.

FMIPA dan LPPM Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional

JURUSAN Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIB menggelar workshop penulisan artikel jurnal internasional, di ruang  gedung B UNIB, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program World Class Professor, dengan tema “How to write quality research paper for publication in reputable international journals.” Dosen UNIB yang menjadi salah seorang penerima Program World Class Professor dari Kemenristekdikti adalah Dr. Sal Prima Yudha S dari Jurusan Kimia FMIPA. Dalam program ini, Dia berkolaborasi dengan Prof. Jeong In Han dari Dongguk University di Korea Selatan.

Pada workshop yang diikuti puluhan dosen dan peneliti UNIB ini, Dr. Sal Prima Yudha dan Prof. Jeong In Han sama-sama hadir untuk berbagi pengalaman dan saling bertukar informasi tentang penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi pimpinan UNIB terhadap kegiatan ini, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc menyempatkan diri untuk hadir dan mengikuti workshop dengan pembicara utama Prof. Jeong In Han. Kemudian turut hadir pula Kepala UPT Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB Dr. Yansen, S.Hut, M.Sc.

Pada acara ini Rektor menjelaskan perkembangan publikasi dosen UNIB, kebijakan dan komitmen pimpinan UNIB terhadap pengembangan riset dan publikasi internasional. Menurut Rektor, selama tiga tahun terakhir, total publikasi dosen UNIB di jurnal internasional sebanyak 310 artikel. Sedangkan artikel ilmiah dosen UNIB yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi mencapai 220 artikel.

Rektor juga menyampaikan, bentuk komitmen dan kebijakan pimpinan UNIB dalam pengembangan riset dan publikai internasional yaitu antara lain dengan meningkatkan dukungan finansial untuk hibah penelitian internal UNIB. Disamping itu, pemberian insentif publikasi juga akan dilanjutkan.

“Terakhir, untuk mendukung dan meningkatkan lagi jumlah publikasi ilmiah, kita akan mempersiapkan proofreader yang didanai universitas untuk perbaikan kualitas bahasa artikel yang akan disubmit ke jurnal internasional,” papar Dr. Ridwan Nurazi.

Peningkatan kerjasama riset dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional sangat erat kaitannya dengan seberapa banyak UNIB telah memiliki jejaring kerjasama dengan universitas-universitas di luar negeri, sebab kolaborasi riset sangat mendukung peningkatan kualitas penelitian dan publikasi.

Terkait jejaring kerjasama UNIB dengan universitas di luar negeri, Ketua UPT KSLI UNIB Dr. Yansen, menjelaskan bahwa saat ini jumlah dan perkembangan kegiatan kerjasama UNIB dengan universitas di luar negeri sudah semakin meningkat.

Kemudian kata Dr. Yansen, kerjasama riset dan publikasi merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan kerjasama antara UNIB dengan universitas-universitas di luar negeri. Banyak dosen UNIB yang melakukan kolaborasi riset dengan dosen dari universitas mitra di luar negeri, baik dengan pendanaan dari Kemenristekdikti, Internal UNIB maupun dukungan lembaga lain.

Dr. Yansen pada kesempatan ini juga menekankan bahwa dalam pengembangan kerjasama riset sangat ditentukan oleh kapasitas peneliti serta dukungan institusi, baik dari sisi kebijakan, maupun dukungan alokasi anggaran dan sumber daya. Oleh sebab itu kata Dia, kegiatan workshop seperti ini harus sering dilaksanakan dalam upaya peningkatan atmosfir akademik dan publikasi di UNIB.

Kepada Dr. Sal Prima Yudha, UNIB berterimakasih dan memberikan apresiasi serta penghargaan karena telah membawa Program World Class Professor ke UNIB.

Sementara itu, Prof. Jeong In Han pada workshop ini menjelaskan tentang struktur penulisan ilmiah dan berbagai practical tips tentang penulisan artikel ilmiah. Menurutnya, disamping kualitas konten tulisan, aspek Bahasa Inggris juga penting dalam penulisan artikel ilmiah. Oleh sebab itu, karena Bahasa Inggris juga merupakan second language di Korea, universitas tempat Dia bekerja menyediakan unit layanan untuk perbaikan bahasa artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Kemudian, dalam penelitian dan publikasi jurnal bereputasi internasional, Prof. Jeong In Han menekankan pada beberapa hal, antara lain ; 1. Orginality (keaslian) dan novelty (kebaruan) aspek yang diteliti dan dipublikasikan; 2. Perencanaan dan desain penelitian yang mumpuni; dan 3. Menjadikan publikasi sebagai sarana “story-telling” keilmuwan yang bermutu.[Hms/KSLI].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates