.

10 Produk Unggulan UNIB Dipamerkan pada GTTG XII di Sport Center, Pantai Panjang, Bengkulu

Dalam ajang tahunan bergengsi, Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) XII kali ini, Universitas Bengkulu memamerkan sepuluh produk unggulannya, yaitu teknik stek cabai, varietas cabai UNIB C GTS1 yang tahan ultisol asam dan penyakit, emulgel anti nyamuk, pot serat limbah sawit, alat pengukuran kelembaban tanah dan gabah, alat pendeteksi kerusakan ginjal dengan pindai wajah, alat pendeteksi banjir dengan android, hidroponik berbasis android kontrol, mesin pengolah dan pencetak plastik serta alat penarik cumi dan lobster.

Cabai varietas UNIB C GTS1, Alat Tangkap Cumi dan                        Lobster, Alat Pengukur Kelembaban Tanah

 

Alat Pendeteksi Gangguan Ginjal, Alat Pendeteksi Banjir &                                     Hidroponik Berbasis Android

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIB, Dr. rer.nat. Totok Eka Suharto, M.S. menyatakan bahwa inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang ditampilkan ini merupakan hasil riset dari para dosen dan mahasiswa. “Beberapa produk telah dipatenkan, sedangkan lainnya masih dalam proses persiapan hak paten” ujar beliau. Secara terpisah, Ir. Basuki Sigit Priyono, M.Sc. selaku Sekretaris LPPM (Bidang Pengabdian kepada Masyarakat) UNIB menyampaikan bahwa produk TTG ini telah siap untuk ditransfer ke masyarakat luas. “Silakan berkunjung ke Booth UNIB, kami tentu akan melayani dan memberi informasi yang diperlukan, dan kami juga siap untuk bermitra” ajaknya.

Pergelaran TTG ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 21 – 25 September 2019 di Sport Center, Pantai Panjang, Bengkulu dan dibuka dari pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB.  Kegiatan ini diramaikan oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia untuk memamerkan produk unggulan mereka masing-masing. Agustin Zarkani, Ph.D selaku koordinator yang menggawangi tim TTG UNIB mengajak seluruh sivitas akademika dan juga masyarakat umum untuk mengunjungi Booth UNIB yang terletak di depan pintu masuk utama bagian tengah. Beliau menegaskan bahwa “UNIB memang mengambil posisi strategis di Booth nomor 91 untuk memudahkan masyarakat menjangkau akses informasi seputar UNIB dan telah mempersiapkan para mahasiswa terlatih untuk memberikan informasi dan layanan terbaik”

Hari ini, Minggu, 22 September 2019, Rektor Universitas Bengkulu, Ridwan Nurazi didampingi pimpinan selingkung UNIB mengunjungi Booth UNIB untuk memberikan apresiasi dan dukungannya atas keikutsertaan UNIB dalam pergelaran akbar ini, tak lupa ia mencoba peralatan display yang tersedia di booth tersebut. Haru dan bangga sekaligus gembira tersirat pada wajah beliau atas prestasi dan keberhasilan yang dicapai dosen dan mahasiswa UNIB. Ia berharap agar teknologi yang telah dikembangkan di Universitas Bengkulu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan akan ada teknologi-teknologi lainnya yang muncul di UNIB untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat modern. (Hm2.)

 

 

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates