.

FMIPA UNIB Sukses Tuan Rumah SEMIRATA dan ICST 2019

FAKULTAS Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Bengkulu sukses menjadi tuan rumah penyelenggara Pertemuan dan Seminar Tahunan (SEMIRATA) Badan Kerjasama (BKS) PTN Wilayah Barat tahun 2019 yang dipusatkan di Hotel Grage Kota Bengkulu, 5-7 Juli 2019.

SEMIRATA tahun 2019 yang mengangkat tema “Sains dan Teknologi untuk Kemakmuran Bangsa” ini juga dirangkai dengan International Conference on Science and Technology (ICST). Penggabungan seminar nasional dan seminar internasional ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh BKS PTN Barat Bidang MIPA setelah ICST di Medan tahun 2018 lalu.

Pembukaan acara SEMIRATA dan ICST tahun 2019 ditandai pemukulan alat musik dol oleh Ketua BKS PTN Barat Bidang MIPA yang diwakili Sekretaris Eksekutif Dr. Ir. Entis S Halimi, M.Sc (UNSRI), didampingi Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya UNIB Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc, Dekan FMIPA UNIB Dr. Zul Bahrum Caniago, M.S dan Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Irfan Gustian, di aula hotel Grage Kota Bengkulu.

Sebelumnya, para akademisi dan peneliti bidang MIPA yang terlibat dalam seminar nasional dan internasional ini diundang makan malam bersama oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu di rumah dinas Wakil Gubernur. Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap dunia akademisi.

Dekan FMIPA UNIB Dr. Zul Bahrum Caniago mengaku sangat bangga telah menjadi tuan rumah yang baik untuk pertemuan dan seminar BKS PTN Barat Bidang MIPA tahun 2019 ini. Dia mengapresiasi tingginya antusiasme perguruan tinggi dalam lingkup BKS PTN Barat yang telah mengirimkan peserta pada kegiatan ini.

“Jumlah peserta seminar nasional sebanyak 114 orang baik oral maupun poster. Kemudian untuk ICST pesertanya sebanyak 107 orang. Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran dan partisipasi saudara untuk mensukseskan agenda tahunan ini,” ujarnya.

Dr. Zul Bahrum juga sangat berterimakasih kepada para pembicara dari luar negeri yang hadir dan turut melakukan sharing pengetahuan pada ICTS 2019 di Bengkulu. Mereka adalah Prof. Martianus Frederick Ezerman dari Nanyang Technology University – Singapura, Prof. G. Sudarsanam Sri Venkateswara University – India, Bambang Sumintono, Ph.D dari Institute of Educational Leadership, Faculty of Education, Universiti Malaya – Malaysia, dan Dr. Oki Muraza dari KFUPM, Dhahran, SA.

“Forum ini diharapkan menjadi wadah bagi para akademisi bidang MIPA untuk terhubung dan terlibat dengan panel akademisi dan ilmuwan yang pada gilirannya nanti ilmu pengetahuan dan pendidikan sains akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan Bangsa,” papar Dr. Zul Bahrum.

Ditambahkannya, melalui SEMIRATA dan ICST 2019 ini diharapkan ke depan  kegiatan ini akan menjadi program kolaborasi yang menonjol di antara universitas negeri di Indonesia Barat. Juga, semua makalah terpilih dari konferensi ini akan dipublikasikan dalam prosiding konferensi berindeks Scopus, atau dalam jurnal nasional dan internasional.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Sigit Sudjatmiko, menyambut baik terselenggaranya  pertemuan dan seminar tahunan (SEMIRATA) BKS PTN-Barat Bidang MIPA tahun 2019 di Kota Bengkulu. Apalagi, kegiatan ini juga dirangkai dengan Konferensi Internasional yang mendatangkan pembicara ilmuwan dari luar negeri, membuat kegiatan ini gaungnya semakin besar bahkan menggelobal.

Dr. Sigit juga sangat mengapresiasi perkembangan Bidang MIPA akhir-akhir ini cukup bagus, semakin banyak peminatnya dan bidang ini banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan institusi terutama dalam hal peningkatkan atmosfer akademik dan menghasilkan karya-karya ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.

“Relevan dengan visi yang diusung, semoga kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua, terutama mendorong kemajuan Bangsa khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan MIPA,” papar Dr. Sigit Sudjatmiko.

Akademisi dari Universita Sriwijaya Palembang yang juga Sekretaris Eksekutif BKS PTN-Barat Bidang MIPA, Dr. Ir. Entis S Halimi, M.Sc, mengucapkan terimakasih kepada pimpinan UNIB dan Panitia Penyelenggara dari FMIPA UNIB yang telah mempersiapkan agenda tahunan ini secara baik.

“Saya juga sangat mengapresiasi setiap perguruan tinggi yang telah mengirimkan delegasinya pada acara ini. Kepada perguruan tinggi yang belum mengirimkan peserta dan belum tergabung dalam forum ini, kita terus mengimbau agar ke depan dapat bergabung dan secara bersama-sama mengembangkan keilmuan yang dimiliki,” ujarnya.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates