.

Rektor Buka PKK-Maba Tahun 2019

REKTOR Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-Maba) tahun 2019, di stadion UNIB, Senin (12/8/2019). Kegiatan ini berlangsung meriah dan disambut antusias oleh seluruh peserta.

PKK-Maba merupakan “gerbang” utama masuknya mahasiswa baru UNIB setelah mereka dinyatakan lulus seleksi dan melakukan proses registrasi. Melalui kegiatan ini, para mahasiswa baru diperkenalkan tentang berbagai aspek menyangkut UNIB secara kelembagaan, kepemimpinan dan manajemen, maupun aspek akademik, sarana prasarana dan fasilitas yang disediakan untuk mendukung perkuliahan.

Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial, M.Phil yang sekaligus Ketua Penyelenggara PKK-Maba 2019 menjelaskan, peserta PKK-Maba saat ini sebanyak 4.222 mahasiswa. Mereka dibagi dalam 20 gugus (kelompok), dimana tiap gugus terdiri dari mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN-Barat, Vokasi, Afirmasi, dan Jalur Prestasi Non Akademik.

Kegiatan PKK-Maba ini terselenggara atas kerjasama Bagian Kemahasiswaan UNIB dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar UNIB (BEM KBM UNIB) dan dilaksanakan selama 4 hari, terbagi 2 hari (12-13 Agutus) PKK tingkat universitas dan 2 hari (14-15 Agustus) di tingkat fakultas.

“Kami ucapakan kepada seluruh pengurus BEM yang telah berkontribusi mensukseskan kegiatan ini. Kepada para mahasiswa baru, kami mengucapkan Selamat Datang di Universitas Bengkulu,” ujar Dr. Syahrial seraya menghimbau seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 di lapangan upacara gedung rektorat.

Pembukaan PKK-Maba oleh Rektor ditandai dengan pelepasan balon udara. Kemudian Rektor dan para dekan selingkung UNIB juga mengenakan jas almamater dan topi secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas.

Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru UNIB dan berharap agar para mahasiswa baru ini nanti dapat belajar dan menuntut ilmu dengan baik serta banyak yang menorehkan prestasi dan mengharumkan nama UNIB di event-event bertaraf nasional dan internasional.

Rektor juga berpesan agar seluruh mahasiswa baru dapat mengikuti PKK ini dengan enjoy, riang gembira dan penuh semangat sebagai langkah awal memulai perkuliahan di UNIB. Dengan mengikuti kegiatan ini, selain dapat saling kenal satu sama lain, para mahasiswa juga dapat mengetahui berbagai aspek tentang UNIB baik infrastruktur, manajemen, dan ketentuan-ketentuan akademik lainnya.

“Ikuti dan laksanakan PKK ini dengan riang gembira dan jadikan wadah menambah pergaulan. Jangan ada perasaan tertekan karena kegiatan ini bukan ajang perpeloncoan. Ini kita tekankan betul kepada panitia dan mahasiswa senior, dalam kegiatan PKK ini tidak boleh ada perpeloncoan,” tegas Rektor.

Turut hadir pada acara pembukaan PKK-Maba ini antara lain Ketua Senat Universitas Bengkulu Ir. Nusril, M.Sc, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Dr. Sigit Sudjatmiko, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, Kepala Biro USD Ir. Ahmad Nezar, Kepala Biro PPK Dra. Proklampiati, para dekan dan wakil dekan, serta ketua-ketua unit kerja selingkung UNIB lainnya.

Selain pelepasan balon udara oleh Rektor, kemeriahan acara pembukaan PKK-Maba ini juga tidak terlepas dari suksesnya penampilan Marching Band UNIB yang menyajikan sejumlah atraksi lantunan lagu, dan kekompakan ribuan mahasiswa peserta PKK-Maba dipandu BEM KBM UNIB yang menampilkan paper mob dengan membentuk formasi logo HUT RI ke-74, Garuda Muda Rafflesia dan Logo UNIB beserta synopsis Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi.

Usai acara pembukaan di stadion UNIB, para peserta PKK-Maba berkumpul memadati Gedung Serba Guna (GSG) UNIB yang berjarak kurang lebih 200 meter dari stadion. Di GSG ini, para mahasiswa baru disuguhi berbagai materi tentang pengenalan kampus dan pemahaman kebangsaan yang disampaikai sejumlah narasumber baik dari internal UNIB maupun dan luar.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates