi Penerumaan Mahasiswa UNIB (SPMU) 569 peserta.

Berdasarkan asal daerah, peserta SNMPTN yang memilih UNIB berasal dari 24 provinsi dengan pendaftar terbanyak dari Bengkulu, disusul berturut-turut adalah dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, dan Jambi yang jumlah pesertanya di atas 100 orang.

Setelah proses pendaftaran selesai, maka tahap selanjutnya adalah seleksi dan pengumuman hasil pada tanggal 28 Mei 2013. Bagi peserta yang dinyatakan belum diterima di UNIB, masih dapat mengikuti seleksi untuk masuk UNIB melalui SBMPTN dan Seleksi Penerumaan Mahasiswa UNIB (SPMU) yang proses seleksinya dilaksanakan setelah SNMPTN selesai. [hms]