.

Wisuda Periode Ke-88, UNIB Tambah 1.690 Lulusan

ACARA wisuda periode ke-88 Universitas Bengkulu dilaksanakan dua hari, Senin dan Selasa, tanggal 26 dan 27 Agustus 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB. Pada wisuda periode ini, UNIB meluluskan 1.690 wisudawan dari delapan fakultas dan enam jenjang pendidikan yaitu Pascasarjana S3, Pascasarjana S2, Profesi, Sarjana (S1) Reguler, Sarjana (S1) Non Reguler, dan jenjang Vokasi/Diploma.

Pada hari pertama, Senin, 26 Agustus 2019, UNIB mewisuda 1067 wisudawan dari empat fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 547 wisudawan, Fakultas Hukum 102 wisudawan, Fakultas Pertanian 228 wisudawan, dan FAkultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 190 wisudawan.

Kemudian pada hari kedua, Selasa, 27 Agustus 2019, jumlah wisudawan sebanyak 623 orang dari empat fakultas lainnya yaitu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 230 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 267 wisudawan, Fakultas Teknik 95 wisudawan, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak 31 wisudawan.

Acara wisuda dibuka dan dipimpin langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, dihadiri ketua dan para anggota senat universitas, para guru besar, tamu undangan dari unsur perbankan dan instansi lainnya, serta disaksikan ribuan orang tua dan keluarga wisudawan yang memadati gedung GSG UNIB.

Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, M.BA melaporkan, berdasarkan jenjang pendidikan, pada wisuda periode ke-88 ini UNIB meluluskan 1 orang Doktor (Pascasarjana S3), 184 orang Magister (Pascasarjana S2), 4 Profesi, 1.289 orang Sarjana (S1) program reguler dan non reguler, serta 212 Diploma (vokasi).

Dengan wisuda ini, maka hingga Agustus 2019, jumlah keseluruhan lulusan UNIB sebanyak 56.281 wisudawan, yang terdiri dari 21 Doktor (S3), 7.534 Magister (S2), 38.341 Sarjana (S1), 155 Profesi, dan 10.230 Ahlimadya (Diploma/D3).

“Selamat kepada para wisudawan, jaga nama baik almamater dan semoga ilmu serta gelar yang didapat melalui pendidikan di UNIB dapat berguna bagi kehidupan dan menjadi bekal bagi Anda dalam menggapai cita-cita dan kesuksesan,” ujar Prof. Lizar Alfansi.

Prosesi wisuda dan pelantikan ditandai dengan pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan secara simbolis dilakukan oleh rektor terhadap perwakilan wisudawan dan diikuti secara serentak oleh seluruh wisudawan.

Selain mewisuda 1.690 wisudawan, pada kesempatan ini rektor menerima dosen kembali dari pendidikan, setelah menyelesaikan pendidikan jenjang Doktor (S3). Mereka adalah Dr. Arif Ismul Hadi, S.Si, M.Si, dosen FMIPA UNIB yang telah menyelesaikan S3 Spesialisasi Geofisika (Landslide) dari UGM, Yogyakarta dan Dr. Jarulis, S.Si, M.Si, dosen FMIPA UNIB yang telah menyelesaikan S3 spesialisasi Biologi Molekuler dari IPB, Bogor.

Usai menerima dosen kembali, Rektor UNIB memberikan penghargaan dan ucapan selamat kepada para wisudawan yang lulus terbaik dengan predikat pujian pada wisuda periode ke-88 tahun 2019.

Pada acara wisuda hari pertama, untuk jenjang S1, yang lulus terbaik dengan predikat pujian, yaitu ; Amini dari Prodi S1 Pendidikan Biologi FKIP, dengan IPK 3.96, anak dari pasangan Akil Lefron/Kasmaneli; Anastasia Lioni Wijaya dari Prodi S1 Hukum FH, dengan IPK 3.92, anak dari pasangan Musa Wijaya/Rosdiana Uspari;

Berikutnya; Saurmaida Sinurat dari Prodi S1 Peternakan FP, dengan IPK 3.66, anak dari Alusdin Sinurat/Maria Sinaga; Serly Fitriah dari Prodi S1 Agribisnis FP, dengan IPK 3.66, anak dari pasangan Efsan Marzon/Desna Hartati; dan Hotmauli Silitonga dari Prodi S1 Kimia FMIPA, dengan IPK 3.58, anak dari Esron Silitonga/Romian Simamora.

Untuk jejang S2, wisudawan lulus terbaik dengan predikat pujian, yaitu; Avidlyandi dari Prodi S2 Kimia FMIPA, dengan IPK 3.97, anak dari pasangan Mahalian/Nur Aisyah; Dedi Jasrial dari Prodi S2 Pend. Bahasa Inggris FKIP, dengan IPK 3.96, anak dari M. Jalal/Yusnimar; Ana Marleni dari S2 Teknologi Pendidikan FKIP, dengan IPK 3.96, anak dari Miftahuddin/Ismaniah; Fina Sulistiya Ningsih dari Prodi S2 Agribisnis FP, dengan IPK 3.96, anak dari Suwartono/Tasiyem; Miftahuljanah dari Prodi S2 Agribisnis FP, dengan IPK 3.96, anak dari Sobandi/Rokayah, dan Andrey Pramudia dari Prodi S2 Hukum FH, dengan IPK 3.81, anak dari Rapani/Laila Sandra.

Kemudian untuk jenjang D3, wisudawan lulus terbaik dengan predikat pujian, yaitu; Jenny Dwi Pratiwi Ramdhan dari D3 Bahasa Inggris FKIP, dengan IPK 3.79, anak dari pasangan Moch. Ramdhan/Mardalena Indrawati; dan Fitri Anisa Mardatillah dari D3 Lab. Sains FMIPA, dengan IPK 3.79, anak dari Herman/Azimarni.

Pada wisuda hari kedua, untuk jenjang S1, yang lulus terbaik dengan predikat pujian, yaitu ; Novriansyah dari Prodi S1 Teknik Elektro FT, dengan IPK 3.95, anak dari Ahmadi, B.A (Alm)/Dislin Misni; Wahyu Wulandari dari S1 Administrasi Publik FISIP, dengan IPK 3.92, anak dari Yasid Bustomi/Sismawati; dan Ricka Ade Putri dari S1 Manajemen FEB, dengan IPK 3.89, anak dari pasangan Suhar/Roswati.

Untuk jenjang S2 yang lulus terbaik dengan predikat pujian, yaitu Era Retnoningsih dari Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP, dengan IPK 3.78, anak dari Soetjipto/Sri Iswati. Dan untuk jenjang D3, yaitu Bunga Bailliyanda dari Prodi D3 Akuntansi FEB, dengan IPK 3.95, anak dari pasangan Bambang Hermanto/Ilham Martini, serta Debora Sartika dari D3 Jurnalistik FISIP, dengan IPK 3.93, anak dari pasangan Tf. Hutahaeyan/L. Manurung.

Selain memberikan penghargaan pada wisudawan lulus terbaik dengan pujian, rektor juga mengumumkan wisudawan termuda, yaitu Murni Yanti dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP, dengan IPK 3,48, anak dari pasangan Samsudin/Nuril Aisyah. Dia lahir di Durian Demang,  28 Nopember 1998 dan saat ini usianya 20 tahun, 9 bulan.

Pada wisuda periode ke-88 ini, di hadapan para anggota senat, para tamu, para wisudawan dan ribuan orang tua wisudawan, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Ak, CA, menyampaikan pidato dengan judul “Pahlawan Milenial untuk Memperkokoh Kebhinekaan (SDM Unggul, Indonesia Maju).”

Berbeda dengan wisuda periode sebelumnya, pada wisuda periode ke-88 ini, acara dimeriahkan oleh penampilan solo song seorang wisudawan dari Prodi Bahasa Inggris FKIP, Tomy Dananjaya. Dia adalah duta dangdut Bengkulu yang pernah berkompetisi pada ajang LIDA (Liga Dangdut Indonesia) Indosiar tahun 2018 lalu.

Dengan penuh penghayatan, disaksikan ribuan pasang mata, Tomy bernyanyi “Persembahan untuk Ibu” seraya menghampiri dan memberikan bunga untuk ibu nya yang duduk di kursi tamu. Lalu, seraya merangkul Ibunya yang berderai air mata, pemuda asal Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengklulu Utara itu berjalan menuju panggung utama dan bersalaman rektor dan pimpinan UNIB lainnya.

Tak hanya itu, acara wisuda kali juga diwarnai pembacaan puisi oleh Ketua Senat Universitas Bengkulu Ir. Nusril, MS, dan beberapa lagu persembahan Paduan Suara “Gema Rafflesia” UNIB.

Kemudian, pada hari kedua wisuda, acara ini semakin spesial karena dihadiri langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA yang menyempatkan diri menyampaikan pidato dan memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan UNIB.[Hms1].

Foto-Foto Lainnya :

Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA berfoto bersama dengan Rektor dan para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua dan Anggota Senat Universitas, serta para Guru Besar UNIB

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi dan Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah memasuki Gedung Serba Guna (GSG) UNIB dalam acara Wisuda Periode Ke-88 Tahun 2019.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi melaporkan jumlah wisudawan dan Foto Rektor UNIB sedang berpidato di hadapan ribuan wisudawan dan tamu undangan.

Prosesi Pelantikan dan Pemindahan Kuncir Toga dari kiri ke kanan secara simbolis serta pemberian ucapan selamat kepada para wisudawan.

Pembacaan Janji Wisudawan dan Sambutan Wakil Wisudawan

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates