.

Gamal Albinsaid Beri Motivasi pada 4000-an Mahasiswa Baru UNIB

RASA bangga, riang dan gembira serta semangat yang menggelora tampak dirasakan oleh 4.222 mahasiswa baru UNIB yang kini sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB, Selasa (13/8/2019). Kenapa tidak, pasalnya, baru dua hari “menginjakkan kaki” di UNIB para mahasiswa baru ini sudah dipertemukan dengan sosok inspiratif berkelas dunia, dr. Gamal Albinsaid.

Begemuruh tepuk tangan diseratai teriakan dan yel-yel penuh kegembiraan ketika Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Universitas Bengkulu (BEM KBM UNIB), Wangi Pusva Kartini, sebagai moderator dan pemandu acara memanggil dan mengundang dr. Gamal Albinsaid untuk tampil di panggung utama GSG UNIB. Tak kurang dari 4000 pasang mata tertuju kepada sosok muncul dari samping panggung mengenakan stelan jas trendi ala eksekutif muda yang energik.

“Sekarang saatnya, mari kita sambut dan saksikan presentasi materi motivasi yang akan disampaikan oleh tokoh inspiratif kita dr. Gamal Albinsaid,” teriak Wangi disambut tepuk tangan dan antusiasme ribuan mahasiswa baru UNIB yang pada hari kedua PKK-Maba ini mengenakan pakaian batik.

Ternyata, perasaan bangga dan penuh gelora semangat tak hanya dirasakan oleh ribuan mahasiswa UNIB. Sang motivator yang juga Inovator di bidang kesehatan ini juga mengaku sangat bangga dan haru mendapat sambutan yang meriah dari mahasiswa UNIB.

“Saya bangga berdiri di sini. Saya senang karena disambut riang gembira oleh ribuan mahasiswa UNIB. Kalau Saya tidak salah ingat, dengan melihat banyaknya mahasiswa di gedung ini, maka ini merupakan panggung kedua terbesar saya dalam melakukan presentasi materi motivasi,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran Tim Humas UNIB, sebagaimana dilansir https://id.wikipedia.org (ensiklopedia bebas), dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed merupakan alumni Universitas Brawijaya, kelahiran Malang, 8 September 1989.

Pria 30 tahun ini adalah seorang dokter, wirausahawan sosial, dan CEO Indonesia Medika. Dia terkenal dan menjadi kebangga Indonesia di mata dunia setelah menggagas berdirinya Klinik Asuransi Sampah dan Bank Sampah. Pada perhelatan Pemilihan Presiden RI beberapa waktu lalu, dr. Gamal ditunjuk sebagai Juru Bicara Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo – Sandi.

Dengan menggagas Klinik Asuransi Sampah atau Garbage Clinical Insurance bagi masyarakat kurang mampu, tidak hanya membuat dr. Gamal terkenal hingga mendapat apresiasi dari Presiden Rusia Vladmir Putin, tapi dengan inovasinya itu bisa menolong masyarakat miskin yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan hanya membayar pakai sampah.

Sebagai sosok muda yang terus berinovasi, dr. Gamal juga melakukan terobosan sebagai entrepreneur sosial di dunia digital. Ia lalu mendirikan Indonesia Medika, platform digital yang menghubungan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu, Ia juga mendirikan “Siapa Peduli”, platform crowdfunding pembiayaan kesehatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan dana kesehatan dengan pendekatan digital, media sosial, dan gerakan kerelawanan.

Lantas apa pesan motivasi yang disampaikan dr. Gamal kepada ribuan mahasiswa baru UNIB ? “Menjadi mahasiswa bukan hanya belajar untuk mendapatkan ilmu tapi juga berinovasi untuk menciptakan sesuatu yang berharga dari ilmu itu. Kemudian, jadilah entrepreneur karena Bangsa kita membutuhkan banyak pengusaha. Namun, entrepreneur saja tidak cukup, tapi generasi milineal juga harus memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” ujarnya.

Selain memberikan motivasi, pada kesempatan yang langka ini dr. Gamal juga menjelaskan beberapa aplikasi mobile bidang kesehatan yang dihasilkan oleh Timnya yang berasal dari tenaga-tenaga kesehatan, antara lain aplikasi Siapa Peduli, Livesock, Innmed, dan Siapa Tolong yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu memecahkan masalah kesehatan.

Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial, MA, M.Phil menyambut baik dan sangat mengapresiasi kehadiran dr. Gamal dalam acara pemberian motivasi PKK-Maba UNIB tahun 2019. “Semoga kegiatan ini memberikan kebanggan tersendiri dan mampu memompa semangat adik-adik mahasiswa untuk belajar dengan baik dan berupaya maksimal dalam menghasilkan prestasi dan inovasi di masa akan datang,” ujarnya.

Pada PKK-Maba tingkat universitas hari kedua ini, selain mendengarkan paparan tentang Strategi Sukses di Kampus oleh tokoh inspiratif Indonesia dr. Gamal Albinsaid, ribuan mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa) selingkung UNIB dan menyaksikan pentas seni dan kreasi dari unit-unit kegiatan mahasiswa.

Ormawa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang aktif di UNIB antara lain, Musik, Teater, Taekwondo, Basket, Volly, Bulu Tangkis, Futsal, Tenis Lapangan, Tenis Meja, PMI, Pramuka, Kerohanian, Tari, Karate, Kopma, Menwa, Debat, dan P3M. Ormawa dan UKM ini merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa sehingga mampu mengukir prestasi baik sekala nasional maupun internasional.

Selain itu, Wakil Rektor III UNIB bersama Presiden Mahasiswa/Wapresma dan gabungan Ormawa melakukan deklarasi anti perpeloncoan, anti narkoba, dan anti radikalisme, serta deklarasi Batik Day. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan sukses dan lancar yang diakhiri dengan pengumuman Gugus Terbaik dan Terheboh serta kegiatan Simulasi Aksi.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates