.

Puncak Perayaan Dies Natalis Ke-37 Tahun UNIB Diwarnai Berbagai Kegiatan

BULAN April menjadi bulan penuh kebahagiaan dan selalu disemarakkan dengan berbagai kegiatan bernuansa akademis, pengabdian dan perlombaan untuk mengerat tali persaudaraan seluruh keluarga besar UNIB. Sebab, April adalah bulan berdirinya UNIB tahun 1982 lampau, tepatnya pada tanggal 24 April 1982.

Pada April 2019 ini usia UNIB menginjak 37 tahun. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun atau dies natalis ke-37 UNIB. Panitia peringatan Dies Natalis tahun ini diketuai oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial, M.Phil.

Berdasarkan laporan resmi Panitia, kegiatan nuansa akademis, pengabdian, kerohanian dan perlombaan dalam rangka memeriahkan perayaan dies natalis telah dihelat tanggal 1 hingga 22 April 2019.

Kegiatan bidang pengabdian misalnya, pemberian santunan biaya pendidikan kepada warga masyarakat kurang mampu, pemeriksaan kesehatan dan donor darah, dan lain sebagainya. Kegiatan kerohanian seperti menyelenggarakan Sholat Lohor, ceramah agama dan doa bersama. Kemudian kegiatan perlombaan diwarnai pertandingan berbagai jenis olah raga dan pertandingan kreativitas keterampilan serta ketangkasan.

Pertandingan-pertandingan yang dihelat dalam rangka dies natalis ke-37 Tahun UNIB yaitu, Futsal antar club fakultas, Tenis Lapangan antar Tim internal UNIB dan instansi luar UNIB, pertandingan Volly Ball antar fakultas. Kemudian, dihelat juga lomba permainan gaplek, lomba lagu dangdut, lomba lagu pop daerah, serta lomba website antar fakultas dan antar program studi selingkung UNIB. Adapun pemenang masing-masing lomba, dapat dilihat pada tabel.

Lalu pada tanggal 25 April 2019, telah dilaksanakan Rapat Terbuka Universitas Bengkulu Dalam Rangka Orasi Ilmiah Dies Natalis Ke-27 Tahun UNIB. Acara ini diisi dengan Pidato Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Pidato Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, dan Orasi Ilmiah “Fintech di Era Revolusi Industri 4.0” yang disampaikan oleh Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, Wimboh Santoso, SE, M.Sc, Ph.D.

Puncak peringatan Dies Natalis UNIB tahun ini diselenggarakan tanggal 30 April 2019 di halaman gedung rektorat UNIB. Pada hari ini, sejumlah kegiatan digelar mulai pukul 07.30 WIB. Diawali senam kesehatan jasmani bersama yang diikuti oleh pimpinan, dosen, karyawan serta mahasiswa. Juga hadir sejumlah tamu undangan dari unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah seperti dari jajaran Polda, Korem, Danlanal, Pemda Provinsi, serta pimpinan Media Massa.

Setelah senam bersama, Rektor dan para waktil rektor serta para tamu undangan berjalan menuju danau yang terletak di antara gedung rektorat dan gedung perkuliahan. Tidak hanya menikmati keindahan danau, tapi Rektor pada hari ini meresmikan nama danau UNIB yaitu Danau Inspirasi dan Danau Ilmu. Pemberian nama danau ini setelah melalui sayembara dan akhirnya ditetapkanlah Inspirasi dan Ilmu sebagai nama dua danau tersebut.

Peresmian nama danau ditandai dengan pemecahan kendi oleh Rektor. “Dengan mengucapkan Bismillahirohmannirrahim, nama danau Inspirasi dan danau Ilmu diresmikan. Semoga danau ini dapat bermanfaat bagi kemajuan UNIB ke depan,” ujar Rektor seraya memecahkan kendi.

Usai peresmian nama danau, rektor dan rombongan meninjau posko penggalangan dana donasi korban banjir dan tanah longsor yang menimpa beberapa daerah di Bengkulu. Rektor juga mengajak seluruh keluarga besar UNIB ikut menyumbang untuk membantu mayarakat yang terdampak bencana.

Rektor juga meninjau posko pelayanan pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang digelar oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIB bekerjasama dengan PMI. Bahkan Rektor dan beberapa pimpinan UNIB lainnya juga ikut melakukan donor darah melalui fasilitas mobil donor darah yang disiapkan.

Pada bagian lain, Rektor dan rombongan juga meninjau lomba foto selfi yang menampilkan foto-foto berbagai sudut pandangan UNIB, serta meninjau langsung kegiatan lomba tumpeng yang dimotori Daharma Wanitia Persatuan UNIB. Bahkan, Rektor juga ikut mencicipi tumpeng yang dipamerkan oleh ibu-ibu dharma wanitia fakultas.

Di atas panggung utama, Rektor juga memotong tumpeng sebagai symbol rasa syukur menyambut Ulang Tahun UNIB ke-37 tahun. Potongan tumpeng diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial selaku Ketua Panitia Dies Natalis tahun ini.

Lalu, tak kalah bahagianya, ternyata pada peringatan dies natalis tahun ini UNIB mendapat kado istimewa dari Bank Nasional Indonesia (BNI) yaitu bantuan CSR berupa satu unit mobil tangga untuk potong pohon.

Bantuan mobil potong pohon itu diserahkan secara simbolis oleh Abi Wodo selaku Asisten Vice Presiden Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Pusat kepada Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc. Penyerahan bantuan ini disaksikan para wakil rektor dan Pimpinan BNI Kantor Kas UNIB, Aprida Shanti, beserta jajaran BNI lainnya.

Acara puncak dies natalis ke-37 tahun UNIB juga diwarnai pembagian ratusan hadiah doorprize kepada keluarga besar UNIB yang nomor undiannya beruntung. Hadiah doorprize tersebut diadakan melalui sumbangan seluruh unit kerja, seluruh fakultas dan program pascasarjana selingkung UNIB, dan juga sumbangan dari mitra kerjasama UNIB khususnya dari pihak perbankkan. Jenis hadiah doorprize antara lain televise 21 inc, kompor gas, kipas angin, dispenser, magic com, strika, dan puluhan barang perabot lainnya.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-37 Tahun UNIB, Dr. Syahrial, M.Phil mengatakan, perayaan dies natalis tahun ini memang tidak semeriah tahun-tahun lalu yang diwarnai kegiatan jalan santai melibatkan ribuan masyarakat. Namun demikian, secara substansi berbagai jenis kegiatan tahun ini sudah mengakomodir makna perayaan itu sendiri yaitu sebagai wadah silahturahmi, sebagai ajang prestasi dan sebagai wadah pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan jalan santai bersama dengan melibatkan ribuan peserta memang kita tiadakan, mengingat bulan April 2019 ini bertepatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi yaitu Pemilu Serentak 2019. Tapi, walau tidak ada jalan santai, beberapa kegiatan tetap berjalan lancar dan meriah,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah mensukseskan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan dies natalis UNIB tahun ini.

“Khusus kepada mitra kita dari BNI, terimakasih atas bantuannya yang telah memberikan mobil potong pohon kepada UNIB. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk menjaga keindahan dan kerapian kampus UNIB yang hijau dengan pepohonan,” ujarnya.

Selamat Dies Natalis ke-37 UNIB, Jaya Selalu dan Tetap Nomor Satu di Provinsi Bengkulu. Conveying Better Future ! [Hms1].

 

Daftar Pemenang Lomba dalam rangka Dies Natalis Ke-37 UNIB Tahun 2019 :

No. Jenis Perlombaan Pemenang
1. Pertandingan Futsal Juara I Fakultas Ekonomi

Juara II Fakultas Kedokteran

Juara III Fakultas Hukum

2. Tenis Lapangan Juara I Tim A (Gabungan PTPN dan PTA Bengkulu)

Juara II Tim UNIB

Juara III Tim Bank Bengkulu

3. Pertandingan Gaplek Kelas Eksekutif Juara I Kelompok Eksekutif Pasangan Prof. Herawan/Satria Utama

Juara II Kelompok Eksekutif Pasangan Fahrurrozi/Pak Pareke

Juara III Kelompok Eksekutif Pasangan dari Danlanal

4. Pertandingan Gaplek Kelas Umum Juara I Pasangan Mohkhaironi/ Said

Juara II Pasangan Pak Mat Syafrudin/Pak Hamdin

Juara III Pasangan Pak Yosa/Jeki

5. Lomba Lagu Dangdut Juara I Sdr. Rizwan Efendi dari FMIPA

Juara II Sdr. Hilda Taurina dari FKIK

Juara III Sdr. Maryono dari FISIP

6. Lomba Lagu Pop Daerah Juara I Sdr. Disa dari FKIK

Juara II Sdr. Connie, M.Pd dari FKIP

Juara III Sdr. Mustaji dari LPTIK

7. Lomba Website Tingkat Fakultas Juara I FKIP

Juara II FMIPA

Juara III Fakultas Pertanian

8. Lomba Website Program Studi Juara I Prodi Teknik Elektro

Juara II Prodi Pendidikan Fisika

Juara III Prodi Ilmu Kelautan

Juara IV Prodi Manajemen

Juara V Prodik Teknologi Pertanian

Juara VI Prodi Akutansi

 

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates