.

Akademisi Luar Negeri Jadi Dosen Tamu di UNIB

KEHADIRAN sejumlah akademisi dan peneliti dari berbagai universitas di Asia dalam rangka Council Meeting RENPER di UNIB tanggal 26 – 27 April 2019, juga dimanfaatkan untuk peningkatan atmosfer akademik di masing-masing fakultas selingkung UNIB.

Di sela-sela pertemuan bertaraf internasional itu, para akademisi dari Malaysia, Thailand, Vietnam, dan India diundang untuk menjadi dosen tamu di sejumlah kelas untuk memberikan motivasi dan pengkayaan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa UNIB sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Fakultas yang memanfaatkan momentum ini yaitu, Fakultas Teknik yang mengundang Prof. Haslan Abu Hassan dari Universiti Sains Malaysia untuk menyampaikan bahan kuliah dengan topik “Hydrogen Gas Sensing by Nanocrystalline SnO2.” Perkuliahan dilaksanakan di aula dekanat FKIP pukul 10.30 – 12.00 WIB dan diikuti puluhan mahasiswa.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Jurusan Studi Pembangunan dan Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi. Untuk Jurusan Manajemen, perkuliahan diadakah di aula gedung MM pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan mengundang Prof. Dr. Nik Maheran dari Universiti Malaysia Kelantan yang menyampaikan kuliah dengan topik “Decision making practice in the era of disruption.”

Lalu, Jurusan Studi Pembangunan menggelar kuliah di aula gedung Pascasarjana Ilmu Ekonomi dengan mengundang Prof. Dao Thij Thieu HA yang merupakan Dean of International Economics Faculty, Banking University of Ho Chi Minh City, Vietnam. Topik yang disampaikannya adalah “Financial Inclusion & Poverty.”

Dan di aula Gedung Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi , pada pukul 15.00 – 17.00 WIB juga diselenggarakan kuliah dengan topik “Workshop future socio-economic research” yang mengundang Prof. Dr. Wan Ahmad Amir Zal dari Universiti Malaysia Kelantan sebagai penyampai materi.

Tak mau kalah dengan fakultas lainnya, Fakultas Pertanian UNIB juga mengundang salah satu delegasi RENPER Council Meeting 2019 untuk menjadi dosen tamu dan berbagi ilmu pengetahuan kepada mahasiswa. Dosen tamu yang dihadirkan adalah Prof Dr Zulkilfi Idrus, sebagai Deputy Vice Chancellor Universiti Putra Malaysia. Perkuliahan dilaksanakan di ruang 4 Gedung Kuliah Bersama I, pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan topik “Poultry Stress Biology and Welfare.”

Fakultas MIPA Jurusan Biologi juga mengundang Prof. Dr. Sudarsanam selaku Departmen of Biology and President International Office, Sri Venkateswara University, India, sebagai dosen tamu pada perkuliahan dengan topik “Ethno-botany” yang diselenggarakan di aula FMIPA pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Serta tak mau ketinggalan juga Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Fakultas yang berusia termuda di UNIB ini mengundang Prof Dr R. K. Anuradha selaku Department of Home Science and Registrar, Sri Venkateswara University, India, sebagai dosen tamu pada kuliah bersama di aula FKIK pukul 16.00 – 17.00 WIB dengan tema “Overweight and obesity among school children in India : Insight for Indonesia.”

“Semoga dengan perkuliahan dengan dosen tamu dari luar negeri ini, para dosen dan mahasiswa UNIB kian termotivasi dan semakin bersemangat meningkatkan kemampuan dan kualitas,” ujar Ketua Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional UNIB, Yansen, Ph.D sebagai fasilisator kegiatan. [Hms1/ksli).

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates