.

Tingkatkan Kerjasama, Rektor UNIB Diundang ke UMK Malaysia

TANGGAL 7 Agustus 2019, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi Kepala UPT Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB, Dr. Yansen, diundang secara khusus oleh Universiti Malaysia Kelantan – Malaysia, dalam rangka peningkatan kerjasama internasional untuk peningkatan kapasitas institusi.

Pada pertemuan ini, pihak UMK Malaysia dipimpin langsung oleh Vice Chancellor Prof. Noor Azizi. Sebagai tindak lanjut kerjasama yang sudah berjalan baik selama ini, pihak UMK menyiapkan matching fund untuk pelaksaaan penelitian bersama.

Pihak UMK Malaysia pada pertemuan ini juga mengundang 8 universitas lain dari Indonesia. Kemudian, UMK Malaysia meminta Rektor UNIB dapat berbagai pengalaman kepada 8 universitas tersebut terkait pelaksanaan realisasi kerjasama yang telah berjalan baik antara UNIB-UMK selama ini.

Di sela-sela pertemuan, Rektor UNIB berkesempatan bertemu dengan 8 orang mahasiswa UNIB yang sedang melaksanakan Program Mobility – International Community Service di UMK. Program yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan mahasiswa mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut.

Apa saja bentuk kerjasama UNIB dan UMK Malaysia ? Beberapa highlight pelaksanaan kerjasama UNIB – UMK selama 2018 – 2019 antara lain : Aktivitas Utama mencakup networks (jejaring), student exchange, staff exchange, dan kolaborasi riset.

Terkait networks, UNIB dan UMK sama-sama aktif di Regional Network on Poverty Eradication (RENPER) dan ASEAN Learning Network (ALN).

RENPER adalah jejaring yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia pada Oktober 2010 bersamaan dengan UNESCO World Decades of Poverty Eradication. Jejaring ini ini bertujuan untuk membuat strategi, menggerakan dan mensinergikan ide-ide dan usaha-usaha oleh akademisi, baik secara individu maupun institusi, dalam pemberantasan kemiskinan di Asia. Rektor UNIB, Dr. Ridwan Nurazi, saat ini adalah President of RENPER ASIA.

Bentuk kerjasama UNIB dan UMK juga mencakup students exchange/mobility program. Kegiatan ini terus berlangsung, dimana UNIB rutin mengirimkan mahasiswa ke UMK untuk exchange program, terutama KKN Internasional dan Short-term study. Sebaliknya, mahasiswa UMK juga datang ke UNIB untuk program pendek.

Pada tahun 2019 ini saja, ada 8 mahasiswa UNIB melaksanakan KKN Internasional, 6 mahasiswa mengikuti boot-camp in entrepreneurship di UMK dan Prince of Songkla University (PSU), dan 4 mahasiswa UNIB mengikuti SEED (Social Enterprise for Economic Development) di UMK.

Kerjasama lainnya dilakukan dalam bentuk kunjungan staff, dosen UMK mengunjungi dan memberikan kuliah umum di UNIB dalam banyak kesemapatan. Dosen UNIB juga melaksanakan kunjungan dan kegiatan mengajar di UMK.

Kolaborasi riset juga dilakukan antara UNIB dan UMK. Pada tahun 2019, UNIB dan UMK menandatangani MoA for research collaboration (antara Dr. Yohan Kurniawan dari UMK dan Dr. Titiek Kartika dari UNIB).

Ketua UPT KSLI UNIB, Dr. Yansen mengatakan, UNIB mengucapkan terimakasih kepada UMK yang telah bekerjasama secara baik selama ini. Begitupun pihak UMK, mereka sangat senang dan bangga dapat bekerjasama dalam berbagai kegiatan dengan UNIB.[Hms1/KSLI].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates