.

FH UNIB Gelar Seminar Nasional Hukum Lingkungan

PULUHAN dosen dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia serta para penggiat aktivis pemerhati lingkungan berkumpul di Universitas Bengkulu guna mengikuti seminar nasional hukum lingkungan yang diselenggarakan Fakultas Hukum UNIB, di ruang rapat utama rektorat UNIB, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan bernuansa akademik yang mengangkat tema “Dimensi Hukum Lingkungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam rangka Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc.

Pembukaan acara ditandai pemukulan dol secara simbolis oleh rektor didampingi narasumber utama (keynote speaker) dan para pemateri seminar, Wakil Rektor IV UNIB Bidang Perencanaan dan Sumber Daya Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum, Dekan FH UNIB Prof. Dr. Herawan Sauni, SH, MS, dan Gubernur Bengkulu yang diwakili Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Ir. Sorjum Ahyan, MT.

Narasumber utama (keynote speaker) pada seminar ini adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diwakili Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Ilyas Assad, MP, MH. Sedangkan pemateri seminar sebanyak tiga orang, yaitu Guru Besar Hukum Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dan Ketua Perkumpulan Pembina Hukum Lingkungan Indonesia Prof. Dr. Ida Nurlinda, SH, MH, kemudian Guru Besar Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum UNIB Prof. Dr. Iskandar, SH, M.Hum, serta Direktur Komunitas Konservasi Indonesia WARSI Ir. Rudi Syaf, M.Si.

Jalannya seminar dipandu oleh moderator Dr. Edra Satmaidi, SH, MH yang merupakan Dosen dan menjabat sebagai Kepala Bagian HAN/HTN Fakultas Hukum UNIB, sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara seminar nasional hukum lingkungan ini.

Dalam laporannya, Dr. Edra Satmaidi menjelaskan, seminar ini diagendakan berlangsung dua hari, hingga 4 Oktober 2019. Tempat penyelenggaraan di tiga tempat yaitu untuk hari pertama di ruang rapat utama rektorat UNIB dan ruang internasional fakultas hukum UNIB. Kemudian hari kedua yang sekaligus penutupan acara dilaksanakan di Hotel Santika Kota Bengkulu.

Pada hari pertama, agenda kegiatan meliputi Paparan Kebijakan Terkait Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam oleh Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA diwakili Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Ir. Sorjum Ahyan dan penyampaian makalah oleh Keynote Speaker Dr. Ir. Ilyas Assad, MP, MH dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta penyampaian materi oleh Prof. Ida Nurlinda, Prof. Iskandar dan Ir. Rudi Syaf.

Pada hari kedua, dilanjutkan Parallel Group Discussion masing-masing chamber di Hotel Santika, Perumusan Hasil Diskusi dan Penutupan di chamber masing-masing. Kemudian, sebelum pulang ke daerah masing-masing, para peserta seminar diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kota Bengkulu baik wisata pantai panjang maupun wisata sejarah seperti Benteng Malrborough dan Rumah Bung Karno.

Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai bentuk apresaisi tersebut, para peserta seminar dan panitia diundang makan malam di rumah dinas gubernur serta disuguhi penampilan kesenian daerah.[Hms1/Vivi/Adrian].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates