.

UNIB Berpartisipasi Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Banjir

SEBAGAI bagian integral dari masyarakat Provinsi Bengkulu, UNIB selalu hadir dan turut berpartisipasi dalam setiap dinamika perkembangan masyarakat. Ketika terjadi bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu tanggal 27 April 2019 lalu, UNIB pun ikut berpartisipasi melakukan penanggulangan bencana.

Menghadapi bencana alam ini, UNIB membentuk Tim Koordinasi Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Banjir Bengkulu 2019. Tim ini diketuai/Koordinator oleh Novi Hendrika Jaya, S.Sos, MPSSp.s, melibatkan sejumlah elemen mahasiswa aktivis sosial, dosen dan tim medis.

Pembentukan tim tanggap darurat dan pelaksanaan sejumlah kegiatan yang diarahkan untuk membantu korban terdampak banjir ini sesuai dengan arahan dan himbauan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc. Rektor mengajak seluruh keluarga besar UNIB untuk berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak banjir.

Tim ini mengkoordinir semua elemen di UNIB yang bergerak dalam kegiatan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor, mensinergikan kegiatan penanggulangan bencana UNIB dengan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi Bengkulu (BPBD), mensuport kegiatan lapangan organisasi/lembaga di kampus dalam aplikasi lapangan, serta melakukan kegiatan-kegiatan strategis terukur di beberapa titik khususnya penanganan bidang kesehatan, medis dan mental ((kegiatan medical center dan trauma healing) terhadap para korban terdampak banjir.

“Tim Koordinasi Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Banjir Bengkulu dari UNIB telah melakukan sejumlah kegiatan seperti penggalangan dana bantuan, penyaluran bantuan kebutuhan pokok, pembentukan pusat pelayanan kesehatan, dan lain sebagainya. Kegiatan tanggap darurat tersebut dimulai sejak tanggal 27 April lalu sampai selesainya masa tanggap darurat,” ujar Novi Hendrika Jaya kepada PPID UNIB dan diinfokan kepada Tim Humas, Senin (6/5/2019).

Selain itu, penggalangan dana dan penyaluran bantuan terhadap para korban bencana banjir juga dilakukan Program Studi Magister Ilmu Hukum (PSIH) Fakultas Hukum UNIB. Namun kegiatan ini dikhususnya bagi daerah parah terdampak banjir, yaitu Desa Genting dan Desa Pagar Dewa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pendistribusian bantuan dilakukan melalui Posko Induk Penanggulangan Bencana di Desa Genting dan Desa Pagar Dewa. Penyerahan bantuan dilakukan Ketua PSIH Fakultas Hukum UNIB, Prof. Dr. Herlambang, SH, MH dan diterima para perwakilan masyarakat dari dua desa tersebut.[Hms1/Yar/Andrian].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates