.

Rektor UNIB Pantau Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019

REKTOR UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, para dekan, para ketua lembaga serta Kepala Biro PPK, melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019, Minggu (28/4/2019).

Rektor dan rombongan melihat langsung sejumlah ruangan yang dijadikan tempat ujian, untuk memastikan UTBK SBMPTN 2019 ini berjalan sukses, tanpa hambatan yang berarti. Bahkan, kesempatan ini juga digunakan oleh Rektor untuk meninjau kondisi sarana dan prasarana gedung yang dijadikan lokasi ujian.

Total ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK sebanyak 23 ruangan tersebar di 8 gedung dalam lingkup kampus utama UNIB kawasan Jalan WR. Supratman Kota Bengkulu. Jumlah komputer masing-masing ruangan bervariasi, ada yang 20 PC, 40 PC, dan ada yang 60 hingga 95 PC, sehingga jumlah keseluruhan Komputer yang digunakan adalah sebanyak 775 unit PC.

Pemantauan dilakukan Rektor dan rombongan dimulai dari Gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dilanjutkan ke Gedung V Laboratorium Matematika, Gedung Perpustakaan, Gedung Fakultas Kedokteran, Gedung Fakultas Teknik dan Laboratorium Teknik, dan berakhir di Gedung LPTIK.

Kepada panitia UTBK, Rektor menginstruksikan agar mendata sebaik mungkin peserta yang tidak hadir dikarenakan adanya bencana alam banjir dan tanah longsor yang menimpa sejumlah daerah di kota dan kabupaten se Provinsi Bengkulu tanggal 27 April 2019.

“Didata betul berapa peserta yang tidak hadir. Kalau ketidakhadirannya disebabkan faktor bencana alam banjir dan longsor, maka segera dilaporkan kepada panitia pusat di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kemudian diminta melakukan penjadwalan ulang tes UTBK, diinformasikan kembali jadwalnya, sehingga peserta bersangkutan tidak dirugikan,” ujar Ridwan Nurazi.

Berdasarkan pantauan Rektor dan rombongan, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 gelombang Pertama tidak menemui kendala berarti. Para peserta tampak serius mengerjakan soal di hadapan komputer masing-masing.

Humas Panitia Lokal SBMPTN 2019 yang juga sebagai Wakil Ketua PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) UNIB, Alimansyah, SIP, M.PA menjelaskan, total peserta UTBK di UNIB sebanyak 12.197 orang. Peserta gelombang pertama 6466 orang dan gelombang kedua 5731 orang.

Berdasarkan kelompok ujian, peserta kelompok Saintek sebanyak 5.693 (46.68%) dan kelompok Soshum 6.504 (53.32%). Berdasarkan jalur atau jenis ujian, peserta Reguler sebanyak 8.466 orang dan peserta yang mendaftar Bidik Misi 3.731 orang.

Kemudian tambah Alimansyah, setelah dilakukan pendataan, jumlah peserta yang tidak hadir sesi 7 hari ini sebanyak 88 orang. Ketidakhadiran mereka diduga akibat terdampak bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah daerah di Bengkulu tanggal 27 April 2019.

“Sesuai dengan arahan Pak Rektor, kita akan mendata dan merekap nama-nama peserta yang tidak hadir kemrin dan hari ini disebabkan bencana banjir. Kemudian, diusulkan ke panitia pusat LTMPT untuk minta jadwal ujian pengganti atau ujian susulan,” ujarnya.

“Bagaimana keputusan dari LTMPT, nanti akan kita umumkan melalui website dan akan diberitahukan langsung pada masing-masing peserta dengan menghubungi nomor handphone nya,” papar Alimansyah, seraya mengatakan UTBK gelombang pertama dilaksanakan tanggal 13 April – 4 Mei 2019 dam gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019 yang diadakan hanya hari Sabtu dan Minggu, dan hasilnya akan diumumkan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates