.

Maba UNIB Dibekali Wawasan NKRI, Anti Radikalisme dan Anti Narkoba

SEBANYAK 4.222 Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu mulai mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB, Senin (12/8/2019). Selain memberikan gambaran tentang kampus UNIB, pada kegiatan ini mahasiswa baru juga dibekali wawasan kebangsaan NKRI, sosialisasi anti paham radikalimse dan anti narkoba yang disampaikan para narasumber berkompeten.

Acara sosialisasi yang disemarakkan dengan berbagai yel-yel dari masing-masing gugus mahasiswa baru ini diawali dengan pemaparan oleh Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil.

Pada kesempatan ini, Dr. Syahrial memaparkan tentang berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dapat menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengukir prestasi baik skala regional, nasional maupun internasonal. Kemudian, Dia juga menjelaskan tentang berbagai macam beasiswa yang ada di UNIB dan cara-cara untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

“Mulai sekarang tanamkan tekad, asah keterampilan untuk dapat mengikuti berbagai ajang perlombaan di bidang kemahasiswaan. UNIB menyediakan berbagai saluran pengembangan bakat adik-adik semua untuk meraih prestasi baik melalui organisasi mahasiswa maupun keterampilan lainnya. UNIB juga menyediakan berbagai beasiswa yang nanti bisa Anda dapatkan jika memenuhi persyaratan dan lulus seleksi yang ditetapkan,” ujarnya.

Pemaparan berikutnya disampaikan oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) selingkung UNIB. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru memahami keberadaan, fungsi dan tugas masing-masing UPT tersebut dan mampu mengakses pelayanannya untuk menunjang perkuliahan dan mengukir prestasi di masa akan datang.

Secara berurutan pemaparan disampaikan oleh Kepala UPT Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dr. Drs. Tamrin Bangsu, M.KM, Kepala UPT Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) Yansen, S.Hut, M.Sc, Ph.D, Kepala UPT Bahasa Indah Damayanti, S.S, M.R.S, dan perwakilan UPT Perpustakaan serta Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK).

Usai paparan tentang berbagai UPT selingkung UNIB tersebut, para peserta PKK-Maba UNIB ini mengikuti talkshow bersama Polda Bengkulu, Korem 401 Garuda Emas Bengkulu serta Badan Nasional Penanggulangan Narkoba (BNN) Provinsi Bengkulu. Melalui talkshow ini, para mahasiswa dibekali wawasan kebangsaan, NKRI, serta pemahaman tentang anti radikalisme dan anti Narkoba.

Pada siang hingga sore hari pukul 17.00, peserta PKK-Maba diperkenalkan tentang organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bengkulu (BEM KBM UNIB) periode 2019-2020. Satu persatu organ BEM diperkenalkan, mulai dari BPH (Badan Pengurus Harian), Biro Audit Internal, Biro Audit Kesekretariatan, Kemendagri, Kemenlu, Kemensos, Advokesma, Polkastrat, Ekobis, Kominfo, KPKM, KPP, dan KPKK.

PKK-Maba Tahun 2019 ini diagendakan berlangsung 4 hari yang terdiri dari 2 hari untuk PKK tingkat universitas dan 2 hari PKK tingkat fakultas. [Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates