.

Safari Ramadhan ke Fakultas Hukum, Rektor Buka Puasa Bersama

BERBEDA dengan kunjungan kerja safari ramadhan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik (FT) yang dilaksanakan pagi hingga siang hari pukul 09.30 WIB s.d 11.30 WIB, kegiatan Kunker Safari Ramadhan Rektor dan rombongan ke Fakultas Hukum dilaksanakan sore hari pukul 16.30 WIB, Kamis (16/5/2019), dilanjutkan buka puasa bersama.

Meskipun waktu berbeda, namun materi dan substansi kegiatan Kunker Safari Ramadhan Rektor dan rombongan ke Fakultas Hukum tetap sama dengan fakultas lainnya. Pada acara ini Rektor menekankan bahwa tahun 2019 ini akan dilakukan akreditasi institusi dengan target UNIB meraih nilai A (unggul), oleh sebab itu dukungan semua pihak termasuk Fakultas Hukum sangat diharapkan untuk mewujudkan target tersebut.

Rektor mengapresiasi Program Studi Ilmu Hukum yang sudah terakreditasi nilai A, hal itu sangat membantu proses pencapaian nilai A (unggul) untuk UNIB ke depan. “Reakreditasi UNIB nanti akan menggunakan akreditasi versi 3.0 (2018) dengan sembilan kreteria yang diterapkan BAN-PT. Oleh sebab itu, peran aktif dan bantuan semua pihak sangat diharapkan sehingga UNIB yang saat ini nilai akreditasi B bisa menjadi A,” papar Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc.

Selain penekanan soal akreditasi institusi, Rektor juga mengajak dan mengimbau Fakultas Hukum meningkatkan atmosfer akademik serta menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) untuk mengembangkan, memudahkan dan memodernisasi sistem pembelajaran.

“Saat ini sudah banyak aplikasi yang disediakan oleh LPTK UNIB untuk membantu pengembangan sistem pembelajaran. Ada aplikasi e-learning, e-presensi, dan lain sebagainya. Segera manfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mendukung sistem pembelajaran agar lebih maju dan modern,” papar Rektor.

Kunjungan kerja safari ramadhan Rektor dan rombongan disambut penuh rasa kekeluargaan oleh Dekan FH UNIB Prof. Dr. Herawan Sauni, para wakil dekan, para dosen, staf karyawan dan para mahasiswa perwakilan UKM dan Ormawa.

“Kegiatan yang sudah menjadi tradisi ini sangat baik sebagai sarana silahturahmi, dan sebagai wadah penyampaian aspirasi secara langsung dari komponen fakultas ke pimpinan universitas,” ujar Prof. Herawan.

Salah satu isu penting yang mengemuka di Fakultas Hukum UNIB saat ini kata Prof. Herawan, bahwa mulai tahun ini FH UNIB tidak lagi menerima mahasiswa ekstensi (non reguler). Hal ini mengingat bahwa jalur penerimaan mahasiswa program Sarjana (S1) sesuai dengan regulasi yang ada, hanya tiga yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Bersama, tidak memungkinkan lagi jalur penerimaan ekstensi.

“Jadi, mulai tahun ini kita tidak lagi menerima mahasiswa S1 jalur ekstensi (non reguler),” tegas Prof. Herawan.

Namun demikian tambah Prof. Herawan, FH UNIB mohon petujuk dan arahan dari pihak universitas terkait pemberdayaan program ekstensi ke depan, mengingat izin pendirian program ekstensi dahulunya atas izin kementerian (pusat). Kemudian, di sisi lain Fakultas Hukum UNIB juga mendapat tawaran kerjasama dari Kanwil Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) untuk peningkatan kapasitas SDM PNS di instansi tersebut yang diterima melalui formasi SMA sederajat yang jumlahnya mencapai ratusan orang.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, menegaskan untuk program S1 ekstensi mulai tahun ini memang tidak bisa lagi menerima mahasiswa baru mengingat hanya tiga jalur penerimaan mahasiswa yang disediakan sesuai regulasi Kemenristekdikti. Namun untuk mengakomodir kerjasama Kanwil Kemenkumham dan FH UNIB dalam upaya peningkatan kapasitas SDM PNS, tetap bisa dilaksanakan seperti Program STAR yang dilakukan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIB yang bekerjasama dengan BPKP.

“Kita lihat kerjasamanya seperti apa. Untuk peningkatan kapasitas SDM PNS, bisa dilaksanakan seperti Program STAR yang dilakukan atas kerjasama FEB UNIB dengan BPKP. Tapi yang jelas, untuk program non reguler (ekstensi) tidak bisa lagi menerima mahasiwa baru,” tukas Prof. Lizar Alfansi.

Kunker Safari Ramadhan ke Fakultas MIPA

Sehari sebelumnya, Rabu (15/5/2019), Rektor didampingi para wakil rektor, kepala biro dan ketua-ketua lembaga/UPT telah melakukan kunjungan safari ramadhan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Rombongan diterima dan disambut baik oleh Dekan FMIPA Dr. Zulbahrum Chaniago, para wakil dekan, dosen, dan staf karyawan.

Tidak banyak hal urgen yang mengemuka dalam diskusi ini, hanya hal-hal teknis seperti masih belum maksimalnya jaringan internet di gedung FMIPA yang berada di kawasan Padang Harapan (eks Poltekkes Provinsi) sehingga aplikasi e-learing dan lain sebagainya belum bisa dilaksanakan secara baik. Menanggapi hal ini, LPTIK UNIB akan melakukan pembenahan sehingga pemerataan penerapan aplikasi dalam upaya peningkatan sistem pemebalajran yang modern segera terwujud di semua kampus UNIB.

Sama pada Kunker Safari Ramadhan sebelumnya, di FMIPA dan FH UNIB, kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Piagam Komitmen Keterbukaan Informasi Publik oleh masing-masing dekan. Penandatanganan piagam ini merupakan upaya mewujudkan kemajuan UNIB yang berbasis keterbukaan informasi publik sebagaimana digagas PPID UNIB dan wujud komitmen sivitas akademik UNIB karena UNIB beberapa tahun terakhir mendapat penghargaan peringkat cukup bagus dari Komisi Informasi Publik (KIP) Pusat.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates