.

Pidato Rektor pada Dies Natalis ke-37 Tahun UNIB

TANGGAL 24 April 2019 Universitas Bengkulu yang didirikan tanggal 24 April 1982, kini berusia 37 tahun. Puncak peringatan ulang tahun atau dies natalis ke-37 UNIB dilakukan dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Bengkulu di ruang rapat utama gedung rektorat, Kamis (25/4/2019).

Agenda tahunan ini dibuka oleh Ketua Senat UNIB, Ir. Nusril, MM, dihadiri pimpinan UNIB, para dekan, para ketua lembaga, para guru besar, dosen dan mahasiswa, serta unsur FKPD Provinsi Bengkulu.

Acara inti Rapat Terbuka Senat ini adalah mendengarkan Pidator Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA sebagai keynote speaker, dan Orasi Ilmiah Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, Wimboh Santoso, SE, M.Sc, Ph.D dengan tema “Fintech di Era Revolusi Industri 4.0”.

Dalam pidatonya, Rektor menyampaikan Perkembangan UNIB dan Tantangan ke Depan dengan tajuk “Reaching Academic Exellensy To Convey Better Future.”

Dijelaskan, visi besar yang hendak diwujudkan UNIB ke depan adalah “Menjadi Universitas Kelas Dunia yang Unggul dalam Pengembangan dan Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Hutan Tropis.”

Sesuai dengan time frame (miles stone) yang telah ditetapkan, upaya mewujudkan visi tersebut telah on the track, dimana medio 2011-2015 UNIB melakukan penguatan pelayanan, 2016-2020 fase Pencapaian Dayasaing Regional-Nasional, dan 2021-2025 Pencapaian Dayasaing tingkat ASEAN dan Internasional.

Saat ini, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, UNIB masuk 50 universitas di Indonesia yang menjanjikan dari lebih 4,504 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi agama serta PT swasta. Lalu, berdasarkan Webometric, UNIB menempati ranking 35 dari 3867 PT yang dilakukan pemeringkatan dan UNIB urutan 64 dari 3996 perguruan tinggi pada pemeringkatan 4ICU.

Akreditasi institusi UNIB saat ini masih “B” dan ditargetkan dua tahun ke depan (2019-2020) meningkat menjadi “A”. Untuk akreditasi Program Studi, berdasarkan data terbaru yang diupdate 21 Agustus 2018, Program Studi akreditasi “A” sudah mencapai 15 Program Studi dari 178 Prodi di UNIB baik jenjang vokasi (D3), Sarjana (S1), Pascasarjana Magister (S2), dan Pascasarjana Doktor (S3).

Program Studi yang sudah akreditasi A, yaitu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meliputi Prodi D3 Akuntansi, S1 Akuntasi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, dan Prodi Magister Manajemen (S2). Di Fakultas Hukum yaitu Ilmu Hukum (S1).

Kemudian, Fakultas Pertanian meliputi Prodi S1 Agroekoteknologi, S1 Peternakan dan S1 Agribisnis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meliputi, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, dan S2 Teknologi Pendidikan. Dan akreditasi A juga terdapat pada Fakulta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu Prodi S1 Kimia.

Dalam pengelolaan keuangan, UNIB telah mengimplementasikan skema PK-BLU dan berdasarkan audit lembaga terkait, lima tahun secara berturut-turut (2014-2018), UNIB meraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Kemudian, UNIB telah mengimplementasikan prinsip remunerasi yang berkeadilan, kepatutan serta kejujuran. Dan juga UNIB Ranking 9 tahun 2015 dan ranking 6 tahun 2016, Predikat Cukup Informatif tahun 2017-2018 tentang Keterbukaan Informasi dari Komisi Informasi Pusat.

Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), UNIB telah masuk klaster penelitian Utama, dan klaster pengabdian Memuaskan. Lalu, telah mendaftarkan HAKI sebanyak 6 HAKI pada 2017 dan 20 HAKI pada 2018. Sitasi SINTA : 4381 (2017) – 4783 (2018), Jurnal Reputasi Sinta : 2 (2017) – 3 (2018), Prototipe R & D : 1, dan Prototipe Industri : 1.

Untuk meningkatkan kapasitas dan pergaulan internasional, UNIB melakukan kolaborasi dan memiliki jaringan kerjasama serta kemitraan dengan sejumlah universitas di wilayah ASEAN, yaitu dengan : (Thailand) Universitas Teknologi Rajamangala Srivijaya, Universitas Maejo, Universitas Thaksin, Thailand. (Filipina) Universitas Los Banos dan Universitas San Beda. (Kamboja) Universitas Battambang. (Malaysia) Universiti Kebangsaan, Universiti Sains Malaysia, Universiti Malaysia Kelantan, Universiti Sultan Idris, Universitas Malaya, dan Politeknik Nilai. (Jepang) Universitas Gifu dan Universitas Okayama. (Singapura) Universitas Teknologi Nanyang. (Cina) Universitas Kehutanan Nanjing. (Vietnam) Universitas Perbankan HCMC. (Republik Korea) Universitas JEI. (India) Universitas Sri Vankateswara. (Taiwan) Universitas Dayeh, Universitas Shu-Te, Universitas I-SHOU, Universitas TUNG-HAI, Universitas Hungkuang, Universitas Teknologi Yun Tech,  dan Universitas Teknologi Ming Chi.

Di wilayah Australia, UNIB menjalin kerjasama dengan Universitas La Trobe, Universitas Swinburne, dan University of New England. Kemudian, di Amerika dan Kanada, kemitraan UNIB terjalin dengan University of Kentucky Lexington (UKyLex), Universitas Ivy Publik Kentucky, Universitas Negeri Tennessee Tengah (MTSU), School of Education, University of North Carolina di Greensboro, dan Institut Perdagangan dan Teknologi Manitoba, Kanada.

Untuk wilayah Eropa, UNIB menjalin kerjasama dengan (Belanda) Universitas Maastricht, Universitas Erasmus, Universitas Leiden. (Turki) Universitas Yalova. Serta menjalin kemitraan dengan perusahaan di Jepang, seperti Takafuji. Co, Ltd, MISA, dan OITA.

Kiprah UNIB di kancah internasioal juga dikembangkan melalui berbagai organisasi dan forum internasional. Saat ini, UNIB merupakan pendiri, peserta dan sekarang menjadi President RENPER (2017-2019). RENPER merupakan jaringan regional (ASEAN) dalam hal Pengentasan Kemiskinan.

Lalu, UNIB juga sebagai Pendiri dan anggota MIICEMA (Konferensi Internasional Malaysia-Indonesia tentang Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Semua FEB PTN wilayah Barat telah bergabung dalam konferensi ini.

Dalam Forum Akademik Samudera Hindia (IOAF) yang diluncurkan 13 Maret 2015, UNIB juga sebagai Pendiri forum tersebut bersama dengan IPB, UBH, Unand. Anggota IOAF semakin banyak, antara lain UGM, Undip, Unila, ITB, Trisakti, UNP, USU, Unsyiah, UB, USM (Malaysia), UMT (Trengganu), UTM, UiTM (Teknologi Mara-Perak Malaysia).

Dalam organisasi internasional lainnya, UNIB juga telah berkincimpung menjadi anggota. Seperti, ASAIHL : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tinggi Asia Tenggara, JARINGAN AMAN : Pertanian Berkelanjutan Pangan dan Energi, IMT-GT Uninet : Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand, ALN (Asian Learning Networking), dan AATSEA: Asosiasi Teknologi Pertanian di Asia Tenggara.

Untuk menjadi universitas yang maju dan berdayasaing, UNIB terus melakukan perbaikan di berbagai sektor. Bidang peningkatan suasana akademik misalnya, UNIB terus mengembangkan Iptek, Konferensi, Publikasi, Penelitian, Dosen Tamu, Alihe.

Kemudian, membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana, seperti penggunaan dana saldo untuk pengembangan dan PBM antara lain membangun gedung Pascasarjana FKIP, Gedung FEB, Laboratorium FH, Pengembangan gedung LPTIK, Pengembangan gedung FISIP, Stadion Unib (Indoor), Alat-alat Laboratorium dan Sarana Pendidikan lainnya, serta Pengembangan eks. Poltekkes Pemprov dan membangun Area Business dan Pendidikan.

Tak kalah penting, dalam waktu dekat UNIB akan merealisasikan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan sebagai sarana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan meningkatan kualitas akademik dan menjadi sarana pelayanan kesehatan masayrakat. Pembangunan RS UNIB melibatkan JICA-Saudi Fund yang kini dalam proses Green Book BAPPENAS, juga melibatkan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Di bidang IT, kini UNIB telah mengembangkan dan mengimplementasikan sistem Absensi.unib.ac.id : finger print dan HP android, Presensi.unib.ac.id : tdk lagi manual, Caribuku.unib.ac.id, dan Kalingga.unib.ac.id/login : Akreditasi Perpustakaan sudah “A”, e-journal.unib.ac.id, e-learning.unib.ac.id, Kas.unib.ac.id : kuliah antar semester, Admisi.unib.ac.id : pendaftaran mahasiswa baru, Regmaba.unib.ac.id : registrasi mahasiswa baru, Pak.unib.ac.id : Portal akademik mahasiswa, Pin.unib.ac.id : cara mendapatkan password PIN portal akademik, Siakad.unib.ac.id : pengolahan data mahasiswa unib, Siepel.unib.ac.id : evaluasi pembelajaran, Sikkn.unib.ac.id : pendaftaran KKN, Wisudaonline.ac.id, Tracer.unib.ac.id, Sipanda.unib.ac.id : sistem informasi pangkalan data, Repository.unib.ac.id, Prisma.unib.ac.id : penelitian, publikasi, riset, pengabdian masyarakat, Siremun.unib.ac.id, Siregkeu.unib.ac.id, Sirenda.unib.ac.id, dan Simpeg.unib.ac.id : manajemen data personal pegawai.

“Untuk mewujudkan visi UNIB, mari kita bekerja bersama. Keberhasilan universitas adalah keberhasilan Program studi, Jurusan dan Fakultas (satu kesatuan dan tidak berdiri sendiri). Mari kita tingkatkan komitmen dan selalu bersemangat untuk melaksanakan Rencana Strategis Bisnis Universitas Bengkulu 2018-2022,” papar Rektor di hadapan Rapat Terbuka Senat UNIB. [Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates