.

ISI Padangpanjang Teken MoU dengan UNIB dan UNIHAZ

REKTOR Institut Seni Indonesia Padangpanjang Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS didampingi Pemabtu Rektor I Dr. Andar Indra Sastra, S.Sn, M.Hum dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Ferry Herdianto, S.Sn, M.Sn beserta staf berkunjung ke UNIB dan menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (9/10/2019) di ruang rapat pimpinan UNIB.

Nota Kesepahaman Kerjasama atau MoU ini dilakukan dan ditandatangani Rektor ISI Padangpanjang dengan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc. Kemudian Rektor ISI Padangpanjang juga menandatangani MoU dengan Universitas Prof. Dr. Hazairin SH (UNIHAZ) Bengkulu yang ditandatangani Rektor UNIHAZ Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si.

Tujuan dari Nota Kesepahaman ini adalah dalam rangka pengembangan kompetensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta membina hubungan kelembagaan antara para pihak untuk saling membantu dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Nota Kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun, dengan ruang lingkup meliputi pertukaran tenaga pengajar, mahasiswa, materi, dan fasilitas perkuliahan serta informasi akademis dengan asas saling melengkapi dan saling menguntungkan serta untuk meningkatkan kualitas masing-masing institusi.

Kemudian meliputi pendidikan dan penelitian ilmu-ilmu sosial dan kekaryaan seni, penyelenggaraan seminar dan pertukaran penerbitan, serta kegiatan-kegiatan lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Pelaksanaan kerjasama secara rinci dalam bidang-bidang tertentu akan disusun dan dituangkan dalam naskah Perjanjian Kerjasama yang disetujui para pihak dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari naskah Nota Kesepahaman ini.

“Kita telah berdiskusi dan membahas kemungkinan-kemungkinan program dan kegiatan yang akan dikerjasamakan sebagai tindaklanjut dan pengaplikasian MoU ini,” ujar Ketua Unit Pelaksana Teknis Kerjasama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) UNIB, Dr. Yansen, usai menyaksikan proses penandatangan MoU.

Kemungkinan program dan kegiatan kerjasama tersebut tambah Dr. Yansen, seperti pihak ISI Padangpanjang sangat tertarik melakukan kolaborasi penelitian tentang Bahasa Daerah yang ada di Bengkulu, kemudian kolaborasi kegiatan KKN mahasiswa, seminar-seminar tentang seni, dan lain sebagainya.

“Nantinya kemungkinan kegiatan kerjasama itu akan dibahas secara khusus dan terfokus antar fakultas, antar bidang atau unit kerja. Setelah kegiatan dan pola kerjasama disepakati, termasuk skema pembiayaannya disetujui masing-masing pihak, barulah kemudian diaplikasikan baik oleh mahasiswa maupun dosen,” papar Dr. Yansen.

Kunjungan Rektor ISI Padangpanjang dan rombongan disambut baik dan penuh rasa kekeluargaan oleh pimpinan UNIB dan pimpinan UNIHAZ. Diskusi dipimpin oleh Wakil Rektor IV UNIB Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum dan dihadiri Rektor UNIHAZ Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si.

Kemudian tampak hadir juga Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D, Wakil Rektor II UNIB Bidang Sumber Daya Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIB Dr.rer.nat. Totok Eka Suharto, MS, Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) UNIB Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc serta Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB Prof. Dr. Drs. Sudarwan Danim, M.Pd.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates