.

FKIP UNIB Gelar Seminar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

HARI libur tak jadi penghalang bagi FKIP UNIB untuk menyediakan wadah pengembangan ilmu pengetahuan bagi sivitas akademikanya. Buktinya, meskipun hari Sabtu merupakan hari libur di kampus UNIB, namun FKIP UNIB sukses menyelenggarakan dua seminar sekaligus, di aula Dekanat FKIP dan Gedung Pendidikan MIPA FKIP, Sabtu (5/10/2019).

Dua kegiatan bernuansa akademik tersebut adalah Seminar Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (SN-MIPA) 2019 yang menghadirkan tiga pemateri, yaitu Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Kom, M.Sc dari Universitas Sriwijaya – Palembang, Guru Besar sekaligus Dekan FKIP UNIB Prof. Sudarwan Danim, M.Pd dan Dosen Peneliti sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNIB Dr. Lutfi Firdaus, MT.

Sementara seminar internasional Mathematics and Science Education International Seminar (Maseis) 2019 menghadirkan tiga pembicara utama (keynote speaker), yaitu Prof. Katsuhiro Nakamura dari Osaka City University – Jepang, Assoc. Prof. Dr. Muhaimin Ismoen dari Universitas Teknologi Brunei – Brunei Darussalam, dan Prof. Dr. Liliasari, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia, serta Prof. Patricia (Trish) Patrick dari Columbus State University (USA).

Kedua kegiatan ini mengangkat tema yang sama yaitu “Penguatan Pendidikan Matematika dan Sains Berwawasan Konservasi dan Kearifan Lokal pada Era Disrupsi.” Pada kesempatan ini Prof. Katsuhiro Nakamura memaparkan materi tentang Fisika Kuantum, Prof. Muhaimin Ismoen memaparkan tentang Ilmu Matematika.

Lalu, Prof. Lilliasari menjelaskan tentang Ilmu Kimia dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Zulkardi menjelaskan tentang pemanfaatan media lokal sebagai sarana pembelajaran, Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd menjelaskan tentang pembelajaran pada era disrupsi, serta Dr. Lutfi Firdaus menjelaskan tentang kiat-kiat mendapatkan dan melaksanakan beasiswa penelitian dan pendidikan luar negeri.

Ketua Panitia Seminar, Dr. M. Sutarno, S.Si, M.Pd menjelaskan, seminar MaSEIS diikuti 135 presenter dan 10 non presenter. SNP-MIPA diikuti 25 pemakalah dan 86 peserta pendengar. Selain seminar utama, kegiatan ini juga menampilkan sesi poster dan pemaparan makalah dalam diskusi paralel.

Berdasarkan 135 abstrak makalah MaSEIS yang diterima panitia, diketahui penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan perguruan tinggi di luar negeri. Setelah makalah dipaparkan, nantinya hasil penelitian tersebut akan ditinjau oleh reviewer independen internal dan eksternal. Makalah terpilih akan diterbitkan diprosiding/jurnal nasional ber-ISBN terindeks Google Scholar untuk SNP-MIPA, dan di prosiding/jurnal internasional terindeks Scopus untuk seminar MaSEIS.

Kegiatan ini dihadiri Dekan FKIP UNIB Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd dan dibuka oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya, Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada FKIP UNIB yang terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan universitas-universitas di luar negeri dalam menyemarakkan kegiatan bernuansa akademik sperti seminar internasional yang dilaksanakan hari ini.

“Terimakasih kepada para pemateri yang telah menyempatkan diri untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada para dosen dan mahasiswa UNIB. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi kita semua, serta meningkatkan kapasitas FKIP UNIB dalam kancah pergaulan internasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Semiar, Sutarno, S.Si, M.Sc menjelaskan, seminar ini dirancang sebagai forum bagi para dosen, peneliti, guru dan mahasiswa untuk berbagi ilmu pengetahuan serta hasil-hasil penelitian.

“Kegiatan ini juga diharapkan sebagai media pengkayaan ilmu pengetahuan khususnya bidang MIPA dan Pendidikan MIPA yang dapat menambah wawasan dan cakrawala berfikir bagi mahasiswa,” ujarnya.[Hms1/Adi].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates