.

Kuliah Umum Ekowisata Bahari, Prodi Kelautan UNIB Undang Dosen IPB

PROGRAM Studi S1 Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian UNIB menggelar kuliah umum Ekowisata Bahari dengan mengundang Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga seorang penulis buku, Dr. Ir. Fredinan Yulianda, M.Sc, Selasa siang (17/9/2019), di ruang rapat utama rektorat UNIB.

Kegiatan bernuansa akademik yang dihadiri puluhan dosen dan ratusan mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan UNIB ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II UNIB Bidang Sumber Daya, Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc. Kemudian, dipandu oleh salah satu Dosen Prodi Kelautan UNIB, Dr. Yar Johan, S.Pi, M.Si, sebagai moderator.

Sebelum memberikan kuliah umum, Dr. Fredinan melakukan audiensi dengan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc di ruang kerjanya. Rektor menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada Dr. Fredinan yang telah menyempatkan diri untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada mahasiswa UNIB.

“Terimakasih atas kehadiran Pak Fredinan, semoga kuliah umum ini memberikan kemanfaatan bagi kita semua serta meningkatkan atmosfer akademik di UNIB khususnya Prodi Ilmu Kelautan,” ujar Rektor yang didampingi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr. Ardilafiza.

Panitia Penyelenggara Kuliah Umum yang juga Dosen Program Studi Ilmu Kelautan UNIB, Ir. Dede Hartono, MT dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kuliah umum ataupun seminar sudah menjadi agenda tahunan Prodi Ilmu Kelautan dalam upaya memberikan pengkayaan pengetahuan kepada para mahasiswa.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan sehingga perkuliahan tidak monoton dan membosankan. Kemudian dengan kegiatan ini, dosen dan mahasiswa bisa mengetahui perkembangan terbaru berbagai aspek tentang ilmu kelautan khususnya menyangkut ekowisata bahari,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor II UNIB Bidang Sumber Daya, Dr. Sigit Sudjatmiko mengatakan, tema yang dibahas pada kuliah umum ini sangat menarik, mengingat di Provinsi Bengkulu terdapat laut yang luas dan memiliki bibir pantai cukup panjang, sekitar 500 kilometer, mulai dari Mukomuko perbatasan Sumatera Barat sampai Kaur perbatasan Lampung.

“Kemudian, tema  ini  sangat relevan dengan visi UNIB untuk menjadi world class university (WCU) dengan kekhasan konservasi hutan tropis dan pesisir pantai. Oleh sebab itu, menurut Saya kuliah umum ini sangat menarik, penting dan cukup strategis,” ujar Dr. Sigit Sudjatmiko.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para mahasiswa. Selain memberikan kuliah umum, Dr. Fredinan juga melakukan bedah buku berjudul “Ekowisata Perairan” dan “Kawasan Konservasi Laut” yang ditulisnya.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates