.

Rektor dan Para Dekan Tinjau Kegiatan KKN

REKTOR UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ketua Senat, Kepala Biro PPK, Ketua LPPM dan Ketua P3KKN, serta para Dekan, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode Ke-88 di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong. Kegiatan ini berlangsung dua hari, Senin dan Selasa 22-23 Juli 2019.

Kegiatan KKN Periode ke-88 tahun 2019 dikoordinir oleh Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN), suatu unit kerja di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIB. Kegiatan KKN  dimulai tanggal 11 Juni 2019 dan akan berakhir tanggal 31 Juli 2019, diikuti 2873 mahasiswa dari delapan fakultas selingkung UNIB.

Lokasi mahasiswa KKN tersebar di 290 desa dan kelurahan dalam tiga kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kota Bengkulu. Untuk di Kota Bengkulu sendiri, diisi dengan KKN Tematik OSSOF (One Student Save One Family), suatu program kobalorasi antar P3KKN UNIB dengan Kementerian Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA).

Selain itu, pada kegiatan KKN periode ke-88 ini sebanyak 3 orang mahasiswa UNIB mengikuti KKN Kebangsaan di Ternate, sebanyak 5 orang mengikuti KKN Bersama PTN BKS Wilayah Barat, dan sebanyak 23 orang mengikuti KKN Internasional ke Cambodia dan Malaysia.

Namun mengingat keterbatasan waktu, tidak seluruh desa yang menjadi lokasi KKN dikunjungi dan dimonitoring oleh Rektor dan rombongan, melainkan desa-desa tertentu yang dipilih secara acak yang dianggap sebagai reperesentasi wilayah.

Ketua Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) UNIB, Novi Hendrika Jaya, S.Sos, MPSSp, menyebutkan, program KKN merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Tema yang diusung program KKN periode 88 ini adalah “Revitalisasi Program Secara Berkelanjutan dalam Mengupayakan Program-Program Pemberdayaan Masyarakat Menuju Masyarakat Berswadaya.”

Sejauh ini, pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa UNIB telah berjalan  baik dan disambut antusias oleh masyarakat. Program-program kegiatan yang dilakukan tiap kelompok mahasiswa sebagian besar telah terlaksana dan berdampak positif bagi masyarakat desa. Namun untuk lebih memastikan bahwa kegiatan KKN telah berjalan sesuai harapan, Rektor bersama para Dekan melakukan peninjauan langsung ke lokasi sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan program di masa-masa akan datang. [Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates