.

Upacara Harlah Pancasila di UNIB Berlangsung Hikmat

SEGENAP pimpinan Universitas Bengkulu (UNIB) beserta ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Tenaga Pendidik (dosen) dan Tenaga Kependidikan (Tendik), serta puluhan perwakilan mahasiswa, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila tanggal 1 Juni 2019, di lapangan gedung rektorat, Sabtu (1/6/2019) dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Upacara ini dipimpin Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, DR. Drs. Syahrial, MA, M.Phil sebagai Pembina upacara. Sedangkan para petugas upacara adalah gabungan staf karyawan dan mahasiswa dibawah koordinasi Bagian Kemahasiswaan. Seluruh rangkaian upacara ini berlangsung tertib, lancar dan hikmat, tanpa kendala apapun.

Yang menarik, berbeda dengan upacara peringatan hari besar lainnya, Harla Pancasila ini diikuti para ASN baik yang masih muda-muda bahkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hingga ASN yang tua-tua bahkan sudah mendekati masa pensiun. Para peserta upacara berasal dari delapan fakultas yang ada di UNIB.

Antusiasme ASN Dosen dan Tendik UNIB mengikuti upacara Harla Pancasila ini cukup tinggi, meskipun tengah menjalani ibadah puasa. Ini artinya, Surat Edaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No : 46/A.A3/SE/2019 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 tanggal 20 Mei 2019 telah dilaksanakan dengan baik oleh institusi Universitas Bengkulu.

Bahkan, beberapa dosen dan tenaga kependidikan UNIB yang sedang melakukan cuti, mereka tetap mengikuti upacara peringatan Harla Pancasila di tempat cutinya masing-masing. Seperti yang diungkapkan Dekan Fakultas Hukum UNIB Prof. Dr. Herawan Sauni, SH, MS, menurutnya ada dosen FH UNIB yang tidak ikut upacara di lapangan gedung rektorat UNIB karena sudah cuti. Tapi, dosen bersangkutan telah mengirimkan gambar sebagai bukti bahwa Dia mengikuti upacara di tempatnya melakukan cuti.

“Ini barusan Saya dapat kiriman gambar via whastapp, dosen kita yang sedang cuti namun tetap mengikuti upacara Harla Pancaila di tempatnya cuti yaitu di Simalungun, Sumatera Utara,” ujar Prof. Herawan kepada Tim Humas UNIB, usai mengikuti upacara di halaman gedung rektorat UNIB.

Prof. Herawan sangat mengapresiasi tingginya antusiasme dosen dan karyawan UNIB yang mengikuti upacara Harla Pancasila ini. “Menurut Saya, inilah salah satu bukti bahwa kita cinta Pancasila dan cinta NKRI” ucapnya, seraya mengatakan momentum ini selain meningkatkan kecintaan terhadap Pancasila, juga jadi ajang silahturahmi sebab antara dosen dan karyawan dari berbagai fakultas bisa berkumpul dan saling bertegur sapa satu sama lainnya.

Pantauan Tim Humas UNIB, usai mengikuti upacara sebagian dosen dan karyawan yang seragam menggunakan baju putih dengan celana dan rok warna gelap tidak langsung pulang ke rumah masing-masing meskipun hari ini adalah hari libur. Mereka terlihat berkumpul, saling bersalaman dan bercengkrama serta sua foto bersama untuk mengabadikan momen ini.

Mewakili Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial mengucapkan selamat memperingati Harla Pancasila 1 Juni 2019. Harapannya, semoga melalui peringatan ini proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan dan diperjuangkan terus-menerus. “Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. [Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates