.

Dialog Pembangunan Ekonomi Hijau Digelar di Universitas Bengkulu

Ekonomi dan lingkungan merupakan dua hal yang sejalan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Berbagai macam kegiatan ekonomi acap kali menimbulkan efek buruk terhadap lingkungan, seperti polusi, kemiskinan, pengangguran, dan perusakan ekosistem. The Right Kind of Growth adalah cara yang dianggap ampuh untuh memenuhi pertumbuhan  ekonomi serta memelihara lingkungan.

Akar Foundation merupakan organisasi NGOs yang aktif dalam pengurangan persentase kemiskinan, inklusi sosial, kelestarian, dan pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan masalah yang dihadapi, pada Selasa, 23 Oktober 2019 Akar Foundation menggelar dialog publik bertajuk Pembangunan Wawasan Lingkungan Hidup (Green Economy) untuk Pembangunan Bengkulu yang Berkelanjutan . Dialog publik yan dilakukan di Ruang Rapat III Rektorat Universitas Bengkulu ini dihadiri pula oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi, S.E., M.BA., Ph.D, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Ardilafiza, S.H., M.Hum.

Melalui dialog ini, diharapkan pembangunan ekonomi hijau dapat diaplikasikan dalam berbagai kegiatan pembangunan di Provinsi Bengkulu, serta memberikan insight dan perspektif tentang pembangunan ekonomi hijau. Tim Akar juga memaparkan 7 prinsip pembangunan ekonomi hijau yang dapat diterapkan di Provinsi Bengkulu, yaitu ;

  1. Keseimbangan dan Keadilan Teknologi;
  2. Ekuitas dan Keadilan Ekonomi;
  3. Kedaulatan Pangan, Air, dan Energi;
  4. Percepatan Pencapaian Keberlanjutan Ekonomi Sosial, Budaya, Lingkungan, dan Mitigasi Bencana;
  5. Kerja Sama Internasional;
  6. Pelestarian Kekayaan Alam, dan;
  7. Kesetaraan Gender. (Adi)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates