.

Safari Ramadhan ke Fakultas, Rektor Tekankan Persiapan Akreditasi Institusi

SUDAH menjadi agenda rutin tahunan, setiap bulan suci Ramadhan, Rektor beserta para wakil rektor, kepala biro dan para ketua lembaga/unit kerja selingkung UNIB melakukan kunjungan kerja safari ramadhan ke seluruh fakultas.

Selain silahturahmi, kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah bertukar informasi dan menyerap aspirasi dari para pengelola fakultas dan program studi selingkung UNIB dalam upaya mendorong kemajuan dan peningkatakan kualitas UNIB ke depan, baik menyangkut sarana prasarana, atmosfer akademik, serta implementasi tri dharma perguruan tinggi lainnya.

Kegiatan Safari Ramadhan tahun ini dimulai pada hari Kamis, 9 Mei 2019, pukul 09.30 hingga 11.30 WIB. Fakultas pertama yang dikunjungi Rektor dan rombongan adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Hari kedua, Jumat tanggal 10 Mei 2019, kunjungan dilanjutkan ke Fakultas Teknik (FT).

Kehadiran Rektor dan rombongan disambut hangat dan penuh rasa kekeluargaan oleh Dekan, para Wakil Dekan, para Ketua Prodi dan Jurusan, Senat Fakultas, dosen, karyawan dan perwakilan mahasiswa di masing-masing fakultas.

Para forum semi formal dan perbincangan santai ini, Rektor menekankan kepada masing-masing pihak, khususnya pengelola fakultas dan program studi, bahwa dalam waktu dekat, UNIB akan kembali melakukan akreditasi institusi. Proyeksi dan target akreditasi ini nanti adalah UNIB meraih nilai A (unggul) dengan akreditasi versi 3.0 (2018), menggunakan 9 kreteria yang telah diterapkan BAN-PT.

“Terkait persiapan dan berbagai hal menyangkut akreditasi institusi, kita semua harus berperan aktif dan mendukung secara maksimal terutama dalam hal penyiapan data-data untuk isian borang penilaian. Kerjasama yang baik dari seluruh pihak sangat diharapkan, sehingga kita mampu meraih nilai A (unggul),” ujar Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc.

Kemudian tambah Rektor, karena forum silahturahmi ini juga bertujuan untuk menyerap aspirasi, maka diberikan kesempatan kepada seluruh staf dosen dan karyawan serta mahasiswa untuk menyampaikan berbagai hal tentang kondisi fakultas dan program studi, sehingga jika ada kendala atau hambatan dapat dicarikan solusi secara bersama-sama.

“Kami di sini lebih banyak mendengar. Silahkan utarakan apa-apa saja persoalan di fakultas maupun program studi. Jika ada kritik pun silahkan disampaikan demi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas UNIB ke depan. Di sini lengkap, ada para wakil rektor, kepala biro, ketua lembaga dan ketua UPT, semuanya siap menanggapi dan menjelaskan jika ada persoalan yang terjadi” tukas Rektor.

Dalam catatan Tim Humas UNIB, pada sesi penyampaian aspirasi di FISIP, sejumlah hal mengemuka dari staf dosen dan karyawan, antara lain adanya gangguan “kawanan kelelawar alias kelambit” yang bersarang di flapon gedung kuliah bersama. Jika tidak segera dibasmi, kawanan kelambit itu mengganggu proses belajar mengajar.

Kemudian, mengemuka juka masalah akreditasi program studi S1 Jurnalistik, dan masalah intensif/reword bagi Program Studi yang sudah meningkat nilai Akreditasinya baik nilai A maupun nilai B, serta masalah pembayaran Asesor Internal Akreditasi.

Lalu, mengemuka juga masalah skema penelitian di LPPM yang kurang melibatkan dosen peneliti FISIP terkait penelitian masalah sosial kemasyarakatan. Dan terkait tenaga pengejar yang ke depan banyak memasuki masa pensiun, agar segera disikapi dengan melakukan pengadaan tenaga pengajar baru, agar tidak kekurangan, seperti tenaga pengajar jurusan Administrasi Negara. Serta, mengemuka juga usulan agar  digalakkan kegiatan sosial untuk menyantuni dan menyambung tali kasih terhadap tenaga pendidik yang pensiun dan meninggal dunia.

Sementara di Fakultas Teknik, Tim Humas mencatat persoalan dan aspirasi yang mengemuka, antara lain, perlunya penambahan dan melengkapi alat-alat laboratorium sesuai dengan bidang ilmu dan akreditasi terhadap peralatan laboratorium sehingga bisa melakukan kerjasama dengan institusi Polda dan Kejaksaaan dalam pemeriksaan dan pembuktian Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor).

Kemudian, ada usulan agar jalan poros gerbang keluar di samping gedung Fakultas Teknik segera ditingkatkan hotmix dan perlunya penataan ulang sistem transportasi dalam lingkungan kampus agar lebih aman dan nyaman. Begitupun tentang penggunaan jaringan listrik dilingkungan kampus, perlu segera dilakukan audit dan penataan di masing-masing gedung sehingga bisa lebih efektif dan tidak terjadi tegangan rendah yang menyebabkan komputer dan peralatan elektronik rusak. Dan, perlu juga penambahan ruang kelas baru mengingat saat ini Fakultas Teknik telah membuka Program Studi baru yaitu Program Arsitektur, sementara kapasitas di gedung kuliah bersama 5 tidak memungkinkan lagi.

Berbagai persoalan dan aspirasi yang mengemuka tersebut mendapat tanggapan langsung dari Rektor, para wakil rektor dan ketua lembaga/unit pelaksana teknis terkait. Tentunya, menyangkut usulan-usulan baru, akan ditindaklanjuti dengan rapat pimpinan sehingga menjadi program pembangunan UNIB ke depan.

Pada saat diskusi di Fakultas Teknik, Rektor bahkan kembali mengingatkan dan meminta para dosen peneliti serta mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu terkait agar dapat membuat program perancangan dan penemuan mesin penghancur/pencacah sampah yang kemudian diharapkan bisa digunakan untuk mengatasi sampah di internal kampus, serta menjadi penemuan unggulan di Fakultas Teknik UNIB.

“Silahkan kampus-kampus besar bicara penemuan mesin mobil listrik yang canggih-canggih, kita cukup menemukan dan menciptakan mesin penghancur/pencacah sampah yang tak kalah canggihnya. Ini bisa menjadi penelitian dan penemuan unggulan kita, disamping untuk memenuhi kebutuhan pengolahan sampah di UNIB,” tantang Rektor.

Acara kunjungan kerja safari ramadhan Rektor dan rombongan di FISIP dan Fakultas Teknik diakhiri dengan penandatanganan piagam deklarasi keterbukaan informasi publik oleh masing-masing dekan. Penandatanganan piagam deklarasi ini dimotori PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) UNIB, sebagai wujud komitmen bersama menciptakan kampus UNIB sebagai kampus berkelas dunia yang berbasis keterbukaan informasi publik.

Kegiatan safari ramadhan berikutnya akan dilaksanakan hari Rabu 15 Mei 2019 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), kemudian hari Kamis 16 Mei 2019 di Fakultas Hukum, dan Jumat 17 Mei 2019 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Putaran terakhir, safari ramadhan dilakukan hari Senin 20 Mei 2019 di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), hari Selasa 21 Mei 2019 di Fakultas Pertanian dan hari Rabu 22 Mei 2019 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).[hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates