.

UPT Bahasa Sukses Menyelenggarakan Test TOEFL Mahasiswa Baru

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan Test TOEFL mahasiswa baru tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung dua hari, Kamis dan Jumat, tanggal 8 – 9 Agustus 2019, di gedung UPT Bahasa dan Gedung i.

Kepala UPT Bahasa UNIB, Indah Damayanti, S.S, M.RS didampingi Kasubbag Tata Usaha, Surahman, SE, ketika ditemui Humas UNIB menjelaskan, Test TOEFL ini diikuti 4000-an mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Untuk mahasiswa baru jalur Mandiri (SMMPTN-Barat) ada beberapa mahasiswa saja yang ikut, tidak seluruhnya. Ini dikarenakan jadwal-nya yang berbarengan dengan masa orientasi atau Perkenalan Kehidupan Kampus (PKK),” ujarnya.

Pelaksanaan Test TOEFL ini kata Indah, berlangsung dua hari dan setiap hari dibagi empat sesi. Ruangan yang digunakan, selain beberapa ruangan di gedung UPT Bahasa, juga menggunakan sejumlah ruangan di gedung i.

Materi test mencakup grammar structure dan reading comprehension, menggunakan sistem Paper Based Testing (PBT) yaitu tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujinya, dengan skor penilaian kisaran 350 sampai 550 ke atas.

Test TOEFL diwajibkan bagi seluruh mahasiswa UNIB, dilaksanakan dua kali yaitu pada awal masuk dan menjelang tamat (wisuda). Tujuannya, untuk mengetahui baseline Bahasa Inggris para mahasiswa dan lulusan UNIB, yang mana informasi tersebut digunakan sebagai umpan balik (feedback) bagi penyelenggaraan pengajaran Bahasa Inggris dan bahan perencanaan bagi peningkatan mutu lulusan UNIB di masa mendatang.

Bagi mahasiswa itu sendiri, nilai test TOEFL sangat penting ketika sudah tamat kuliah untuk memudahkan melamar pekerjaan. Sebab saat ini sudah banyak perusahaan yang memasang standar kemampuan Bahasa Inggris calon karyawan dengan melihat nilai TOEFL.

Ke depan UPT Bahasa UNIB terus melakukan pembenahan agar mahasiswa baru yang diterima melalui tiga jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN dan SMMPT-Barat) seluruhnya dapat mengikuti Test TOEFL yang sudah terjadwal di Kalender Akademik.

Meskipun peserta Test TOEFL ini cukup banyak, mencapai 4000-an lebih, namun pelaksanaan tes berjalan tertib dan lancar tanpa kendala berarti. “Selama dua hari ini kita melaksanakan tes dari pagi hingga sore. Walaupun pesertanya cukup banyak, semuanya berjalan tertib dan lancar,” tambah Kasubbag TU UPT Bahasa UNIB, Surahman.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates