.

Deputi Gubernur BI Kuliah Umum di UNIB

DEPUTI Gubernur Bank Indonesia, Dr. Sugeng, berkunjung ke UNIB dan memberikan kuliah umum tentang peran dan fungsi Bank Indonesia kepada ratusan mahasiswa di ruang rapat utama rektorat UNIB, Jumat siang (11/10/2019).

Kehadiran Dr. Sugeng disambut antusias oleh segenap sivitas akademik UNIB. Selain rektor, sejumlah pimpinan UNIB lainnya juga tampak hadir dan mengikuti kuliah umum ini, antara lain Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum, Kepala Biro USD Ir. Akhmad Nezar, Kepala Biro PPK Dra. Proklampiati, MM, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Fahrudin JS Pareke, SE, M.Si, serta para dosen dan ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas.

“Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Sugeng. Semoga kehadiran Bapak dapat memberikan berkah sekaligus menjadi momentum kemajuan UNIB ke depan. Kemudian, melalui kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengkayaan ilmu kepada mahasiswa khususnya tentang peran dan fungsi Bank Indonesia dalam menjaga kestabilan dan memajukan perekonomian Bangsa Indonesia,” ujar Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc ketika membuka acara sekaligus menjadi moderator kuliah umum.

Pada kegiatan kunjungan ke UNIB ini, Dr. Sugeng didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang baru Joni Marsius dan Kepala Perwakilan yang lama Endang Kurnia Saputra, serta unsur pimpinan BI lainnya.

Rektor UNIB mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas di Bengkulu kepada Joni Marsius dan selamat menjalankan tugas baru juga kepada Endang Kurnia Saputra yang dipromosi sebagai Kepala Group Advisori dan Pengembangan Ekonomi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami perlu sampaikan kepada Bapak Deputi Gubernur bahwa antara UNIB dan BI Perwakilan Bengkulu selama ini telah menjalan kerjasama yang berlangsung sangat baik. Banyak program kolaborasi yang dilakukan seperti membangun tempat pengolahan sampah di UNIB, menyediakan BI Corner, membentuk desa binaan untuk pengembangan UMKM, pemberian beasiswa dan membentuk kelompok mahasiswa GenBI, dan lain sebagainya. Semoga ke depan, kerjasama-kerjasama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lebih baik lagi,” papar Rektor.

Sementara itu, dalam kuliah umum yang berdurasi sekitar 2 jam, Dr. Sugeng memaparkan tentang tugas, tanggungjawab, dan wewenang BI sebagaimana diamanatkan dalam UU Bank Indonesia No. 23 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 6 Tahun 2009, yaitu sebagai otoritas moneter, pengawasan makroprudensial, dan mengatur serta menjaga sistem pembayaran.

Kemudian alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pernah menjabat sebagai Adviser Executive Director IMF di Washington D.C, USA dan pernah juga menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia New York, juga memaparkan tentang  pentingnya menjaga inflasi yang rendah dan stabil serta kebijakan dilakukan BI dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Kemudian terkait dengan sistem pembayaran, Dr. Sugeng juga menjelaskan bahwa saat ini BI telah meluncurkan suatu produk yang relevan dengan zaman milenial dan kecanggihan teknologi. Produk tersebut bernama QRIS (QR Code Indonesia Standard) yang mengusung slogan UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, dan Langsung) untuk Menuju Indonesia  Maju. “Produk baru bernama QRIS sudah kita luncurkan dan segera disosialisasikan ke berbagai lapisan masyarakat,” ucapnya.

Melihat antusiasme mahasiswa cukup tinggi terhadap kegiatan kuliah umum ini, Dr. Sugeng mengaku sangat senang dan bangga. Dia pun memberikan 7 kunci sukses kepada para mahasiswa, sekaligus sebagai kiat membentuk pribadi yang dapat dipercaya.

Ketujuh kunci sukses tersebut, yaitu pertama Bersyukur dan Bekerja dengan Sungguh-sungguh. Kedua, Iklas, ketiga Disiplin dan Terus Belajar, keempat Berjiwa Religi (Wara’, Santun, dll), kelima Bertanggungjawab, keenam Life Balance, dan ketujuh Istiqomah. “Bila mampu melaksanakan 7 kunci ini, Anda akan menjadi sukses dan pribadi yang dapat dipercaya,” tukas Dr. Sugeng.

Usai memaparkan materi kuliah umum, Dr. Sugeng memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa dan langsung memberikan hadiah bingkisan kepada yang mampu menjawabnya. Kesempatan ini disambut antusias oleh mahasiswa, terbukti banyak yang angkat tangan untuk menjawabnya dan menjadikan kuliah umum ini berlangsung meriah.

Acara ini diakhiri dengan saling bertukar cindera mata berupa plakat institusi antara Deputi Gubernur BI dengan Rektor UNIB. Kemudian, sesi foto bersama antara pimpinan BI dan pimpinan UNIB serta mahasiswa.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates