.

Puluhan Mahasiswa UNIB Segera Dikirim Belajar ke Luar Negeri

SEBANYAK 41 mahasiswa UNIB yang lulus seleksi International Student Mobility Program tahun 2019 segera diberangkatkan ke luar negeri untuk belajar di universitas jejaring kerjasama UNIB di berbagai negara. Acara pelepasan dan persiapan akhir dilaksanakan di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB, Kamis (4/7/2019).

Acara ini dihadiri Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D, Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PPK) Dra. Proklampiati, MM, Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI), Yansen, S.Hut, M.App.Sc, Ph.D, para Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan selingkung UNIB, serta para mahasiswa yang akan diberangkatkan ke luar negeri.

Kepala UPT KSLI UNIB, Yansen, Ph.D menjelaskan, 41 mahasiswa yang lulus seleksi International Student Mobility Program tahun 2019 ini berasal dari 8 fakultas, dengan rincian dari Fakultas Hukum sebanyak 2 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 18 orang, Fakultas Pertanian 4 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 5 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 5 orang, Fakultas Teknik 2 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2 orang, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 3 orang.

Para mahasiswa itu akan melaksanakan program Credit Transfer, Community Service, Internship, Short-Term Study, Cultural Exchange, dan Bootcamp di enam negara dan sembilan universitas tujuan. Universitas tujuan ini merupakan jejaring kerjasama UNIB di luar negeri, yaitu University of New England – Australia, University of Battambang – Cambodia, Universiti Malaysia Kelantan, Universiti Sultan Zainal Abidin dan Universiti Sains Malaysia – Malaysia, Ming Chi University of Technology – Taiwan, Thaksin University dan Rajamangala University of Technology Srivijaya – Thailand, dan Banking University of Chi Minh City – Vietnam.

Waktu pelaksanaan kegiatan ini direncanakan mulai tanggal 15 Juli – 9 Agustus 2019, 29 Agustus – 20 September 2019, bahkan untuk mahasiswa program Credit Transfer akan dilaksanakan bulan Juli – November 2019.

“Selain memberangkatkan 41 mahasiswa ini, sebelumnya kita juga telah melaksanakan International Student Mobility Program awal tahun, seperti mahasiswa FKIP mengikuti SEA Teacher Exchange ke Philippines serta mahasiswa FEB dan FKIK melaksanakan kegiatan Social Entreprise for Economic Development (SEED) di Universiti Malaysia Kelantan,” papar Yansen.

Ditambahkan Yansen, International Student Mobility Program rutin dilaksanakan tiap tahun yang bertujuan menambah pengalaman dan meningkatkan kualitas individu peserta, untuk membuka kesempatan membangun jejaring internasional bagi alumni, serta meningkatkan pergaulan internasional UNIB dalam rangka mewujudkan visi UNIB menjadi universitas berkelas dunia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan merasakan atmosfer akademik internasional dan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat internasional yang berbeda budaya sehingga akan membentuk karakter positif mahasiswa yang lebih baik,” tukasnya.

Wakil Rektor I UNIB, Prof. Lizar Alfansi memberikan apresiasi terhadap program International Student Mobility dan mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang lulus seleksi dan berkesempatan mengikuti program ini.

“Jaga nama baik diri sendiri, jaga nama baik universitas dan jaga nama baik Bangsa. Semoga dengan mengikuti program ini, Anda akan mendapat banyak pengalaman yang berguna bagi keberlangsungan dan kesuksesan hidup Anda ke depan,” ujarnya.

Acara pelepasan dan persiapan pemberangkatan mahasiswa program International Student Mobility diselingi penampilan seni tari kreasi dari para peserta yang nanti akan ditampilkan di universitas tujuan. Hal ini, selain menunjukkan kreativitas para mahasiswa, juga sebagai ajang promosi kesenian dan kebudayaan daerah. [hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates