.

Gubernur Apresiasi NEON Fakultas Teknik 2019

GUBERNUR Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA memberikan apresiasi kepada mahasiswa Fakultas Teknik UNIB yang telah menyelenggarakan kompetisi karya tulis ilmiah berskala nasional.

Kompetisi ini bernama NEON (National Ercom Competition) yang diresmikan penyelenggaranya oleh gubernur pada Jumat pagi (13/9/2019), di ruang rapat utama rektorat UNIB.

Peresmian NEON ditandai pemukulan dol secara bersama-sama oleh gubernur dan rektor, wakil rektor bidang akademik, dekan Fakutas Teknik, serta ketua panitia.

ERCOM sendiri merupakan singkatan dari Engineering Research Community, suatu perhimpunan mahasiswa (Hima) yang menjadi wadah mengasah kreativitas dan inovasi mahasiswa.

NEON kali ini merupakan penyelenggaraan kedua, diikuti ratusan peserta yang berasal dari sejumlah universitas se Indonesia. Namun pada hari puncak NEON ini, panitia hanya mengundang 15 peserta yang lolos sebagai grandfinalis untuk melakukan presentasi.

Ke 15 grand finalis tersebut berasal dari fakultas teknik 10 universitas, yakni ITS Jatim, UNS Surakarta, UNDIP Semarang, UPI Bandung, UI Depok Jakarta, UNP Sumatera Barat, Universitas Lalang Buana Sumatera Barat, Untan Pontianak Kalimantan Barat, UNES Semarang, dan UMI Makasar.

Tema utama lomba karya tulis ilmiah nasional (LKTN) NEON 2019 ini adalah “Inovasi Generasi Milenial dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045.” Sub tema, Teknologi dan Kecerdasan Buatan, Pariwisata, Pendidikan, Pertanian dan Pangan, Ekonomi Masyarakat, Industri, Kesehatan, Sains dan Teknologi, Sosial dan Budaya, Energi Terbarukan, Teknologi Nano.

“Saya sungguh mengapresiasi kegiatan ini. Bagus sekali, sebagai wadah saling silahturahmi antar mahasiswa dari berbagai universitas, saling bertukar informasi dan ilmu pengetahuan, serta wadah ini juga bisa memperkenalkan Bengkulu kepada masyarakat luas melalui kehadiran para grand finalis kompetisi NEON ini,” ujar gubernur.

Kepada para mahasiswa Dr. Rohidin berpesan agar selalu meningkatkan kompetensi, mengasah keterampilan dan selalu berinovasi. Gubernur mengingatkan, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, kemampuan akademik saja tidak cukup tanpa dibarengi keterampilan lainnya.

“Oleh sebab itu, asah terus keterampilan, soft skill Anda, selain harus mengejar nilai akademik yang tinggi. Dan yang terpenting, Anda juga harus memiliki budi pekerti, karakter mulia, sehingga menjadi generasi berdaya saing tinggi yang tidak mudah goyah dengan pengaruh negatif perkembangan zaman,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada universitas yang telah berpartisipasi dan mengirimkan delegasi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi NEON ini.

“Selain ajang mengukir prestasi di bidang sains, jadikan kegiatan ini sebagai wadah bersilahturahmi dan meningkatkan pergaulan antar mahasiswa lintas universitas,” ujar Dr. Ridwan Nurazi, seraya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah hadir dan menyempatkan diri memberikan pengarahan kepada para mahasiswa.

Tampak hadir pula pada acara ini antara lain Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, S.Sos, M.Kes, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bengkulu, Ir. H. Fachriza, MM, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan, SH, MM, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, SE, MM.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates